Wae Rebo, Kampung Ter "Udik" Se-Indonesia (Sobat Muda Pasti Blm Tau)

Posted by Unknown 28 Januari 2011 0 comments
AnakMuda 3007 -
Wae Rebo, Kampung Paling Udik di Indonesia Yang Go International




Quote:
Quote:
1. Pengantar
Quote:
Wae rebo adalah sebuah kampung tradisional di dusun terpencil. Warga sekecamatan saja masih banyak yang belum mengenal kampung itu padahal pengunjung asing sudah banyak menghabiskan waktu liburannya di kampung terudik ini. Wae rebo boleh dibilang dusun internasional yang semakin banyak digemari oleh wisatawan asing.

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:

Quote:
2. Letak Geografis
Quote:
Wae rebo terletak di desa satar lenda, kecamatan satarmese barat, kabupaten manggarai, propinsi nusa tenggara timur. Hawanya cukup dingin, berada di ketinggian 1100 m di atas permukaan air laut. Kampung wae rebo diapit oleh gunung, hutan lebat dan berada jauh dari kampung – kampung tetangga. Kampung wae rebo dikukuhkan oleh enklave sejak masa penjajahan belanda.

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Quote:
3. Penduduk
Quote:
Pada awal mulanya Maro, secara turun – temurun nenek moyang orang Wae Rebo menuturkan bahwa, Maro adalah orang pertama yang tinggal dan menetap di Wae Rebo. Kampung Wae Rebo saat ini sudah memasuki generasi ke – 18. Satu generasi mencapai usia 60 tahun, sehingga usia kampung Wae Rebo saat ini ± 108 tahun. Jumlah kepala keluarga hingga tahun 2009 mencapai 88 kepala keluarga atau 1. 200 jiwa.

Spoiler for pic:


Foto penduduk dengan wisatawan
Quote:
4. Ada Apa di Wae Rebo
Quote:
Adat dan budaya Manggarai menyebar di tiga kabupaten ujung Barat Pulau Flores yaitu kabupaten Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat. Pada mulanya, rumah adat juga ditemui di setiap daerah yang berbentuk kerucut, beratapkan ijuk dan alang – alang. Namun sayangnya, kampung tradisional ini tidak diminati oleh masyarakat.

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:



Wae Rebo adalah satu – satunya kampung adat tradisional yang masih tersisa di ketiga kabupaten Manggarai yang keasliannya masih tertata rapi oleh warga setempat. Andaikata Wae Rebo juga tidak terpelihara, selesailah sudah sejarah rumah adat Manggarai. Puji Tuhan, warga Wae Rebo masih hidup menurut adat dan budaya yang diwarisi oleh leluhur perdananya Maro.

Spoiler for pic:



Untuk mencapai Wae Rebo, harus melintasi kawasan hutan yang masih terawat dan belum pernah dinodai masyarakat setempat. Kicauan burung – burung turut mengiringi langkah sang pengunjung seolah – olah menyambut kedatangan mereka. Siulan burung Pacycepala yang amat merdu mampu memperlambat langkah para pengunjung karena terpesona oleh suara indah itu.

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:



Leluhur Wae Rebo mewariskan 7 buah rumah adat. Tiga buah rumah diantaranya sudah punah dimakan usia dan kini tinggal 4 buah rumah saja yang masih berdiri kokoh. Rumah – rumah yang sudah hilang itu tidak dapat dibangun kembali sebab terbentur dengan masalah financial.

Yayasan Tirto Utomo Jakarta telah memberi contoh yang sangat baik dengan menyumbangkan dana untuk membangun sebuah rumah tradisonal Wae Rebo mengganti salah satu rumah yang sudah rusak total. Pengerjaan rumah ini tetap dilaksanakan oleh warga Wae Rebo sendiri sehingga keasliannya terjamin dan melaksanakan ritual adat.

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:

Quote:
5. Suka Duka Menjadi WargaWae Rebo
Quote:
Hidup rukun dan damai membuat warga masyarakat, betah tinggal di Wae Rebo. Tanah peninggalan leluhur yang belum pernah disentuh kehidupan modern itu sangat menjanjikan terlestarinya adat dan budaya Wae Rebo yang boleh dibilang museum adat dan budaya Manggarai.

Suka adalah sisi dari duka, dan duka adalah sisi dari suka. Menjadi orang Wae Rebo bukanlah mudah. Mengapa ? Untuk mencapai Wae Rebo hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama ± 4 jam. Jalannya berliku –liku dengan tanjakan ringan hingga berat. Makanan pokok adalah ubi talas dan jagung.


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:



Bahan makanan seperti beras harus diimpor dari kampung tetangga. Untuk mendapat pelayanan kesehatan dan kebutuhan pendidikan bagi anak – anak, harus keluar dari Wae Rebo. Untuk menjual hasil kebun harus berjalan kaki ke pasar sejauh 15 km. Warga tidak pernah berjalan lenggang. Keluar dan masuk Wae Rebo selalu ada beban di pundak ± 15 kg, baik bagi pria maupun wanita.
Quote:
6. Semangat Baru
Quote:
Masyarakat Wae Rebo mengalami peningkatan income pada tahun – tahun terakhir ini. Hal ini sejalan dengan perkembangan pariwisata berbasis masyarakat ( ecotourism ) di Wae Rebo. Wisatawan asal Belanda menempati rangking teratas berkunjung ke Wae Rebo.

Spoiler for pic:


Hasil kerajinan tangan warga, hasil kopi, vanili dan kulit kayu manis laris sebagai barang cendera mata yang dibawa pulang oleh wisatawan denga harga yang memuaskan. Hasil buah – buahan kebun warga pun tidak ketinggalan dibeli oleh sang tamu. Warga Wae Rebo sangat berterima kasih kepada pelaku wisata yang memasarkan Wae Rebo, baik di dalam maupun di luar negeri.

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6335631

MAU INFO LAINNYA KLIK DISINI
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)