Jackie Chan Sumbang 3 Juta Yuan untuk Korban Gempa China
Bintang film Hong Kong Jackie Chan. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Xining (ANTARA News) - Bintang film aksi Hong Kong Jackie Chan, Ahad, mengumumkan sumbangan uang kontan sebesar tiga juta yuan (439.477 dolar AS) buat korban gempa di Provinsi Qinghai, China barat-laut.

Jackie Chan dan aktris Taiwan Vivian Hsu, Ahad, terbang dari Xining, ibu kota Qinghai, ke Prefektur Otonomi Tibet Yushu, yang diguncang gempa pekan lalu.

Jackie juga menyumbang 1.500 kotak biskuit, 700 mantel katun dan 100 kotak air botol. Hsu menyumbang 1.000 selimut kapuk.

Gempa dengan kekuatan 7,1 pada skala Richter yang mengguncang Yushu, Rabu (14/4) pagi telah menewaskan sebanyak 1.706 orang, membuat 256 orang hilang dan 12.128 orang cedera, hingga pukul 10.00 waktu setempat Ahad.

Sementara itu China menyambut baik dan menyampaikan penghargaan atas kesediaan masyarakat internasional untuk membantu meringankan kegiatan pertolongan di Provinsi Qinghai di China barat-laut, kata wanita jurubicara Kementerian Luar Negeri di Beijing, Jiang Yu, Ahad.

Jiang mengatakan masyarakat internasional telah menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan setelah gempa 7,1 pada skala Richter mengguncang Prefektur Otonomi Tibet Yushu, Qinghai, pekan lalu.

Beberapa negara dan organisasi telah menyampaikan kesediaan mereka untuk memberi bantuan, yang merupakan perwujudan nyata i`tikad mereka kepada China, kata Jiang.

"Pemerintah China menyambut baik dan secara tulus berterima kasih atas i`tikad baik mereka," kata Jiang. Ditambahkannya, keterangan bagi penerima sumbangan telah disiarkan.

Wanita jurubicara itu mengatakan pemerintah China tak menyia-nyiakan waktu dalam upaya pertolongan dan penyelamatan sementara makin banyak petugas dan bahan bantuan dikirim ke daerah gempa.

"Kami percaya orang yang menjadi korban gempa pasti akan dapat mengatasi bencana tersebut dan membangun kembali rumah mereka dengan upaya terpadu rakyat China dan dukungan masyarakat internasional," kata Jiang seperti dilaporkan Xinhua-OANA.
(C003/B010)