Kara Dioguardi (ANTARA / REUTERS/ Mario Anzuon)
Los Angeles (ANTARA News/Reuters Life!) - "American Idol" akan mengungkapkan panel baru penilainya Rabu pekan depan (22/9), sehingga mengakhiri berbulan-bulan spekulasi setelah kepergian tokoh lama Simon Cowell, Ellen DeGeneres dan Kara DioGuardi, demikian pernyataan Fox, Kamis (16/9).

Jaringan televisi tersebut menyatakan akan mengumumkan susunan juri itu di Los Angeles Forum, arena tempat audisi bakal diselenggarakan sebelum penayangan perdana Season 10 pada Januari.

Jennifer Lopez (41), bintang film "The Backup Plan" dan "The Wedding Planner" dilaporkan banyak kalangan awal pekan ini telah menandatangani kontrak bernilai 12 juta dolar AS dengan penyelenggara "American Idol".

Bintang Rock and Roll Hall of Famer, Steven Tyler (62) akan menambah keseriusan dalam kontes menyanyi tersebut, yang meluncurkan karir peraih Grammy --Kelly Clarkson, Carrie Underwood dan Jennifer Hudson.

Produser rekaman Randy Jackson diperkirakan akan mempertahankan kursi yang telah didudukinya sejak tayangan itu memulai debutnya pada 2001.

"American Idol" telah memperoleh penghasilan besar dari pariwara buat Fox dan mendorong penjualan rekamanan serta pengunduhan digital. Meskipun tayangan tersebut tetap jadi tayangan TV yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat pada musim terakhir, sebanyak enam juta penonton telah meninggalkan program itu sejak 2006.

Juri Inggris, Simon Cowell --salah satu pesohor terbesar di TV Amerika-- hengkang pada Mei untuk meluncurkan tayangan pencari bakatnya sendiri di TV di Fox pada musim gugur 2011. Tuan rumah tayang-bincang Ellen DeGeneres meninggalkan tayangan kompetisi menyanyi tersebut pada Juli, setelah baru satu tahun duduk di kursi juri, dan penulis lagu Kara DioGuardi juga pergi dua pekan lalu, setelah dua tahun bergabung.

Dalam dua bulan belakangan, pencipta "American Idol" Simon Fuller telah mencampakkan Sony Music dan memilih Universal Music, label musik terbesar di dunia, sebagai rumah bagi para bintang "American Idol" pada masa depan.

Produser TV Inggris Nigel Lythgoe kembali ke tayangan itu, yang ia bantu ciptakan bersama Simon Fuller, dan eksekutif utama Universal Music Jimmy Iovine, akan menjadi konsultan kreatif.

"American Idol" diproduksi oleh 19 Entertainment, satu unit CKX Inc (CKXE.O) dan FremantleMedia, satu unit RTL Group --yang dikuasai oleh Bertelsmann AG (BERT.UL). Fox adalah satu unit dari News Corp (NWSA.O). (C003/K004)