Alangkah Lucunya (Negeri Ini) Recommended movie

Posted by Unknown 26 April 2010 0 comments

Satu lagi film yang disutradai Dedi Mizwar, yang lagi – lagi mendapat 4 jempol dari saya. Juma’t sore, kita berlima berhasil nonton bareng. Setelah sebelumnya gagal terus untuk nonton rame – rame. Berhubung tanggal 29 Maret, saya baru selesai siding S2. Jadilah, saya mentraktir momen menonton “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)”.
Muluk (diperankan Reza Rahardian) seorang Sarjana Manajemen yang begitu lulus pontang – panting mencari kerja. Karena Muluk tinggal di lingkungan yang masih awam terhadap pendidikan sekelas sarjana. Kerja menjadi patokan kesuksesan sebuah pendidikan. Artinya berdasarkan logika sederhana masyarakat dikampungnya, pendidikan tinggi tidak penting, buktinya tetep susah cari kerja. Dan begitu pulalah pandangan calon mertua Muluk. Walaupun Ayah Muluk (Dedi Mizwar) sangat bangga dengan keberhasilan menyekolahkan putranya.
Dalam perjalanan mencari kerja bertemulah Muluk dengan anak jalanan berprofesi pencopet, yang akhirnya memperkenalkannya dengan koordinator geng pencopet (diperankan Tio Pakusadewo). Muluk terketuk untuk memandirikan dan merubah profesi para anak jalanan tersebut. Berhubung kebutuhan pekerjaan yang mendesak, Muluk menawarkan kerjasama berupa bagi hasil 10% untuk Muluk pribadi, dan 80% untuk mafia anak jalanan yang ia kelola agar menghasilkan binis yang bisa menggantikan pekerjaan mencopet.
Muluk mengajak Syamsul, sarjana pendidikan yang juga menganggur serta Pipit pengangguran Sarjana Agama. Mereka bertiga mendidik anak – anak jalanan agar mereka bisa membaca, shalat dan merubah mind set profesi mencopet mereka. Tentu saja, mereka bertiga digaji 10% dari hasil copetan anak jalanan tersebut.
Singkat cerita, anak jalanan telah berubah lebih baik. Mereka mau mandi, bisa membaca bahkan mengerjakan sholat dan mengetahui fenomena surga neraka. Selain itu, hasil pengelolaan “harta jarahan” mereka telah menghasilkan 6 kotak barang dagangan yang bisa digunakan untuk mengasong.
Namun, saat perubahan itu kian membaik, orang tua Muluk, Syamsul dan Pipit mengetahui pekerjaan riil anaknya. Bahwa ternyata anak-anaknya tidak bekerja di sebuah perusahaan seperti yang selama ini mereka ketahui. Pertentangan muncul dari para orang tua, karena gaji yang mereka dapatkan dari sesuatu yang haram.
Kesedihan para orang tua yang kecewa dengan sumber penghasilan anaknya, menyadarkan Muluk dkk untuk tidak mengambil gaji dari cara – cara kotor. Akhirnya, Muluk mengembalikan semua pengelolaan harta anak jalanan sekaligus berhenti mendidik mereka.
Akhirnya, Muluk bertemu anak jalanan binaanya sedang mengasong dan dikejar satpol PP. Muluk menyelamatkan mereka dari kejaran dengan menggantikan dirinya untuk ditangkap dan digelangdang satpol PP.
Film yang penuh sindiran pada realitas negeri ini. Beberapa pelajaran “lucu” saya simpulkan dari film ini adalah :
  1. Seorang sarjana, dengan pendidikan tinggi, cerdas dan muda ternyata semakin sulit mencari pekerjaan
  2. Orang – orang sederhana yang bahkan belum bisa menghargai pendidikann justru demikian kuat menjaga hartanya sehingga tidak mau sedikit pun bercampur dengan sumber – sumber haram
  3. Orang kecil yang mencari harta halal, dikejar – kejar, dipukul, ditangkap, hanya karena “merusak pemandangan”. Sedangkan koruptor, yang mencaplok trilyunan uang rakyat justru kebal hukum dan hidup terhormat.
  4. Solidaritas rakyat yang sama – sama lapar, justru semakin kuat. Anak jalanan dan sarjana penganggur dapat membuat sinergisitas yang tidak bisa dibuat departemen sosial sekalipun
  5. Alangkah lucunya ternyata memang, fakir miskin dan anak terlantar DIPELIHARA oleh negara. Sehingga jumlahnya gak bakal habis-habis.
Sebuah film yang berhasil memotret kelucuan dan ketidakwajaran negeri ini. Nilai – nilai paradoks, satire sangat kental di sepanjang film. Film yang kudu, mesti, harus ditonton. Agar hati kita tidak ikut bebal karena tidak paham bahwa negeri kita ini lucu sekali.
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)