H`andy Sana yang merupakan ponsel berlayar sentuh, memuat aplikasi Heart Suite, yang membuat para penggunanya  mengukur, mencatat, dan mengirimkan data penting Electrocardiograms (ECGs).

Para pengguna bisa mendapatkan ECG mereka secara cepat dengan menekan dua tombol jari di sisi ponsel selama 30 detik.

Data itu selanjutnya dapat dikirim ke dokter atau kepada konsultan kesehatan professional untuk dimintai saran beserta data lain termasuk tekanan darah, gula darah dan kadar kolesterol.

Ide awalnya adalah  agar ponsel tersebut cocok untuk digunakan melakukan pemantauan masalah Jantung hari demi hari,tanpa harus membutuhkan peralatan yang mahal.

Pabrik pembuatnya juga berpendapat ponsel itu mampu menawarkan gambaran yang lebih luas dari kondisi pasien dibandingkan dengan hasil ECG yang hanya dilakukan saat pasien mengunjungi rumah sakit atau klinik.

Para Dokter juga bisa menggunakan  ponsel itu untuk pengujian ECG ketika mengunjungi pasien mereka ke rumah.

Perangkat baru itu akan diluncurkan di Inggris akhir tahun ini oleh Medical Marketing UK (MMUK) Ltd, yang telah menandatangani kesepakatan dengan MMB GmbH untuk kontrak eksklusif pemasarannya dari The H`andy Sana.

Ponsel itu diperkirakan akan dijaul 490 pound dan tampaknya akan dijual dengan jumlah subsidi yang besar.

MMUK dipimpin  mantan direktur Vodafone Jonathan Viney. Sejumlah perusahaan telekomunikasi telah menyatkaan minat untuk  menjual perangkat baru tersebut.
(yud/A038/BRT)