Kindle Wireless Reading Device, Free 3G + Wi-Fi, 6" Display, Graphite, 3G Works Globally - Latest GenerationJakarta (ANTARA News) - Playstation 3 dari Sony akan hadir dilengkapi hard disk kapasitas tinggi di Amerika Utara musim gugur ini mempersilakan konsumen mengunduh lebih banyak permainan dan hiburan, kata perusahaan itu pada Selasa (17/8).

Permainan konsol akan datang dengan kapasitas penyimpanan sekitar 33 persen lebih banyak dari versi sebelumnya, tapi setidaknya seorang analis mengatakan langlah itu tidak mungkin menjadi titik jual utama konsumen.

"Dalam skema yang lebih besar itu berarti bukan apa-apa. Setiap tahun harga perangkat penyimpanan turun jadi rata-rata kapasitas penyimpanan yang disertakan dalam banyak perangkat naik," kata Daniel Ernst, analis dari Hudson Square Research.

Sony mengatakan model baru dari Playstation 3 salah satunya bermemori 320 giga byte, PS3 Sports Champions Move, dengan harga diperkirakan 399,99 dolar.

Model sistem PS3 160 giga byte akan dikirimkan ke pengecer dengan harga yang sama seperti model PS3 yang ada, dengan harga eceran 299.99 dolar.

Dari Oktober, perusahaan juga akan mulai menjual PS3 160 GB dalam kombinasi dengan sistem Move permainan gerak-kontrol di Eropa, Sony mengumumkan di sebuah konferensi pers di Cologne, Jerman, menjelang Gamescom, sebuah perdagangan menjanjikan video game terbesar di Eropa.

Versi itu memakan biaya 299 euro (384,6 dolar), katanya, menambahkan bahwa versi 320-gigabyte menampilkan Move yang akan mulai dijual pada 15 September untuk 349 euro, tanggal yang sama saat Move diluncurkan.

Pengumuman Sony menandai satu lagi langkah dalam perang dari tiga perusahaan games konsol terbesar - Playstation Sony, Nintendo Wii dan Microsoft Xbox 360 - dengan produsen menawarkan bundel baru untuk memikat pelanggan dari para pesaing.

Microsoft mengumumkan sebelumnya pada Selasa bahwa mereka akan mulai menjual sistem Kinect, permainan gerak-kontrol di Eropa dari 10 November, sebagai upaya untuk merebut para gamers dari perusahaan konsol unggulan Sony Playstation 3 dan Nintendo Wii.

Permainan gerak-kontrol adalah salah satu harapan besar industri, demikian Reuters.

1 dolar = 0,7774 euro