Sejarah: Siapakah YIP MAN ???

Posted by Anak Muda 17 Mei 2010 0 comments
 STORY I
Nah.. Penasaran donk,gmn sih Sejarah Yip Man yang sebenernya?


Yip Man

Yip Man dilahirkan dalam sebuah keluarga kaya dan berpengaruh yang merupakan pemilik peternakan dan dua baris rumah kuno besar sepanjang seluruh sebuah jalan di kota Futshan, provinsi Guangdong. Di tengah perkebunan ini ada kuil leluhur dari klan Yip. Di sanalah Master Chan Wah Shun mengajar Wing Chun Kuen kepada beberapa siswa pilihan.

Yip Man, yang merupakan putera kedua tertua dari keluarganya, menikmati pendidikan khusus. Menurut putra tertua Yip Man, Yip Chun, ayahnya lahir pada tahun 1893. Namun, ada beberapa siswa Yip Man yang menyebutkan bahwa Yip Man dilahirkan Sekitar 1898 atau awal 1895. Kapanpun Yip Man Lahir, di sekitar usia sebelas tahun ia mulai tertarik pada Wing Chun Kuen setelah setelah menonton kelas seni bela diri yang dilakukan oleh Master Chan Wah Shun di kuil leluhur keluarganya. Chan Wah Shun Menyewa Tempat ini untuk tujuan mengajar seni bela diri karena ia tidak punya gimnasium sendiri.


Latar Belakang Yip-man
Spoiler for Yip Man History:

Yip Man, yang dari keluarga kaya dan dihormati,diharapkan untuk menekuni bidang akademis dalam sastra, puisi, seni dan filsafat Konfusianisme.Namun, Yip Man sering menyelinap untuk menonton Chan Shun Wah Menggembleng muridnya,Melihat praktek hari demi hari, Yip Man menjadi lebih dan lebih tertarik lagi dengan teknik-teknik bela diri dan keterampilan yang ditampilkan oleh Master Chan Wah Shun.

Suatu hari akhirnya, dia langsung menemui Chan Wah Shun dan memintanya untuk diizinkan untuk bergabung dalam Kelas Wing Chunnya Master Chan Wah Shun berpikir si anak mungkin hanya bercanda, jadi ia mengatakan bahwa setiap orang untuk menjadi murid harus membayar biaya registrasi awal 3 tael perak dan jika anak itu punya 3 tail perak, ia akan mengakui dia . Mendengar itu, Yip Man bergegas pulang penuh dengan semangat. Segera ia membawa kembali 3 tail perak sesuai persyaratan.Master Chan Wah Shun terkejut melihat apa yang dilakukan anak itu. Dia Bertanya dapat uang dari mana kepada anak itu. Anak itu menjawab bahwa ia sudah tahu bahwa ia membutuhkan 3 tail perak untuk diterima, sehingga ia mulai menyimpan uang beberapa waktu lalu.

Chan Wah Shun tidak percaya anak itu danberpikir bahwa ia pasti telah mencuri uang itudari suatu tempat. Jadi ia tidak menerima Yip man sebagai muridnya. Yip Man tidak punya pilihan lain kecuali untuk pulang dan mendesak ibunya untuk Menemui Chan Wah Shun. Ketika Yip dan Ibunya kembali ke kuil,Chan Wah Shun Berbicara dengan ibu Yip Man. Chan Wah Shun menyebutkan Yip Man cukup berbakat untuk belajar Wing Chun Kuen. ibu Yip Man sangat senang mendengar itu dan mengatakan bahwa jika Chan Wah Shun setuju untuk menerima anaknya, dia tidak akan ragu-ragu untuk mengizinkan anaknya untuk mengambil studi tentang Wing Chun Kuen.

Sejak saat itu Yip Man menjadi murid termuda dan terakhir Chan Wah Shun. Menurut majalah New Bela Diri Hero ', Yip Man mengatakan bahwa Gurunya pada saat itu sudah 70 tahun dan meskipun sedikit lemah, ia masih Berusaha memperbaiki kesalahan Yip Man dengan kesabaran. Selain itu, Chan Wah Shun Menyuruh siswa yang lain untuk Membantu Yip Man. Dengan cara itu Teknik Wing Chun Yip diperbaiki dengan cepat. Yip Man hanya bisa berlatih selama tiga tahun sebelum Master Chan Wah Shun meninggal.

Namun, sebelum Chan Wah Shun meninggal, dia mengingatkan murid sulungnya Ng Chung untuk merawat Yip Man. Yip Man melanjutkan studinya di bawah Ng Chung sampai insiden terjadi di mana Yip Man,16 tahun, membunuh seseorang dalam perkelahian. Tapi Karena orang tuanya sangat kaya dan memiliki koneksi yang baik, mereka dapat mengirim anak mereka hampir seketika ke Jepang untuk menghindari komplikasi lebih lanjut dengan pihak berwenang.





Perjalanan Yip Man di Hongkong
Spoiler for Yip Man History:
kemudian Yip Man pergi ke Hong Kong untuk melanjutkan studi akademis di St Stephen's College di Stanley. Ini adalah sekolah menengah kelas atas untuk anak-anak dari keluarga kaya dan orang asing yang tinggal di Hong Kong.

Yip Man adalah Seorang pembuat onar dan dia sangat cepat masuk ke dalam perkelahian dan bahkan pada suatu kesempatan dia memukuli penjaga pintu sekolah. Setelah enam bulan di Hong Kong, salah satu temannya dengan nama Lai yang ayahnya memiliki pabrik sutra besar di Jervois Street di Sheung Wan, memberi tahu Yip Man bahwa ada seorang pria tua yang tinggal di rumah mereka dan tahu seni bela diri. Orang ini mengundang Yip Man untuk pertukaran teknik. Yip Man tidak pernah kalah sampai dengan saat itu dan sangat percaya diri dengan ketrampilan Wing Chunnya.

Pria ini, Leung Bik, meminta Yip Man untuk menunjukkan nya Wing Chun Kuen yang awalnya dmn Yip Man melakukannya dengan senang dan setelah itu Leung Bik menunjukkan sejumlah kekurangan dalam keterampilan Yip Man.Yip Man marah dan pada suatu saat ketika Yip Man diminta untuk Menunjukkan Chi-Sao (suatu bentuk pelatihan sensitivitas yang digunakan dalam Wing Chun Kuen) Yip Man berpikir bahwa ia memiliki kesempatan untuk memberikan orang tua tersebut pelajaran , Yip Man segera melemparkan pukulan, yang dialihkan dengan mudah oleh Leung Bik.Dan Tiba2 Yip Man tergeletak di lantai ,bertanya-tanya apa yang baru saja terjadi.

Yip Man sangat marah dan bergegas keluar, Namun keesokan harinya ketika dia sudah mulai tenang dan bertanya siapa Leung Bik itu, ia menyadari bahwa ia harus banyak belajar dari orang ini. Dia kembali ke Leung Bik,minta maaf dan memintanya untuk Menjadikannya sebagai seorang siswanya.Selama empat tahun berikutnya, sampai kematian Leung Bik, Yip Man mengolah keterampila Wing Chunnya di bawah bimbingan master ini.

Leung Bik sangat pintar dan analitis sebagai guru.selain kemampuan bela dirinya yang sangat membuat Yip Man Terkesan.akhirnya Yip Man menjadi produk dari dua Master - satu pejuang yang baik dan Satu guru yang baik.




Back in Futshan
Spoiler for Yip Man History:
Pada usia sekitar 24 Yip Man kembali ke Futshan. Berasal dari keluarga berada, ia tidak perlu bekerja dan bisa mencurahkan perhatiannya untuk menyempurnakan Wing Chun dan membagikan keahliannya pada orang2 lain.Yip Man membuat boneka kayu di sudut ruang tamunya dan berlatih bersama Yuen Kay Shan yang berasal dari keluarga berada juga dan bekerja sebagai pengacara part time

Yip Man juga menikah dengan seorang wanita dengan nama Cheung Wing Sing dan memiliki empat anak. Dua anak Laki2 (Yip Chun dan Yip Ching) dan dua anak perempuan (Yip Ar Sum dan Yip Ar Woon).

Tantangan pertandingan antara sekolah Kung Fu adalah realitas sehari-hari dari budaya seni bela diri Cina. Yip Man Dengan cepat mendapatkan reputasi yang membuatnya target bagi banyak tantangan. Namun ia mampu mengalahkan semua penantangnya.

Yip Man dikenal sebagai seorang pria sederhana,ramah dan lucu.Yip juga Mengklaim bahwa kekuatan gaib bukanlah asal kehebatan juangnya.dia memiliki reputasi sebagai seorang pria yang jujur dan terhormat. Sebagai hasil dari reputasinya tidak hanya keterampilan bela dirinya, tetapi juga untuk kehormatan dan kejujuran, Yip Man ditawari tugas sebagai kepala polisi Futshan. Dia melakukan pekerjaan ini dan dengan rajin menggunakan banyak waktu luangnya untuk berlatih dan mengajarkan Wing Chun Kuen di rumahnya.







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4055807

STORY II
  Yip Man lahir pada tahun 1898 di kota Fushan di kabupaten Namhoi, Provinsi Kwangtung, di Tiongkok Selatan anak dari sebuah keluarga pedagang kaya. Keluarga Yip Man mengijinkan master Chan Wah Shun, seorang jago silat aliran Wing Chun, untuk hidup dan mengajar sekelompok kecil murid-murid di kuil keluarga, karena reputasi master Chan sebagai seorang pesilat yang menghalau pencuri dan penyamun yang menyerang bisnis keluarga.

Yip Man sering mengamati latihan Chan Wah Shun dan murid-muridnya. Saat Yip Man berusia sekitar sembilan tahun, dia mendekati Chan dan meminta untuk diterima sebagai murid. Chan Wah Shun adalah saat itu berusia sekitar 60 tahun dan tidak ingin menerima murid lagi.

Untuk mencegah dia, Chan mengatakan bahwa ia akan mengakui dirinya sebagai murid segera setelah dia bisa membayar uang iuran sebesar tiga tael perak. Yip Man kembali keesokan harinya dengan 300 keping perak, yang merupakan tabungan seluruh. Chan dan orangtua Yip Man melihat bahwa anak ini memiliki keinginan yang kuat untuk belajar Wing Chun, orang tuanya setuju untuk membiarkan dia belajar. Chan Wah Shun menerimanya pada saat itu, Yip Man pun menjadi murid yang terakhir Chan yang totalnya berjumlah 16 murid.

Yip Man belajar dengan Chan Wah Shun selama empat tahun, sampai kematian master senior tersebut. Yip Man kemudian menghabiskan dua setengah tahun pelatihan dengan senior yang lain, Ng Chun. Ketika Yip berusia 16 tahun, orangtuanya mengirimnya ke Hong Kong untuk bersekolah di St Stephen's College. Di sana, ia segera bergabung dengan sebuah gang dari teman-teman sekelas yang suka untuk menawarkan dan menerima tantangan kung fu. Dia menyambut kesempatan itu untuk memperkenalkan Wing Chun hasil latihannya untuk ujian yang sebenarnya.

Yip menyadari bahwa ia suka berkelahi. Dia akan menerima tantangan hanya dengan sedikit provokasi. Pada satu kesempatan seperti itu, setelah dikompori oleh seorang teman sekelas bernama Lai, Yip berani untuk pergi menantang seorang master kungfu tua yang bekerja di perusahaan sutra ayah Lai. Pria itu dengan baik, berusia 50-an dan sangat eksentrik, tetapi Lai bersikeras pria itu kung fu nya sangat hebat.

Malam itu Yip Man menemui orang tersebut yang tinggal di perahu nelayan yang berlabuh dekat pelabuhan di Hong Kong Bay. Yip pertama-tama mengeluarkan seluruh jurus Siu Lim Tao dari Wing Chun. Setelah itu orang tua itu setuju untuk sebuah pertandingan, Yip segera menyerang orang tua itu dan mendapati dirinya tercebur ke perairan Hongkong Bay. Setelah berulang kali mencoba dan mengulangi serangan-serangan, tak ada satu pun yang mengenai sasaran. Yip Man pun akhirnya ingin belajar dari orang tua itu. Yip Man segera tahu bahwa lelaki tua itu adalah Leung Bik. Leung Bik menjelaskan perbedaan dalam Wing Chun yang diajarkannya dibandingkan gaya Shun Chan dan mulai mengajar Yip Man sebagai seorang murid. Yip Man dan Leung Bik belajar bersama selama dua setengah tahun.

Yip Man kembali ke Fushan dan berkata kepada seniornya tentang lelaki tua itu bahwa ia telah bertemu. Ketika seniornya mengejek dia, Yip Man menantang mereka dan mengalahkan mereka dengan pengetahuan barunya. Yip Man tinggal di Fushan di mana ia terlibat dengan polisi dan mengangkat nama keluarga. Yip Man Pada tahun 1948 melarikan diri ke Hong Kong selama Revolusi.

Di Hong Kong, menjadi seorang tunawisma dan tidak punya uang, Yip Man diberikan perlindungan dan bekerja di sebuah restoran. Yip Man mengamati instruktur (Leung Sheung) yang mengajar suatu kelas di restoran tersebut. Leung Sheung pada waktu itu seorang praktisi kung fu Bak Mei. Setelah mengamati kelas selama beberapa waktu, Yip Man mendemonstrasikan keterampilan Wing Chun nya pada Leung Sheung. Yip Man pun menjadikan Leung Sheung sebagai murid pertama di Hong Kong. Setelah ini Yip Man mulai mengajar Wing Chun ke Asosiasi Pekerja Restoran. Yip Man akhirnya pindah tempat pengajaran.

Yip Man merupakan seorang pesilat yang terlatih dengan baik, murid-muridnya yang terkenal antara lain Wong Shun Leung, Grandmaster William Cheung, dan Bruce Lee. Setelah 20 tahun mengajar di Hong Kong, Yip Man meninggal pada 1972.

STORY III
Yip Man



Ip Man (Yip Man) adalah seorang legendaries kungfu yang beraliran Wing Chun. Dia telah mempelajari Wing Chun sejak umur 13 tahun. Menurut Wikipedia, Yip Man adalah Master Kungfu (Sifu) pertama yang mengajari Wing Chun secara terbuka untuk umum.

Yip Man lahir di Foshan tahun 1893 dari keluarga pedagang yang kaya, di umurnya yang ke-13 Yip belajar Wing Chun dari Chan Wah-Shun dan di teruskan oleh Ng Chung-sok sesuai pesan Chan sebelum meninggal.

Umur 16, Yip meneruskan studinya di St. Stephen's College, Hongkong, dimana sekolah tersebut diperuntukan orang-orang kaya dan orang asing di Hongkong.

Di sekolah ini Yip mulai dikenal sejak mengalahkan murip senior dengan beberapa gerakan kecil saja. Di umurnya ke-24 Yip kembali ke Foshan, dengan ilmu Wing Chunnya yang maju pesat, Yip tidak mendirikan sekolah ataupun perguruan disana, hanya mengajarkan kepada beberapa murid dan relasinya saja. Di masa kependudukan Jepang di China, Yip selalu menolak semua ajakan pemerintah Jepang agar Yip mau mengajari pasukan jepang bela diri.

Yip lalu kembali ke Hongkong dan mendirikan sebuah perguruan bela diri, Hampir semua bekas murid Yip menjadi orang terkenal, berhasil mendirikan perguruannya sendiri, menjadi pengatur bela diri dalam sebuah film atau bahkan bintang laganya sendiri, dan yang paling terkenal dari murid-murid Yip adalah Lee Xiao Long atau Bruce Lee.


yip man & bruce lee
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4503) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4579) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1626) Fashion (304) Fenomenal (1252) Film (473) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3453) Games (167) Hot Celebs (353) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (943) Kriminal (423) Lucu (1043) Misterius (1059) Musik (486) Ngegosip Nih (1229) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (143) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1486) TV Online (2) Unik (630) Video (1455) Wisata (349) Zodiak (31)