Tips Memompa ASI untuk Ibu Menyusui

Posted by Anak Muda 12 Februari 2011 0 comments
AnakMuda 3007 -Memompa ASI dalam bayangan para ibu yang belum tahu sepertinya sulit. Namun sebenarnya tidaklah sesulit itu. Setelah tahu tips dan triknya, memompa ASI bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.
http://enengnurul.files.wordpress.com/2008/06/asi_ekslusif.jpg
Berikut ini tips memompa ASI seperti dilansir dari Kids-Health:

Kapan Ibu Mulai Memompa ASI?

Sejumlah ahli berpendapat, sebaiknya ibu jangan terlalu awal mengenalkan botol susu pada bayi yang baru lahir. Biarkan dulu bayi Anda terbiasa menyusui langsung dari payudara agar tidak terjadi kasus bingung puting. Namun memang pada beberapa bayi, kasus bingung puting ini tidak terjadi dan mereka tidak mengalami masalah saat bertransisi menyusu dari payudara ke botol atau feeder cup.

Meski tidak disarankan memperkenalkan botol susu terlalu cepat pada bayi, bukan berarti Anda tak bisa langsung memompa ASI. Beberapa konselor laktasi menyarankan para ibu baru, memompa ASI mereka sejak awal untuk memperbanyak produksi ASI.

Untuk ibu yang kembali bekerja setelah melahirkan, sangat disarankan memompa ASI jauh-jauh hari sebelum masa cuti habis. Jika Anda memilih memompa ASI setelah bekerja, ibu akan frustasi karena bisa saja tidak punya stok ASI sehingga merasa dikejar-kejar. Memompa ASI pun butuh latihan dan kesabaran. Tidak semua ibu bisa langsung menghasilkan banyak ASI dalam satu kali memompa.

Alat Pemompa ASI Apa Yang Sebaiknya Digunakan?
Jenis alat pemompa ASI mana yang akan dipilih, semuanya tergantung Anda sendiri. Beberapa wanita merasa nyaman menggunakan pemompa ASI manual (dioperasikan dengan tangan) ketimbang yang electric. Pompa manual pun harganya lebih murah ketimbang yang electric. Namun ada juga beberapa ibu yang memilih pemompa ASI electric karena kesulitan memakai pompa manual.

Sedikit informasi, pemompa ASI electrik pada beberapa ibu dianggap lebih mudah ketimbang manual karena saat memakainya Anda tidak perlu usaha yang terlalu keras. Ibu hanya perlu menempelkan alat pemompa di payudara dan mesin yang akan bekerja. Pemompa ASI jenis ini pun dianggap lebih efisien. Namun kekurangannya, alat tersebut terkadang menghasilkan suara yang berisik.

Selain memompa dengan mesin, sebenarnya ibu pun bisa menggunakan tangannya sendiri untuk memompa. Untuk mempelajari tehnik ini, Anda bisa menanyakannya pada konselor-konselor laktasi yang ada di rumah sakit tempat Anda bersalin. Di You Tube pun tehnik ini juga bisa dipelajari.

Bagaimana Agar Lebih Mudah Memompa ASI?

Sama seperti menyusui bayi, saat memompa pun Anda harus merasa nyaman. Memang sepertinya tidak mudah karena Anda bukan berdekatan langsung dengan bayi, melainkan pada mesin. Awalnya akan sedikit sulit untuk tubuh dan pikiran Anda beradaptasi dengan pemompa tersebut.

Sebelum memompa, pastikan dulu Anda sudah menempatkan dengan benar alat tersebut di payudara. Pastikan alat tersebut menutupi puting dan areola ibu dan tertutup rapat. Jika penempatan ini tidak benar, hal itu bisa membuat alat tidak bekerja.

Kunci keluarnya ASI saat dipompa adalah dengan memancing LDR (Let Down Relax). LDR adalah refleks keluarnya hormon oksitosin yang menstimulasi keluarnya ASI. Bagaimana agar LDR keluar? Pertama, ibu harus rileks. Cari posisi duduk yang bisa membuat Anda senyaman mungkin saat memompa. Lalu tarik napas panjang beberapa kali, setelah itu coba klitik-klitik puting Anda sampai payudara terasa kencang. Pompa ASI saat perasaan ada yang mengalir atau terdorong ke arah puting.

Mudah bukan? Yuk, berikan ASI untuk bayi tercinta.
MAU INFO LAINNYA KLIK DISINI
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4502) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4566) Bola (210) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1621) Fashion (303) Fenomenal (1246) Film (464) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3453) Games (166) Hot Celebs (348) Internet (503) Justin Bieber (61) Kesehatan (938) Kriminal (418) Lucu (1041) Misterius (1058) Musik (486) Ngegosip Nih (1226) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (408) Sains (857) Sejarah (922) Seksologi (140) Serba-Serbi (4412) Teknologi (1164) Tentang Admin (7) Tips (1483) TV Online (2) Unik (614) Video (1454) Wisata (347) Zodiak (30)