HATI-HATI GAN, ADA Modus Penipuan Baru!!!!

Posted by Unknown 8 Agustus 2010 0 comments


Ane kemaren itu dpt email dari tmn. .
Isinya tentang Modus Penipuan baru lewat telepon gan
Sekiranya dibaca gan buat jaga2

Quote:
Pada tgl 12 Juni 2010, saya memasang iklan di koran
Kompas mengenai rencana penjualan salah satu
dari rumah saya.
Pada hari yang sama, saya menerima sms sebagai
berikut :
"Saya Lindah mengenai rumah anda, sudah saya survey
dan setujui dengan keluarga. Untuk harga silahkan
dibicarakan sama suami saya, 0813-8976-5777
Haryadi. Pengirim sms : 0838-9665-3394, 12 Jun 2010
16:25 WIB"

Tertarik dengan sms tsb, saya langsung menelepon ke
no HP yg mengaku nama Lindah tapi selalu terdengar :
"no telp yang Anda tuju, sedang dialihkan...". Kemudian
saya telp ke no. HP Haryadi, berikut pembicaraannya :

Haryadi : Oh iya benar Pak, saya memang mau beli
rumah Anda, tujuan mau investasi... Kebetulan istri saya
sudah merasa sangat cocok dengan lokasi dan kondisi
rumah Bapak... Saya sedang di Medan , tapi sebaiknya
Bapak negokan dulu harganya dengan saya supaya
minggu depan waktu saya balik ke Jakarta , kita bisa
langsung selesaikan administrasinya dll.

Oknum ini sangat antusias menanyakan soal status
kepemilikan rumah, fasilitas di dalam rumah dll dan
semuanya saya jelaskan dgn baik. Oknum keliatan
semakin senang dan meminta harga "yang hanya turun
sedikit" dari harga yang saya tawarkan. Suara oknum
terdengar begitu bijak, baik dan profesional.

Saya : Soal harga yang Bapak tawar tadi, saya setujui.
Tapi tanpa melihat seisi rumah, bagaimana Bapak begitu
yakin dengan harga yang Bapak tawar tadi?

Haryadi : Oh tak masalah Pak. Istri saya kan sudah
survey, jadi kalau istri saya sudah merasa cocok, pasti
saya akan setuju. Kalau tidak, buat apa saya
bernegosiasi dengan Bapak? OK Pak, nanti kalau sudah
jadi, jangan lupa sisakan beberapa item perabotan untuk
saya, sebagai bonus atau kenang2an, hehehe...

Saya : Tak masalah Pak, bisa diatur. Sampai jumpa nanti
setelah Bapak balik dari Medan ...

Pada tgl. 13 Juni (sekitar jam 12 siang), Haryadi kembali
menelepon saya.

Haryadi : Hai apa kabar Pak Henry? Senang bisa
kembali berbicara dengan Anda. Saya mau sampaikan,
keketulan saya sedang p ega ng uang sejumlah 25 juta.
Bagaimana kl saya transfer aja ke rek bank Bapak
sebagai DP tanda jadi supaya Bapak tidak lepas rumah
Bapak ke orang lain?

Saya : OK, terima kasih Pak. Tapi bagaimana dengan
kwitansi tanda terimanya? Saya kirim kemana? Atau
saya antar ke Bu Linda?

Haryadi : Itu gampang Pak, bisa menyusul. Saya
percaya sama Bapak, toh bukti transfernya kan nantinya
masih ada di saya.. Tolong sms ke saya no. rekening
Bapak sekarang...

Saya : Baik Pak, banyak terima kasih.

Kemudian saya kirim sms ke org tsb : Rek. BCA saya
no. 6550****** atas nama Henry Lore
Setengah jam kemudian, Haryadi telp kembali.

Haryadi : Pak, barusan saya transfer lewat ATM, tolong
check segera dan kabarkan ke saya kalau sudah terima
supaya saya merasa tenang...

Saya : Baik Pak, saya pergi ke ATM sekarang juga.

Dalam perjalanan, pikiran saya saya agak bingung, hari
gini kok ada yah orang beli rumah & kirim duit
s ega mpang beli kacang goreng? Ada 2 kemungkinan :
p eni pu atau.... pejabat korup yang punya banyak duit
mau melakukan money laundry? Akh bodoh amat, toh
saya di posisi sbg penerima duit, kaga ada ruginya.
Setiba di ATM, ternyata saldo saya masih belum
berubah. Saya telp ke Haryadi lagi.

Saya : Pak, saya sudah check tapi tak ada dana masuk?

Haryadi : Hah??? Masa??? Aduh! padahal tadi saldo
saya sudah berkurang 25 juta loh? Ada apa yah??

Saya : Tolong Bapak kirimkan aja bukti transfernya ke
saya melalui fax..?

Haryadi : kebetulan tadi waktu saya transfer, mesinnya
tidak mengeluarkan struk! aduh gimana yah??? 25 juta
loh Pak??? (suaranya terdengar gemetar dan panik
sekali)

Saya : jangan panik dulu Pak, transaksi seperti ini tidak
akan terjadi kesalahan. Bapak bisa cetak di buku
tabungan Bapak dan kita bisa bersama2 klaim ke BCA
hari Senin besok.. bagaimana Pak?

Haryadi : Ini kan hari minggu, saya mana bisa tenang
Pak diminta tunggu sampai besok?

(dgn begitu paniknya dia baca ulang no. rek BCA saya,
saya bilang benar. Dia minta saya check ulang, tetap
saldo belum ada dana masuk)

Saya : begini aja Pak, biar saya telp halo BCA sekarang,
menanyakan status transfer Bapak.

Haryadi : OK, biar saya aja yg telp skrg. Bapak jangan
tutup telp yah, biar kita bicara ber-3 dengan operator
halo BCA.

Saya dengarkan nada telp masuk : "selamat datang di
Halo BCA, tekan 1 untuk layanan bahasa Indonesia bla
bla bla sampai tersambung ke operator.

Operator : selamat sore dengan Halo BCA ada yang
bisa saya bantu?

Haryadi : langsung buru2 menceritakan perihal transfer
yang tidak saya terima

Operator : Oh maaf Pak, jaringan BCA memang sedang
ada gangguan. Mohon ditunggu, dana seharusnya akan
diterima setelah bbrp jam kemudian..

Haryadi : tapi saya tidak bisa menunggu lama2 Pak,
uang 25 juta bukan uang kecil, saya harsu pastikan
secepatnya!

Operator : kalau Bpk mau cepat, saya bisa minta
penerima check melalui ATM, tolong saya bicara
langsung dengan beliau.

Saya : ini saya penerima Pak, saya sudah mendengar
semua percakapan Bapak.

Operator : bagus, kalau begitu, coba bapak sekarang
masukkan kartu ke ATM, check sekali lagi.

Saya : sudah Pak, tetap belum ada dananya.

Operator : berapa jumlah saldo Bapak sekarang?

Saya : hmmm.... kenapa Bapak tanya soal saldo saya?
Operator : mau pastikan aja apakah bapak sudah terima
tau belum

Saya : emmmm (jawab asal2an), ada saldo 5 juta Pak.

Operator : diam sebentar dan... kalau masuk 25 juta
harusnya sekarang 30 juta yah?

Saya : ya iyalah! masalahnya skrg blm ada yang
masuk?!

Operator : OK begini aja, supaya cepat untuk
mengetahui status transfer, bapak coba tekan "transaksi
lain"

Saya : Sudah, terus?

Operator : terus tekan "transfer"

Saya : Pak, saya ini mau check uang masuk! bukan mau
kirim uang!

Operator : (tiba2 berubah nada bicaranya seperti
preman) : bapak kalau dengar belum jelas, jangan
kompalin dulu, ngerti???!

Saya langsung cubit tangan saya untuk memastikan
apakah saya sedang dibawah pengaruh hipnotis. Tapi
akh, saya tak percaya mistis begituan. Logika saya
masih bekerja normal dan sudah tekad tidak melanjutkan
transaksi.
Terdengar nada peringatan di ATM, apakah saya masih
mau memperpanjang waktu tarnsaksi.

Operator : Tuh, sudah bunyi! cepat tekan YA utk
memperpanjang waktu, geraknya jgn lambat Pak!
(dengan nada setengah membentak).

Wuihhh.. sejak kapan yah operator BCA seperti preman
& lbh galak dari Customer?
Saya tdk menekan YA tapi malah mencabut kartu ATM,
taruh di kantong saya tapi masih berpura2 lanjut
bertanya.

Saya : saya sudah tekan TRANSFER Pak.

Operator : bagus! sekarang tekan mata uang Rp!

Saya : terus?

Operator : nah disitukan muncul kolom yang harusnya
diisi dgn jumlah uang yang akan ditransfer, tapi jgn takut
Pak, Bapak isi aja dengan nomor ini ... 088***721 (saya
lupa no persisnya, tp total 9 atau 10 digit).

Operator : Setelah itu, kan muncul no rek eni ng yang
dituju, nah disitu isi dgn no. rek eni ng bapak sendiri.

Saya : loh kenapa saya harus ikut intruksi ini Pak?

Operator : (mulai emosi), ITU SUPAYA BAPAK TAU 25
JUTANYA UDAH MASUK ATAU BELUM!! Jgn banyak
tanya, ikutin aja petunjuk saya. Kenapa bapak takut
sekali dan tak percaya sama saya??? saya kan
operator??? Toh bapak tidak disuruh masukkan angka
duit tapi 088***721 dan tertuju ke no. rek bapak sndri??
ikutin aja dulu, nanti setelah masuk no. rek yang dituju kan
msh ada pilihat YA atau CANCEL?? kalau bapak tak
setuju, kan belum telat, tinggal telp CANCEL!

Saya : Maaf, saya tidak bisa melakukan transaksi diluar
normal seperti ini, saya akan telp ke Halo BCA Pusat
Pak.

Haryadi : tak usah telp lagi Pak! ikutin aja pentunjuk dia,
saya yang punya uang merasa tidak tenang tau nggak?

(bernada seperti panik dan mau menangis). Saya akui,
sandiwaranya hampir mulus tapi bodoh amat. saya
putuskan telp.
Belum sempat saya tekan telp ke Halo BCA, masuk
interupsi telp dari Haryadi sekitar 10X! Cuma 1x yang
saya angkat, dia tetap ngotot anjurkan saya tak buang
waktu lagi, langsung ikutin operator yang tadi. Saya tutup
aja telp nya.
Mau marah atau apa terserah, batal beli rumah juga tak
masalah!

Kemudian telp saya tersambung dgn operator BCA
resmi bbrp m eni t kemudian dan langsung ceritakan dgn
ringkas dan jelas mengenai kasus yang saya hadapi.

Operator : Perlu Bapak ketahui bahwa, tidak ada
sejarahnya seorang operator perbankan diperbolehkan
bertanya ttg jumlah saldo milik customer, apalagi
menuntun seorang customer melakukan transaksi di
depan ATM. Sudah pasti ini percobaan p eni puan!
No 088***721 yang diperintahkan tsb adalah no /
kombinasi angka yang digunakan kriminal sbg pengganti
PIN yang dapat membuat saldo Anda berpindah tangan /
hilang tuntas setelah anda menekan / memasukkan no.
rekening pribadi Anda. Terima kasih.

SEtelah itu, saya telp Haryadi, tidak diangkat lagi. Saya
kirim sms mengajak Haryadi sama2 ke kantor BCA untuk
klarifikasi atau bila belum puas, boleh juga ke kantor
polisi, sama sekali tidak dibalas lagi. Haryadi dan
operator gadungan telah menghilang seperti ditelan
hantu. Saya bersyukur kepada Tuhan yang berada di
pihak saya dan melindungi saya.
Quote:
Originally Posted by geripriandi View Post
Pelajaran yg ane dpt : kalo perkara sensitif seperti uang, usahakan ketika kita menemukan masalah selalu berkoordinasi dg pihak bank lgsung, DATANG LANGSUNG ke bank, jangan via telepon or lainnya. Ke 2, penipuan, apapun modusnya akan selalu memposisikan calon korbanya dalam kondisi terjepit,tergesa2,dan dibawah tekanan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu mencermati beragam kondisi dengan tenang dan bijak.
 
sumber:Kaskus.us
Jangan Lupa Berikan Komentarnya ya Teman-teman anak muda
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)