Novel Terbaru Andrea Hirata Diluncurkan Pertengahan Juni
Andrea Hirata )
Jakarta (ANTARA News) - Dua novel terbaru yang berjudul "Padang Bulan" dan "Cinta di dalam Gelas" dari Andrea Hirata akan diluncurkan pada pertengahan Juni 2010.

"Dua novel terbaru saya sudah selesai dan sekarang ada di Penerbit Bentang. Direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan Juni," kata penulis novel "Laskar Pelangi" itu pada di Jakarta, Rabu.

Andrea mengatakan sebenarnya akan diluncurkan pada Mei 2010, akan tetapi karena kesibukannya pada tiga acara ke luar negeri, maka novel tersebut akan diluncurkan bulan Juni.

"Tanggal 13 Mei mendatang, saya pergi ke Wordstomb Book Festival di Australia untuk jadi pembicara. Kemudian lanjut ke Festival Film Vancouver Kanada karena Film Laskar Pelangi diputar disana. Lalu saya pergi ke Festival Buku Singapura sampai awal Juni," katanya.

Andrea mengaku menyelesaikan penulisan dua novel tersebut hanya lima minggu, akan tetapi sebelumnya dilakukan riset selama dua tahun.

Maryamah menjadi tokoh utama pada dua novel tersebut yang diceritakan sangat suka bermain catur.

"Pada novel 'Padang Bulan', lebih bercerita tentang percintaan dan novel 'Cinta di dalam Gelas' lebih banyak bercerita tentang Maryamah yang kesal terhadap suaminya dengan bentuk perlawanan berupa main catur," kata pengarang berambut ikal itu.

Dua novel yang merupakan karya kelima dan keenam Andrea tersebut masih dengan latar belakang Belitung dan budayanya.

"Novel kelima dan keenam saya ini seperti novel Laskar Pelangi dengan budaya Melayu Kampung Belitung. Saya mendapat kepuasan luar biasa dengan menulis novel berlatar budaya Melayu," katanya.

Andrea merasa menemukan ciri khas novelnya dengan latar belakang budaya Melayu yang memang masih jarang diungkapkan. (N006/K004)