Peraturan Baru: Pezina dan Cacat Moral Tidak Boleh Jadi Bupati

Posted by Unknown 18 April 2010 0 comments
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menyiapkan revisi UU No 32/2004 tentang Pemerintah Daerah. Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, selain harus berpengalaman di bidang politik atau pemerintahan, calon kepala daerah tidak boleh cacat moral.
Apakah Rencana Jupe Untuk Maju Dalam Pilkada Pacitan 
Bakal 
Terhambat dengan Aturan Revisi Undang-Undang Yang Baru ini
Apakah Rencana Jupe Untuk Maju Dalam Pilkada Pacitan Bakal Terhambat dengan Aturan Revisi Undang-Undang Yang Baru ini

”Terjemahannya, orang yang berzina tidak boleh menjadi bupati,” kata Gamawan di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Gamawan mencontohkan, calon yang memiliki foto tak senonoh dan beredar di masyarakat tidak layak menjadi kepala daerah.

”Itu cacat moral kan. Misalnya, ada video berzina, itu sudah tidak boleh, harus dibatalkan oleh KPU. Jadi, ada 16 (syarat). Saya dengar dulu ada video selingkuh, belakangan muncul, itu sebenarnya tidak boleh,” katanya.

Gamawan mengatakan, 16 syarat calon kepala daerah dalam UU No 32/2004 masih belum cukup. Larangan cacat moral sudah masuk 16 syarat tersebut. Dalam perubahan itu, akan ditambahkan syarat berpengalaman.
Syarat pengalaman itu menghambat sejumlah artis yang belum pernah duduk di pemerintahan maupun memimpin organisasi. Misalnya, artis Julia Perez yang menjadi bakal calon wakil bupati di Pacitan. Sedangkan syarat moral, seperti yang dicontohkan Gamawan, bisa menghambat artis Maria Eva yang menjadi bakal calon bupati di Sidoarjo. Skandal video mesum Maria Eva dengan Yahya Zaini yang kala itu menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar beredar di publik pada 2005.

Draf perubahan UU 32/2004 akan selesai Juni mendatang. Dia kembali mengingatkan, pengalaman di bidang politik atau pemerintahan bisa diartikan secara luas. Pengalaman tak hanya di partai politik, tapi juga di organisasi kemasyarakatan atau di lembaga legislatif. ”Jadi tidak tiba-tiba. Misalnya, dia artis terkenal, tidak pernah berorganisasi, tidak pernah memimpin partai, dan tidak pernah di DPRD, tiba-tiba muncul menjadi calon gubernur,” katanya.
(Sumber : Jawa Pos)

Pemimpin yang baik bukan hanya bisa mengatur warga dan membangun daerah, melainkan juga pemimpin yang dapat mengayomi warganya juga bisa menjadi panutan dan suri teladan yang baik bagi warganya, walaupun setiap warga negara punya hak yang sama untuk berpartisipasi dalam dunia politik.
Julia Perez tidak setuju pada aturan pezina dilarang jadi kepala daerah. Dia justru melihat aturan itu sengaja dibuat untuk menjegal dirinya. Namun dia siap dan tidak merasa gentar.
“Sepertinya bukan hanya menjegal artis saja, tapi justru untuk menjegal saya,” kata artis yang akrab disapa Jupe ini saat dihubungi detikcom, Jumat (16/4/2010).
Dia juga menjelaskan, apa yang disampaikan Mendagri Gamawan Fauzi perihal pezina itu adalah sesuatu yang benar, karena seorang kepala daerah harus memiliki moral yang baik. “Kita bisa bayangkan apabila seorang pezina menjadi pemimpin, mau dibawa kemana bangsa ini,” terangnya.

Jupe pun bertekad untuk tetap maju sebagai wakil bupati Pacitan. Dia akan memenuhi semua persyaratan yang ada. “Kan tidak ada persyaratan moral itu (pezina),” tambah pemeran film ‘Hantu Jamu Gendong’ ini.
Jupe menegaskan, dia selalu mengikuti aturan moral, dan kalaupun nanti aturan soal pezina itu benar terwujud dia juga sudah siap.
“Itu tidak akan menghentikan niat saya untuk maju sebagai wakil bupati. Semua masyarakat akan menilai sendiri dan persyaratan sudah saya penuhi,” ujar pelantun ‘Belah Duren’ ini. Detik.Com

sumber http://ruanghati.com/2010/04/17/peraturan-baru-pezina-dan-cacat-moral-tidak-boleh-jadi-bupati/
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)