Indonesia "Berani untuk Berfikir dan Berontak" untuk memajukan Bangsa dan Negara

Posted by Unknown 26 April 2010 2 comments
            “Teknologi Informasi : Memberdayakan Industri Kreatif, Memajukan Bangsa”.

     Sudah banyak tulisan atau wacana yang digulirkan tentang cara untuk mengejar ketertinggalan kita. Beberapa ide yang paling populer ,antara lain mengurangi tarif akses web, memakai perangkat lunak open source, memperbanyak konten tutorial pemrograman, dan kerjasama antarinstansi untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi sekarang ini.
     Tapi saya melihat terkadang ide-ide tersebut bagus, namun tidak satupun diantaranya menjadi ide sentral yang selama ini menjadi suatu hal yang terpenting untuk kemajuan untuk bersaing ketat dengan negara lainnya.
Apa ide sentral terpenting untuk dapat bersaing dalam rekayasa teknologi informasi?. Ide sentral yang ingin saya berikan dalam tulisan ini adalah dengan tema yang telah ditetapkan yang berunsurkan teknologi informasi yang mana teknologi informasi tersebut bisa untuk “Memberdayakan Industri Kreatif, Memajukan Bangsa”. Dan hal yang pertama yang harus kita lakukan untuk menunjang hal tersebut sebaiknya kita melihat dulu ide sentral apa yang ingin berikan untuk memberdayakan industri tersebut. Ide sentral yang pertama yang ingin penulis berikan adalah bagaimana mengelola harapan (manage your expectation). Ide sentral kedua adalah sejauh mana kita berani untuk berfikir dan berontak.
     Dunia teknologi informasi ini  sangat kompleks: berisi banyak propaganda, perubahan yang cepat, dan persaingan yang ketat. Dalam bisnis teknologi informasi seperti halnya dalam banyak bisnis lain, prinsip “If you cannot convince them, confuse them” sering diterapkan. Penerapan prinsip ini tidak sering diterapkan dalam memberdayakan industri di tanah air kita ini yaitu di Indonesia, dimana penerapan prinsip ini tidak terbatas ke dunia bisnis dan tidak pandang bulu, akan tetapi pemerintahan kita tidak melihat sisi lain dari keuntungan teknologi informasi yang selama ini padahal sudah berkembang dengan sangat baik, dimana  usaha-usaha industri sudah banyak menggunakan sistem teknologi informasi ini dan teknologi industri ini sudah menjadi  bagian dalam untuk memajukan suatu kemajuan yang sangat besar dalam usaha untuk memberdayakan industri yang kreatif, dimana industri kreatif tersebut juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dalam menghadapi persaingan sekarang ini.
Mengapa kita perlu harus melakukan suatu yang menyangkut dengan teknologi informasi sebab setiap negara harus memiliki suatu hal dalam perubahan untuk mengikuti suatu dunia modern yang mana dunia teknologi harus di kedepankan  dalam suatu negara.
     Suatu negara dapat dibilang telah maju apabila teknologi serta sumber daya alam manusianya telah seimbang dengan informasi yang telah didapatkan dari suatu rancangan pendidikan formal yang telah di laksanakan oleh pemerintah dengan memberikan wawasan dan kebebasan terhadap industri kreatif yang telah banyak memiliki pendidikan formal tersebut.
     Mengapa kita perlu membenahi pendidikan, karena kita tidak bisa mengandalkan orang-orang otodidak  dalam mengejar ketertinggalan dengan negara-negara maju. Dengan industri kreatif ini dengan segala kebaikannya  tidak memungkinkan kita bersaing ketat dengan negara-negara maju. Mengapa? Karena para personil di berbagai organisasi yang mendukung untuk memberdayakan industri kreatif ini juga belum memperbaiki kesalahan-kesalahan teori tentang bahwa pemerintahan tidak mau turut ikut campur tangan dalam suatu hal untuk memajukan bangsa ini, dimana pemerintahan hanya ingin melihat bahwa di dunia teknologi informasi ini yang berkaitan dengan hal memberdayakan industri kreatif di pandangan pemerintah hanya sebuah usaha kecil yang dilakukan oleh sekelompok kecil yang menguntungkan untuk kelompok tersebut bukan untuk negara. Oleh sebab itu pemerintah hanya bisa memantau saja perkembangan teknologi informasi tersebut. Padahal kita tahu dengan adanya industri dan produk industri kreatif tersebut dapat menimbulkan pengaruh positif terhadap perekonomian negara ini. Dengan kreatifitas para industri ini kita dapat melihat dampaknya sekarang negara ini bisa bersaing dengan negara lain dari segala bidang,dan bidang tersebut  pemerintah seharusnya dapat mengutamakan dengan memberikan dukungan terhadap segala bidang dalam teknologi informasi  untuk memberdayakan industri kreatif seperti perdagangan software,hadware komputer dan elektronik lainya serta pemerintah wajib harus memberikan pengarahan serta pendidikan yang layak bagi masyarakat untuk lebih bisa mengenal teknologi informasi tersebut dengan cara membuka suatu wadah agar untuk memberdayakan industri kreatif ini dapat menunjang kemajuan teknologi informasi di negara Indonesia yang mana negara kita ini masih tergolong negara maju di mata dunia  dalam segala bidang teknologi infomasi. Semoga dengan perhatian pemerintah untuk lebih bersungguh-sungguh serta serius dalam menanggapi bidang ini yaitu bidang “Teknologi Informasi” dalam memajukan  serta  memberdayakan industri kreatif yang selama ini  belum di perhatikan oleh pemerintahan Indonesia. Saya berharap dengan perhatian pemerintahan ini para investasi lebih serius di Indonesia sehingga di Indonesia akan lahir suatu industri kreatif yang dapat memajukan bangsa dan negara.
Kalau hal ini terjadi semua menjadi nikmat. Kita tidak pusing lagi memilih dalam memberdayakan industri kreatif ini.



compfest 2010Blog Competition : Share Your Idea!

Comments
2 Comments

2 comments:

Anonim mengatakan...

sepp lah

anastasia mengatakan...

apakah dibenarkan prinsip If you cannot convince them, confuse them dalam persaingan dunia bisnis? atau hanya semacam trik saja?

menurut saya dalam teknologi, pendidikan formal lebih diutamakan krn merupakan standar yg bisa dibuat acuan,tp kita ga boleh melupakan metode otodidak dan praktek krn sebenernya pelajaran utama biasanya di dapat dari terjun langsung ke tkp...misalnya banyak para ilmuwan justru mendapatkan penemuan dari hasil coba2...
bgmn menurutmu?

anastasia

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)