Anak Muda Inilah Cara Hidup SehatDalam Berpuasa

Posted by Unknown 2 Agustus 2011 0 comments
 
Hari-hari pertama puasa sering membuat tubuh lemas dan mengantuk. Dengan sedikit trik dalam memilih makanan, tubuh bugar dan sehat pun mudah didapat. Puasa tetap jalan, aktivitas tak terganggu dan tubuhpun sehat.
Saat bulan puasa tubuh memang mengalami perubahan dalam mengasup makanan. Konsumsi makanan 3 kali sehari, menjadi 2 kali yaitu sahur dan berbuka puasa. Padahal tubuh tetap memerlukan energi cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Untuk menjaga tubuh tetap prima, ternyata tidak sulit. Coba saja beberapa langkah sederhana ini.
Lakukan Perencanaan
Mulailah membuat daftar belanja selama bulan puasa. Buat perencanaan menu sahur dan berbuka. Pilihlah makanan berbahan segar dan hindari junk food yang banyak mengandung lemak. Sebab tubuh sehat perlu untuk aktivitas sehari-hari.
Kurangi teh, kopi dan minuman bersoda
Mengurangi asupan teh, kopi dan minuman bersoda lain yang mengandung kafein bisa mengurangi gejala sakit kepala. Minum air sebanyak 8 – 10 gelas sehari saat berbuka dan sahur bisa menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Sedangkan, minuman bersoda dan berkafein bisa memicu efek diuretik atau sering buang air kecil.
Jaga kesehatan
Berpuasa merupakan waktu tepat untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tubuh makin sehat. Jangan menganggap puasa sebagai cara untuk berdiet, tetapi anggaplah sebagai sarana untuk menjadi lebih sehat.
Makan makanan Sehat
Tambahkan selalu buah dan sayur segar dalam menu sahur dan berbuka, agar tubuh mendapat asupan serat dan vitamin yang cukup. Makanlah dengan santai dan perlahan-lahan. Usahakan cukup minum agar tidak terkena dehidrasi dan sakit kepala di siang hari.
Olahraga
Olahraga merupakan hal penting untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar. Lakukan kegiatan fisik ringan setelah berbuka seperti jalan santai atau olahraga ringan.
Tidur cukup
Tidur cukup membuat tubuh memiliki keseimbangan untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Kurang tidur bisa menyebabkan gelisah, sakit kepala dan masalah pencernaan yang buruk. Dengan tidur cukup tubuh mendapatkan energi untuk bisa menikmati sholat malam dengan bugar.
Sahur
Siapkan santap sahur sebelum tidur, dengan membuat masakan praktis. Sebaiknya pilih bahan makanan yang mengandung sumber nutrisi dan gizi tinggi, agar tubuh bisa memelihara rasa kenyang hingga saat berbuka .
Selain itu, banyak minum jus buah segar bisa membantu tubuh tetap fit selama ramadan. Jika urine terlihat berwarna gelap dan pekat, bisa jadi Anda tidak cukup minum air. Minumlah banyak air agar terhindar dari sembelit dan masalah kesehatan lainnya.
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)