Cara Memasang Banner dan Kotak Text Area di Blog untuk Link Exchange

Posted by Unknown 12 April 2010 0 comments
Pada postingan saya yang lain, saya ada membahas tentang bagaimana cara membuat sendiri banner link bergerak (flash), dan informasi tentang betapa pentingnya saling bertukar link (link exchange) antar sesama blogger, demi mempromosikan blog milik kita biar lebih dikenal di dunia maya / INTERNET.

Sekarang, jika anda sudah berhasil membuat banner/badge/logo/image link untuk blog anda, dan telah di-upload ke internet. Tentu saja, langkah anda selanjutnya adalah memasang “iklan” untuk mempromosikan banner anda tersebut, terutama di blog anda sendiri, yaitu informasi tentang kode-kode HTML link untuk bisa menampilkan dan tukeran banner link blog dengan pengunjung blog anda.

text Dan kode-kode HTML untuk tukeran banner link tersebut umumnya ditulis dan ditampilkan di dalam sebuah kotak yang bernama Kotak Text Area , seperti contoh gambar di sebelah ini.

Sekarang, mungkin ada beberapa pertanyaan yang tersirat di benak anda terkait hal ini dan bisa jadi sama dengan pertanyaan di bawah ini. Klo iya, maka saya kasih tau dech jawabannya. Semoga saja sesuai dengan keinginan anda !!




Bagaimana Cara Meng-upload Image/Banner Blog Kita ke Internet dan Mendapatkan Alamat Link Lokasi-nya ?!

Jika anda berencana membuat link berupa gambar (badge/banner/chicklet), maka hal pertama yang harus anda siapkan dan lakukan adalah meng-UPLOADS image yang telah anda persiapkan tersebut ke Internet.

Ada banyak cara menguploads (menyimpan/mengirim) file banner yang kita siapkan. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan menu upload photo/image yang disediakan oleh program/software/cms dari layanan blog anda.

Setelah file telah selesai ter-uploads, jangan lupa untuk mengcopy alamat URL dimana gambar itu disimpan di internet. Caranya mudah saja, anda cukup meletakkan kursor mouse ke gambar/photo/image yang tampil di halaman blog anda tadi dan click kanan pada gambar tersebut > lalu pilih menu Copy Image Location > paste dimana saja anda membutuhkan alamat gambar tersebut > selesai..

TIPS : Jika anda ingin ‘menghemat’ space hosting (blog) anda, saya anjurkan anda memanfaatkan/mendaftarkan diri pada website/hosting gratis penyedia layanan uploads photo/image atau media penyimpanan file gratis di internet, seperti Yahoo Geocities, Flickr.com, Photobucket, dll.  Cara mendaftarnya mudah saja, anda tinggal mengikuti petunjuk dan ketentuan yang ada. Setelah terdaftar, anda tinggal upload file gambar/banner anda ke hosting tersebut dan copy alamat link-nya yang telah disediakan. Contoh alamat link lokasi banner blog saya di hosting www.photobucket.com adalah : http://i705.photobucket.com/albums/ww56/fierarahim_album/Fiera3.gif
Mudah tuch !!


Bagaimana Cara Memasang Kotak Text Area untuk Link Exchange di Blog ?!

Berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama, login ke Blogger, kemudian pilih Layout --> Page Elements
  • Kemudian klik Add a Gadget lalu pilih HTML/Java Script
  • Terus copy dan paste kode berikut ini di tempat yang disediakan.
  • Text yang berwarna hijau menunjukkan tinggi (rows) dan lebar (cols) kotak text area, disini dapat anda atur sesuai keinginan. Text berwarna biru adalah alamat link website/blog anda, ganti text tersebut dengan alamat blog anda. Text berwarna merah tua dapat anda ganti dengan nama judul blog anda. Sedangkan text berwarna merah adalah alamat link lokasi dimana image atau banner anda simpan, ganti text tersebut dengan alamat gambar/banner anda tersebut.
  • Terakhir simpan dan lihat hasilnya akan hampir sama seperti contoh kotak diatas.

Terus, Gambar Banner-nya Gimana? Bagaimana Cara Menampilkannya ?

Begini, di dalam kotak text area yang telah dibuat tersebut ‘kan ada teks-nya tuh, yaitu berupa kode-kode HTML. Nah, kalo teks-nya itu dicopy terus di paste di blog, maka hasilnya akan menjadi gambar/banner dan juga ada linknya. Jadi, format kode HTML untuk gambar/banner link tersebut adalah seperti ini :
http://anakbanua.blogspot.com" target="_blank">Murakata Counter" src="http://i705.photobucket.com/albums/ww56/fierarahim_album/Fiera3.gif"/>
Jika kode-kode HTML untuk banner link diatas di copy-paste dan diletakkan di blog, maka jadinya akan seperti ini:  Fiera3 
fiera21 Jika tujuan pemasangan sebelumnya adalah untuk sarana tukeran link, maka sebaiknya gambar/banner link anda letakkan diatas kotak teks area yang berisi kode-kode HTML dari gambar link yang bersangkutan. Dengan kata lain, letakkan kode HTML dari banner link di atas kode HTML dari kotak text area yang berisi kode HTML banner link tersebut pada 1 (satu) widget/gadget yang sama, yaitu melalui menu Layout –> Page Element.  Hasilnya akan menyerupai contoh gambar disebelah :


Apakah Kotak Text Area Bisa Digunakan untuk Hal yang Lain?




Kotak text area ini sebenarnya tidak cuma digunakan hanya untuk menampilkan kode-kode HTML link banner untuk tukeran link blog saja, tetapi kotak ini bisa juga anda manfaatkan sebagai media untuk menampilkan tulisan atau catatan pribadi anda dalam bentuk kotak teks, dan diletakkan di bagian sisi blog agar lebih menarik atau variatif. Caranya hampir sama dengan langkah memasang kotak text area diatas, yaitu :
  • Pertama, login ke Blogger, kemudian pilih Layout --> Page Elements
  • Kemudian klik Add a Gadget lalu pilih HTML/Java Script
  • Terus copy dan paste kode berikut ini di tempat yang disediakan.
  • Text yang berwarna hijau adalah tinggi (rows) dan lebar (cols) kotak text area, dan dapat anda atur-atur kembali. Nah, pada lokasi titik-titik inilah anda dapat menulis teks atau tulisan anda sesuai keinginan. Anda dapat menulis sepanjang apapun, tidak dibatasi, karena kotak teks area menyediakan item roll penggeser di kiri dan bawah kotak sesuai besarnya kotak teks, sehingga ‘gak akan jadi masalah.
  • Terakhir simpan dan lihat hasilnya. Tulisan anda pada kotak tersebut hanya bisa dibaca dan dicopy, tapi tidak bisa diubah atau diedit. Jadi, tulisan anda pasti aman.

Selamat Mencoba !!!

(Disadur dari berbagai sumber)
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)