Jumat Ini Baik Untuk Melihat Meteor Perseids
Penampakan meteor Perseids pada 2007 (Antara News/wikipidea)
Jakarta (ANTARA News) - Ini adalah salah satu pemandangan paling menakjubkan di langit yang dapat anda lihat dari kebun belakang rumah anda sendiri.

Dan sekarang para ilmuwan mengatakan bahwa bintang-gazers adalah tontonan minggu ini dengan langit yang jelas diharapkan dapat memberikan pandangan yang fantastis mengenai meteor Perseids yang spektakuler.

Para ahli mengatakan bahwa bulan memasuki 'fase baru' dan langit yang jelas minggu ini berarti tahun terbaik sejak 2007 untuk melihat pertunjukan spektakuler itu.

Fenomena, yang terjadi setiap musim panas yang hanya membutuhkan orbit bumi melalui puing-puing berserakan dari ekor Komet Swift-Tuttle diharapkan mencapai puncaknya Kamis malam (Jumat WIB).

Ahli astronomi amatir tampak kecewa tahun lalu setelah awan merusak pemandangan yang diharapkan.

Taurids diberi nama setelah konstelasi Taurus, karena jalur mereka dapat ditelusuri dari bidang langit.

Pada malam 12 Agustus ketika bulan sabit tipis yang akan ditentukan pada sore hari, meninggalkan langit gelap hujan meteor, menjanjikan pertunjukan yang menakjubkan dari bintang jatuh.

Untuk penampakan terbaik bintang Gazers, disarankan untuk menghindari lampu-lampu kota dan kepala menghadap ke langit terbuka dan langit gelap di daerah pedesaan di mana bintang-bintang dan meteor akan sangat terang.

The Met Office memprediksi bahwa langit yang paling jelas pada Kamis malam cenderung berada di bagian selatan dan barat Inggris dan Wales.

Ilmuwan NASA juga mengklaim bahwa ini 'menjanjikan menjadi salah satu menampilkan terbaik tahun ini".

"Jika peramal benar, pertunjukan akan menampilkan tampilan puncak setidaknya 80 meteor perjam," kata mereka.

Jo Burgon, Kepala Akses dan Rekreasi di National Trust, mengatakan: "Melihat bintang-bintang dengan keindahan mereka, bersinar cerah di langit di atas anda, adalah salah satu keajaiban dunia yang dari alam.

Cahaya mengganggu penerangan jalan atau terang bulan bisa merusak pengalaman meteor yang baik.

"Tapi dengan ramalan cuaca yang baik, tahun ini bisa menampilkan Perseids, dan tak satu pun akan terjawab."

Beberapa lokasi yang disorot dalam panduan National Trust termasuk pemandangan dramatis di seluruh dunia Stonehenge terkenal di Wiltshire dan Mam Tor di Distrik Peak, melambung tinggi di atas Sheffield dan tidak begitu jauh dari kota baja tersebut.

Jo Burgon, menambahkan: "nilainya menghabiskan waktu untuk menemukan tempat sempurna untuk menatap bintang-bintang, seperti setelah anda berada di sana melihat ke langit malam ia akan melegakan nafas anda.

"Dan hal yang terbaik adalah bahwa hal itu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun dan kali ini bintang akan selalu tinggal bersama anda sebagai salah satu pengalaman yang tidak bisa dibeli dengan uang".

Emily Winterburn, penulis The Stargazer's Guide, berkata: "Perseids adalah hujan meteor besar yang tampak untuk ditonton.

"Malam tidak terlalu dingin dan untuk sekali, terima kasih kepada bulan, malam musim panas yang gelap cukup untuk meteor tampak dilihat dengan mata telanjang", demikian dilaporkan Daily Mail.