Isu Perkosaan TKI Jerat Menteri Malaysia

Posted by AMportal 5 Januari 2011 0 comments

Rais Yatim
AnakMuda 3007 -VIVAnews - Seorang menteri Malaysia gusar dengan tuduhan dia pernah memperkosa seorang pembantunya asal Indonesia empat tahun lalu. Isu itu dimuat di sejumlah blog, dan media alternatif di negeri jiran. Berita itu pun mulai dipersoalkan oleh kelompok oposisi.

Menteri yang dimaksud adalah Rais Yatim. Politisi berusia 68 tahun itu lama malang melintang di pemerintahan Malaysia. Sejumlah posisi menteri telah dilakoni Rais sejak 1980-an. Pada April 2009, anggota Partai UMNO ini menjabat Menteri Informasi Komunikasi dan Kebudayaan, setelah sebelumnya dipercaya menjadi Menteri Luar Negeri.

Dalam keterangan kepada media Malaysia, Rais rupanya gusar dengan klaim sejumlah blog dan media alternatif bahwa dia memerkosa pembantunya pada 2007. "Saya bantah tuduhan-tuduhan itu, baik itu perkosaan atas siapapun empat tahun lalu, maupun tuduhan lain yang diangkat para blogger di internet atau oleh entitas politik manapun," ujar Rais seperti dikutip kantor berita Bernama, dan juga dimuat di laman harian Utusan Malaysia, Rabu 5 Januari 2011.

Menurut Rais, isu itu dilontarkan "penulis liar blog di Internet". Dia menggangap itu fitnah dan pendustaan dahsyat. "Semua materi tertulis, laporan, kutipan, dan spekulasi - termasuk ilustrasi dan foto - yang dimuat di blog atau laman apapun di internet menyangkut tuduhan adanya penyimpangan atau perkosaan adalah tindakan yang jahat dan fitnah yang dibuat-buat tanpa dasar hukum valid," lanjut Rais. 

Karena itu, Rais meminta pihak berwenang menyelidiki masalah itu. "Saya menyatakan laporan apapun dibuat oleh pihak manapun terkait masalah ini harus diinvestigasi oleh hukum di negara ini," ujar Rais.

Politisi keturunan Sumatra ini bahkan menyatakan, dia dan keluarganya siap bekerja sama bila ada penyelidikan resmi, begitu pula akan menerima apapun hasilnya.

Nama Rais Yatim disebut-sebut di sejumlah blog, dan laman berita sebagai orang yang bertanggungjawab atas perkosaan seorang pembantunya asal Indonesia. Media yang melansir berita itu antara lain Asian Sentinel, dan Free Malaysia Today

Pemberitaan adanya dugaan perkosaan dari menteri senior Malaysia itu juga dilansir satu situs berita Malaysia, Harakah Daily, yang memberitakan bocoran data dari WikiLeaks. WikiLeaks dikabarkan mengacu pada blog Ahirudin Attan alias Rocky Bru, blogger Malaysia yang juga mantan Pemimpin Redaksi The Malaysia Mail, sebuah koran gratis di Malaysia.

Dalam blog Rocky Bru, muncul tautan (link) suatu dokumen mengenai dugaan perkosaan atas seorang pembantu Indonesia, berinisial Rb. Dokumen itu mencantumkan laporan investigasi lembaga pembela hak-hak pekerja asal Indonesia, Migrant Care, pada Juli 2007.
Laporan tersebut, berdasarkan pengamatan VIVAnews, memaparkan keterangan perempuan bernama Rb, yang mengaku pernah diperkosa oleh majikannya, yang merupakan Menteri Malaysia. Dalam dokumen lembaga advokasi buruh migran itu, nama sang menteri dan jabatan spesifiknya, telah disensor dengan coretan spidol hilam.
Menurut laporan itu, Rb telah memiliki dua anak dan tinggal bersama suami dan keluarganya di suatu dusun di Banjarnegara, Jawa Tengah. Dia mengaku pernah delapan tahun bekerja sebagai pembantu di rumah majikannya yang bergelar Datuk Seri itu.
Setelah dibujuk bercerita, barulah Rb mengungkapkan dia pernah diperkosa oleh majikannya. "Tetapi dia meminta dengan sangat supaya perkosaan ini tidak disebarluaskan karena dia takut dan malu akan tetangga-tetangganya dan lingkungan di kampungnya ," demikian tulis laporan itu. Suami korban pun meminta utusan dari Migrant Care agar "kejadian perkosaan istrinya dengan Datuk Seri **** [coretan sensor] tidak di-blow up [diangkat ke publik]."

Dikonfirmasi tentang laporan tersebut, Migrant Care menyatakan belum akan memberikan keterangan resmi. “Untuk sementara ini kami tidak bisa berkomentar dulu,” ujar Anis Hidayah, Direktur Eksekutif Migrant Care.
Tanggapan serupa dinyatakan analis kebijakan publik Migrant Care, Wahyu Susilo, saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa, 4 Januari 2011.  "Saya no comment dulu. Ini pelik sekali. Nanti saja setelah kami lapor ke LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban), baru kami sampaikan keterangan resmi," kata Wahyu.

Siapa yang terancam sampai harus melapor ke LPSK? "Ini juga soal keselamatan orang lain," kata Wahyu.
Perwakilan pemerintah Indonesia di Malaysia pun tidak bisa berbuat banyak, kendati turut mengetahui isu itu. Kepada VIVAnews, Kepala Penerangan KBRI Suryana Sastradipraja mengatakan kasus itu mengemuka belakangan ini di sebuah koran oposisi, Harakah Daily. Namun, ia melanjutkan, kabar itu sejauh ini belum bisa dibuktikan kebenarannya karena baru didasarkan pada laporan pihak ketiga.

“Kami sudah tahu, itu muncul tahun 2007, namun itu kan baru ‘katanya’ semua,” ujar Sastradipraja, Rabu, 5 Januari 2011. Lantas kenapa KBRI sendiri tidak menindaklanjuti kasus ini?

Suryana mengatakan sejauh ini tak ada laporan langsung dari korban, sehingga KBRI tak dapat bertindak lebih jauh. “Kasus ini tak pernah dilaporkan, kalaupun dilaporkan sekarang, apa buktinya? Kasus pemerkosaan itu perlu bukti,” kata Sastradipraja.

Sementara itu, sebagian kalangan di Malaysia justru meminta pihak berwenang mengusut kasus ini. Lembaga Swadaya Masyarakat Solidariti Anak Muda Malaysia (SAMM) dan fungsionaris dari kelompok oposisi Malaysia, Partai Keadilan Rakyat (PKR), Rabu 5 Januari 2011, mengajukan laporan kepada polisi atas dugaan perkosaan yang dilakukan Rais.

"Bila polisi tidak bertindak dalam jangka waktu 14 hari, maka kami akan bergerak ke tahap aksi selanjutnya. Polisi harus membersihkan nama Rais atau menghukum dia," kata fungsionaris PKR, Badrul Hisham Sharin, seperti dikutip media alternatif Free Malaysia Today. Saat itu, Badrul memimpin SAMM mengajukan gugatan ke polisi.
Menurut kantor berita Bernama, langkah sama juga dilakukan oleh PAS, Partai Islam se-Malaysia, oposisi di parlemen.  PAS, seperti diberitakan Free Malaysia Today, meminta Perdana Menteri Najib Tun Razak untuk tidak berdiam diri atas isu perkosaan yang menjerat menterinya.(np)
• VIVAnews
Jangan Lupa Berikan Komentarnya dan Cek Rate Artikelnya ya Teman-teman anak muda
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)