Perusahaan2 Sukses Akibat Nasib Sial

Posted by Unknown 23 April 2010 0 comments
Emang bener gan kata orang tua, selalu ada makna dari setiap kejadian, termasuk juga kejadian sial Istilahnya blessing in disguise gan, kesempatan itu tersembunyi dalam peristiwa buruk dan hanya terlihat bila kita ulet mencarinya. Berikut 5 perusahaan besar yang lahir dari kesialan pendirinya gan.

5. Apple & Pixar
Pendiri: Steve Jobs

Steve Jobs dari kecil sudah bernasib "sial." Dia dilahirkan dari pasangan yang tidak menikah. Ibunya hendak memberikan hak asuhnya kepada seorang terpelajar yang berjanji akan mengasuhnya setelah ia lahir. Namun ketika lahir, mereka tidak jadi mengasuhnya dengan alasan pasangan terpelajar itu menginginkan anak perempuan. Jadilah hak asuh Steve Jobs diberikan pada seorang karyawan biasa berpenghasilan kecil.

Lulus SMA Steve Jobs kuliah, namun mengalami kesulitan finansial sehingga harus DO di semester pertamanya. Dia tidak putus asa, dia sit-in (sit-in itu artinya ikut duduk belajar di kelas, padahal gak terdaftar di kelas itu) di kelas kaligrafi.

Mungkin kedengerannya kelas itu gak penting banget gan, orang yang belajar kaligrafi bisanya apa sih? Tapi kata Steve Jobs itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dia buat. Dengan belajar kaligrafi, dia juga belajar tentang tipografi (ilmu membuat huruf) yang pada akhirnya membantu dia menciptakan desain-desain unik untuk produknya, seperti iPod, iMac, iPhone.

Dia tumbuh sebagai orang yg pantang menyerah, dia tidur numpang kamar temennya atau bahkan di lorong2, dia terus berjuang sampai akhirnya berhasil menciptakan Machintos yang terkenal dengan desainnya yang seksi, dan mendirikan Apple.

Kesialan kedua terjadi ketika Steve Jobs dipecat dari Apple. Garis bawahi, dipecat dari Apple gan, dipecat dari perusaahan sendiri. Jadi para pemegang saham merasa kinerja Apple sangat buruk, dan kesalahan ditimpakan kepada pemimpinnya yaitu Steve Jobs. Bagi agan2 entrepreneur pasti memahami bahwa itu adalah hal yang sangat menyakitkan banget. Ngediriin perusahaan itu susahnya setengah mati, dan setelah sukses agan dipecat dari perusahaan itu? Gimana rasa?

Tapi Steve Jobs gak menyerah, dia ngediriin perusahaan lain bernama PIXAR. Pernah denger pasti gan, itu lho yang nyiptain Toys Story, Nemo, Wall-E, A Bugs Life...Kalo gak pernah denger silakan kembali ke goa gan, jangan ngaskus lagi

Dan yang seperti Agan tau, Pixar mengalami kesuksesan luarrr biasa. Coba sebutin film Pixar yang cacat? gak ada! Semuanya bagus2! Pixar pun akhirnya dibeli oleh Disney, dan Steve Jobs mendapat kehormatannya lagi, dia diminta untuk kembali memimpin Apple, dan tak lama kemudian tepatnya tahun 2001, Steve Jobs melahirkan iPod (keterlaluan lo gan kalo gak tau yang namanya iPod ).

Bayangkan kalo Steve Jobs gak di DO gan, dia gak akan belajar kaligrafi dan akhirnya Machintos gak akan laku seperti sekarang ini. Bayangkan Kalo Steve Jobs gak dipecat dari perusahaan sendiri gan, kita gak akan pernah nonton Toys Story, UP, Wall-e dll. Dan bayangkan kalo Steve Jobs patah semangat gan? Mungkin dia gak akan menjadi seperti sekarang ini.

4. LEGO
Pendiri: Ole Kirk Christiansen

Ole Kirk Christiansen awalnya adalah tukang kayu yang bekerja di Denmark tahun 1890-an. Dia ngebangun rumah untuk petani-petani, dan usahanya cukup sukses untuk menghidupi dia dan keluarga. Tapi sayang, di tahun 1924 workshopnya terbakar gara2 ulah anaknya.

Ole bukan orang yg gampang putus asa. Setelah workshopnya terbakar, dia berusaha membangun pabrik yang lebih besar dan hebat. Dan dia berhasil gan!
Dia bahkan berencana ngembangin bisnisnya ke bidang yang lain, tetapi sayang kesialan kedua datang.



Great Depression alias Depresi besar adalah krisis ekonomi besar-besaran yang menjadi salah satu penyebab perang dunia 2. Saking parahnya banyak orang mati kelaparan, mayat2 ngambang di sungai, pabrik2 bangkrut, pokoknya eropa waktu itu kayak afrika sekarang deh, ancur banget.

Yah gara2 great depression ini Ole terpaksa memecat karyawannya, dan dia gak bisa bikin rumah lagi (karena kurang orang dan lagi memang gak ada yang beli). Tetapi dia tidak putus asa, dia mengubah pabrik kayunya menjadi pabrik rumah-rumahan mainan. Karena ketekunannya, perusahaan mainan tersebut menjadi besar dan sekarang kita kenal dengan nama LEGO.

3. Disney
Pendiri: Walt Disney

Kenal Mickey Mouse? Mickey Mouse dan Disney berkaitan erat karena Disney jaya berkat kebesaran nama Mickey Mouse. Tapi bagaimana dengan proses penciptaan Mickey Mouse? Pernah denger?

Jadi sebelum Mickey Mouse, Walt Disney ngebikin karakter bernama Oswald the Lucky Rabbit. Hak cipta Oswald dipegang oleh Walt dan karyawan2a, sedangkan hak distribusi dipegang oleh Universal Pictures, tau kan gan yg bikin American Pie itu lho.

Di pasar, karakter Oswald the Lucky Rabbit ini laku kerass. Dengan semakin terkenalnya Oswald, Walt Disney bermaksud menaikkan harga hak distribusi Oswald. Namun nasib sial menimpa Walt Disney, bukannya dinaikin harganya, hak cipta Oswald malah diambil. Universal mengajak karyawan2 yang ngebuat Oswald untuk kerja di tempat mereka dengan gaji yang lebih tinggi daripada di Disney, dan sebagian besar dari mereka cabut tergiur oleh tawaran itu, kecuali sobat karib Walt, Ub Iwerks.



Kehilangan sumber pendapatan dan karyawan2 kunci membuat Disney hampir bangkrut. Tapi Disney tetap berjuang mempertahankan perusahaannya, dia melakukan pekerjaan2 kecil seperti mendesain spanduk dll untuk mempertahankan disney hingga suatu hari, ada tikus kecil di kantornya. tikus kecil ini lah yang menjadi inspirasi dari Mickey Mouse.

Kelahiran Mickey Mouse merupakan awal kesuksesan dari Disney. Disney menjadi terkenal dan besar. Sementara Oswald the Lucky Rabbit yang dicuri oleh Universal Studios? ternyata gak se"lucky" namanya gan, ampe sekarang tuh karakter gak pernah kedengeran lagi....

2. Sharp
Pendiri: Tokuji Hayakawa

Di tahun 1912, Tokuji Hayakawa adalah pemilik sebuah perusahaan pensil yang cukup terkenal di kala itu. Bisnisnya sedang menanjak, orderan besar sedang berdatangan ketika sebuah gempa besar menghancurleburkan pabriknya.



Bener2 hancur total gan. Tapi Tokuji juga gak menyerah. Dengan modal yang tersisa dia membangun sebuah pabrik elektronik, dan hasilnya adalah perusahaan yang sekarnag kita kenal dengan nama Sharp.

1. Kaskus
Pendiri: Andrew Darwis


Ini dia gan yang kita tunggu2 . Ane beruntung join kaskus di masa peralihan kaskus dari situs bokep no. 1 jadi situs no. 1 di Indonesia , jadi ane sedikit banyak terinspirasi dari sejarah kaskus

Jadi, buat yang belum tau, dulu Kaskus terkenal sebagai sebuah situs bokep lewat sebuah subforum bernama Buka-Bukaan 17-tahun (yang sisa2 peninggalannya masih sering kita jumpai di Longue picture ). BB17 ini sangat masif (meskipun gak semasif Longue saat ini). Kalo seinget ane gan, konten2 bokep terupdate dalam itungan menit. (kentara deh pengikut setia ) Dari subforum inilah lahir istilah IGO yang juga jadi tren saat ini

Tapi kemudian datanglah sebuah "bencana" : UU ITE. Banyak yang panik Kaskus tanpa bokep sama aja semangkuk bakso tanpa bakso: hambarrrrr. Selain BB17, subforum Fight Club yang juga rame, terancam nasibnya karena banyak menyinggung sara. Banyak yang takut Kaskus akan bernasib sama dengan forum2 lain, sepi dan mati. Keributan dan kontroversi juga sempat terjadi, BB17 dibuat tersembunyi, tapi bisa diakses dengan URL http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=12 (jangan coba ngeklik gan, percuma, gak bisa ). Namun akhirnya ketauan juga. Andrew Darwis bahkan pernah diusulkan untuk ditangkap.

Beruntung Admin mengambil langkah yang tegas dan cerdas, BB17 benar2 dihapus (begitu pula dengan Fight Club). Hasilnya, Kaskus bukannya mati. Mimin kita berjuang keras agar orang2 tetap bertahan mengunjungi kaskus dengan menambah banyak fitur baru dan memperbaiki desain. Strategi2 marketing juga mulai dijalankan. Dan hasilnya adalah Kaskus yang kita kenal sekarang ini, ramai, masif, dan--tanpa bokep--menjadi situs no. 1 di Indonesia. Bravo Kaskus!


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3423320
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)