DPRD Desak Pemecatan Kepala Satpol PP DKI
JAKARTA - Kecaman terhadap para anggota Satpol PP yang bentrok dengan massa di depan makam Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad alias Mbah Priok, terus menguat. DPRD DKI meminta Kepala Satpol PP DKI Jakarta Harianto Badjoeri dipecat.
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana menyatakan, bentrok dengan warga terjadi karena Satpol PP mengedepankan pendekatan kekerasan dibandingkan dialog.
Dalam bentrok yang diliput media massa secara luas tersebut, dia menilai, penanggungjawab lapangan tidak memerintahkan mundur, bahkan terus merangsek yang menyebabkan korban dari kalangan warga berjatuhan.
Dalam rilis yang diterima okezone, Kamis (15/4/2010), Triwisaksana meminta Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo agar memberhentikan Kepala Satpol PP di tingkat kota dan provinsi.
Selain itu, dia juga mengusulkan dibentuknya panitia khusus (pansus) atas peristiwa bentrokan berdarah yang menewaskan satu anggota Satpol PP itu.
Triwisaksana juga meminta Komnas HAM untuk menyelidiki dugaan telah terjadinya pelanggaran HAM dalam kasus tersebut. Dia juga prihatin atas jatuhnya korban dari pihak Satpol PP, namun dalam hal ini warga tidak bisa disalahkan sepenuhnya.