5 Kisah Kumpulan Hoax yang Terpecahkan !!!

Posted by Unknown 5 Desember 2011 0 comments



 
Taukah Kalian Tentang Hoax?
Banyak yang masih belum mengetahui apa yang disebut dengan hoax. Kebanyakan mengira kata itu adalah sebuah singkatan. Namun tidak sama sekali.
Hoax adalah sebuah kata bahasa Inggris
Definisi Hoax menurut merriam webster online dictionary (kata kerja) :

to trick into believing or accepting as genuine something false and often preposterous.
Dengan bahasa sederhana hoax adalah sebuah rekayasa atau tipuan yang dilakukan untuk tujuan tertentu, umumnya untuk olok-olok. Sesuatu dapat dianggap sebagai hoax apabila memang memiliki bukti yang tidak terbantahkan.
Taukah Kalian Tentang Hoax-Hoax dibawah ini? apakah kalian pernah menjadi korban dan mempercayai Hoax-Hoax dibawah ini benar-benar nyata? Mari Kita Cek


1. Penemuan kerangka manusia raksasa

 
 Ini adalah foto kerangka manusia raksasa yang paling terkenal di dunia. Pertama kali muncul di publik lewat sebuah surat kabar India pada Maret 2007.

Foto di atas adalah ternyata merupakan penggabungan dari dua foto. Foto pertama adalah foto ekskavasi tulang Mastodon di Hyde Park, New York, pada tahun 2000.
 Sedangkan foto kedua adalah foto kerangka manusia tanpa keterangan yang ts temukan di internet.
 Bukan itu saja. hasil photoshop ini bahkan bisa ditemukan di situs worth1000.com, yaitu situs yang khusus memperlombakan foto-foto hasil photoshop. Foto ini dilombakan dalam kategori archeological anomaly.
 Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa situs theorionconspiracy.com adalah kuncinya.

Mungkin jika mendengar namanya, orang akan menyimpulkan situs itu sebagai situs misteri. Namun jika kita masuk ke websitenya, maka kita akan menemukan bahwa theorionconspiracy sebenarnya adalah sebuah situs yang mempromosikan film dokumenter fiksi yang disutradarai oleh seorang seniman grafis Perancis bernama Seb Janiak. Ia membuat foto-foto palsu untuk membuat filmnya terlihat lebih meyakinkan.

Ketika TS mengecek websitenya, inilah yangTS temukan :
 Perhatikan di foto di kanan bawah. Ternyata foto ekskavasi tulang Jobaria Tiguidensis di Sahara juga ada di situ. Situs ini telah memphotoshop foto ekskavasi itu dan foto lainnya untuk mendukung film science fictionnya. Tapi wajar saja, karena memang tidak pernah ada orang yang menganggap karya Seb Janiak sebagai dokumenter ilmiah.


2. Fosil raksasa Jebal Barez

Pada Oktober 2005, seorang giantology bernama Eric Belson menceritakan mengenai seorang arkeolog Belanda bernama Casper Shilling yang menemukan kerangka makhluk raksasa yang muncul dari kuburannya setelah gempa besar melanda kota Bam, Iran. Kisah ini kemudian menjadi populer di Indonesia dan cukup menarik perhatian di dunia maya.

Walaupun berita mengenai penemuan kerangka itu pertama kali muncul pada tahun 2005, kisah misterius ini baru populer di Indonesia pada tahun 2008 hingga sekarang. Ini cuplikan berita yang beredar di Indonesia:

"Sebuah Fosil makhluk hidup berukuran raksasa (atau bahkan mungkin ultra) yang ditemukan di kawasan Jebal Barez ini sangatlah mengagumkan. Menurut para peneliti, mungkin inilah hewan purba terbesar yang pernah eksis didunia pada masa lalu, ukuran kepalanya saja bisa mencapai panjang 26 meter dengan ketinggian 8 meter!!!"
  "Diperkirakan, fosil tersebut mungkin muncul akibat adanya gempa Bumi yang melanda Iran pada 26 Desember 2003 lalu. Reruntuhan batuan akibat gempa bumi di Jebal Barez telah membuka fosil tersebut, yang selama berjuta-juta tahun terkubur didalam bukit-bukit tandus berbatu."

"Tim satuan Kepurbakalaan Iran yang bertanggung jawab penuh atas penggalian sepakat. Mereka menegaskan bahwa ini merupakan kerangka hewan raksasa tunggal, mungkin salah satu hewan purba berjalan melata. Ukurannyapun lebih besar daripada jenis-jenis Dinosaurus yang pernah ada sebelumnya. Tetapi, apakah hewan ini termasuk dalam jajaran Dinosaurus atau bukan, itulah yang belum bisa diterangkan.

"Mungkin inilah yang disebut sebagai kemustahilan Biologis. Setidaknya, kira-kira perlu bertahun-tahun bagi para ahli arkeologi dan paleontologi untuk mengetahui secara pasti mengenai identitas makhluk misterius tersebut."
Nah, sekarang pertanyaannya adalah: Apakah kerangka yang disebut "kemustahilan biologis" tersebut benar-benar ada? Apakah penemuan itu benar-benar terjadi?

Jawabannya adalah: Tidak.

Untuk mendapatkan jawaban ini, tidak butuh analisa yang rumit. Jika kita googling mengenai kerangka Jebal Barez, maka kita akan segera mendapatkan jawabannya.

Kisah penemuan beserta foto yang ditampilkan ini sebenarnya hanyalah bagian dari sebuah viral marketing yang dikerjakan oleh Glenn Sanders dari perusahaan Tequila yang bekerjasama dengan Viral Factory.

Kalian yang menggemari Playstation pasti akan menyukai ini. Soalnya, kisah ini dbuat untuk mempromosikan game "Shadow of the Colossus" dari PS2. Glenn Sanders memang disewa oleh Sony untuk mengerjakan kampanye Viral Marketing ini. 
 
 Game ini menceritakan mengenai seorang pemuda yang bernama Wander yang melakukan perjalanan panjang dengan kudanya untuk menyelamatkan seorang gadis. Untuk mencapai tujuannya itu, ia harus berhasil mengalahkan 16 raksasa yang disebut Colossi.

Aspek yang cukup menarik dari kisah ini adalah bagaimana sebuah proses marketing dilakukan dengan jenius (atau serius). Perlu diketahui kalau untuk mempromosikan game ini, Glenn tidak hanya menciptakan kisah penemuan kerangka Jebal Barez, ia juga menciptakan banyak kisah lainnya. Saya akan memberikan beberapa saja sebagai contohnya.

Mari kita lihat bagaimana proses viral marketing ini dilakukan sehingga membawa kesuksesan besar bagi Shadow of the Colossus.

Pertama, Glenn menciptakan seorang tokoh bernama Eric Belson yang meluncurkan sebuah blog yang beralamat di giantology.typepad.com. Di blog itu, ia memberikan banyak data mengenai penemuan kerangka-kerangka raksasa di seluruh dunia. Belson mengklaim dirinya sebagai seorang giantology(istilah yang dia ciptakan untuk menyebut bidang keilmuannya).

Pada tanggal 1 Oktober 2005, Belson mengumumkan kalau ia telah membeli domain giantology.net. Di domain barunya itu, ia memposting mengenai kerangka Jebal Barez pada tanggal 5 Oktober 2005.

Pada bulan itu juga game Shadow of the Colossus diluncurkan di Jepang dan Amerika Utara.

Disinilah muncul tokoh Casper Shilling, seorang arkeolog Belanda yang disebut Belson menemukan kerangka di Jebal Barez. Tentu saja, Shilling juga seorang tokoh fiktif. Shilling menceritakan kisah penemuan kerangka tersebut di websitenya www.paleoshilling.nl.

Sama seperti website lain yang khusus diciptakan untuk viral marketing, setelah Shadow of the Colossus diluncurkan beberapa lama, baik website milik Belson maupun Shilling menghilang begitu saja dari dunia maya. Namun, karena kisahnya di copy paste ke berbagai blog, sekarang kita masih bisa mendapatkan foto-foto yang diposting oleh Shilling.

Mengenai raksasa Jebal Barez, kepala kerangka makhluk itu terlihat seperti sketsa di bawah ini:
Bandingkan dengan Colossi ketigabelas bernama Phalanx yang ada di game Shadow of the Colossus. Lihat kepalanya.


 3. Soup Janin di China

BBC NEWS menampilkan berita tentang Soup Janin atau Healty Soup yang sedang tayang di Televisi Inggeris pada tahun 2003 dalam Kolom Entertainment. Meski sudah banyak yang tahu kebohongan berita ini, tapi saya masih menerima broadcast BBM dari segelintir golongan yang tidak tahu dengan menyebar gambar gambar Soup Janin melalui BlackBerry Messenger. Benarkah begitu?
 
 Salah satu contoh foto Soup Janin yang saya maksud, kalian bisa melihat lebih banyak foto disini, dan membaca berita menggebu yang menyesatkan disini, disini, dalam sebuah forum dan juga hasil telaah jurnalis senior disini .

Berita yang menggemparkan ini dimuat harian semi resmi The Seoul Times, lihat gambar berikut.
 Tidak hanya umat Muslim, sebuah Forum Kristen juga sempat mempercayainya, namun trit ini akhirnya dihapus setelah mendapat bantahan dari pembacanya. Yang paling parah terjadi di Skotlandia, FBI dan Scotland Yard (Pusat Pelayanan Polisi Metropolitan) ikut ikutan terprovokasi sehingga mereka melakukan penyelidikan lebih dalam pada tahun 2001. Bahkan The Guardian juga sempat memuatnya pada tahun 2002.
 Lalu apakah berita ini benar? tentu saja tidak! coba baca tulisan paling akhir dari BBC berikut ini. (Buka di tab baru).
 Berita dari BBC pada tanggal 03 Januari 2003 diatas menyebut nama seorang artis kontemporer China bernama Zhu Yu. Dan jelas bahwa foto foto yang beredar hanyalah hasil karya seni Zhu Yu yang di pamerkan pada Third Shanghai Biennale di Shanghai China pada tahun 2000 yang bertema "Fuck Off Exhibition". Karya kontroversi milik Zhu Yu berjudul "Eating People".
 Zhu Yu lulusan Sekolah Tinggi Akademi Afiliasi Pusat Seni di Chengdu tahun 1991. Ia lahir dikota yang sama pada tahun 1970. Setelah sukses dengan Ëating People, tahun tahun berikutnya banyak seniman membuat kreasi foto foto dramatis yang seakan akan membenarkan adanya Soup Janin. 
Sebenarnya ada seniman lain yang menampilkan karya menjijikkan berjudul Human Oil di tahun yang sama, tapi sepertinya media kurang tertarik untuk menyebarkannya.


4. Penemuan Tengkorak Alien di Vatikan

 
Berbicara mengenai hal-hal berbau extra terrestrial selalu tidak lepas dari perdebatan. Salah satu kasus yang menjadi fenomenal di kalangan pecinta ET adalah kasus tengkorak Alien di Vatikan.
 
 Sayangnya saya tidak menemukan sumber yang jelas tentang kapan berita ini mulai diangkat ke publik. Atau, mungkin saja saya yang kurang teliti dalam mencari sumber. Tapi, salah satu sumber yang saya dapatkan, menyebutkan bahwa foto itu diperkirakan diangkat ke publik sebelum Januari 2001.

Hal yang harus diketahui ialah, bahwa foto tersebut diatas, tidak hanya bisa Anda temui dengan judul Alien Vatikan (Alien found in Vatican), tapi juga bisa Anda temui dengan judul Alien Vietnam, Alien found by USA soldier in Vietnam, dan beberapa judul lainnya yang berkaitan dengan Vatikan dan Vietnam.

Hal yang harus diketahui ialah, jika ada dua judul artikel yang berbeda tempat tapi sama-sama mempunyai kesamaan, maka Anda patut mencurigai keabsahan berita tersebut. Berikut adalah penjelasan dari salah satu web yang saya temui perihal penampakkan foto tersebut dari web ufologie :

"Pada tahun 2001, seorang pembaca blog saya dari Perancis dikirimi foto penjelasan mengenai perihal kasus foto Alien Vietnam (fotonya sama dengan foto Alien di Vatikan). Saya memiliki foto asli yang ternyata adalah tengkorak asli manusia. Namun, kebohongan mengenai foto tersebut ternyata tidak diakui oleh sang penulis (pembuat berita mengenai foto Alien Vietnam atau foto Alien Vatikan tersebut). Sekaipun begitu, foto ini adalah palsu, namun tidak ada pengakuan dari penulis aslinya."

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan foto aslinya, akan saya sertakan lagi foto kepala Alien Vatikan (Vietnam) dan foto "asli" dari gambar tersebut. 
 
 


5. MAYAT MANUSIA KUPU2 DARI INGGRIS [PERI]

 
Foto diatas pertama kali beredar di internet pada tahun 2007. Seorang pria inggris mengaku menemukan mayat tersebut di semak-semak didaerah Derbyshire, Inggris ketika ia sedang berjalan-jalan bersama anjingnya. Penemu mayat tersebut meminta agar identitasnya tetap dirahasiakan.

Kemudian, seorang yang mengaku mengambil foto peri tersebut memposting foto tersebut ke website dan menyebut objek diatas sebagai "Manusia kupu-kupu". Segera websitenya menerima ribuan kunjungan dari mereka yang ingin menyaksikan foto tersebut.

Kemudian, mayat manusia kupu-kupu tersebut diserahkan kepada para ahli untuk diidentifikasi. dan dengan percobaan X-Ray, diketahui bahwa tulangnya serupa dengan struktur tulang seekor burung.

Belakangan, ketahuan ternyata mayat tersebut adalah hasil karya seorang seniman Inggris bernama Dan Baines. Baines membuat mayat tersebut dalam rangka lelucon April Mop dan dengan cerdik ia membuat foto yang seakan-akan menunjukkan sebuah otopsi sedang berlangsung terhadap mayat tersebut yang membuat orang menjadi semakin percaya.

Dalam sebuah statement di websitenya, Baines berkata :
"Bahkan walaupun engkau mempercayai adanya peri, seperti aku yang juga percaya, selalu ada sebuah elemen keraguan dipikiranmu bahwa mayat tersebut adalah sebuah tipuan. Namun, mukjizat yang dihasilkan dari kepercayaan adanya peri adalah sesuatu yang akan engkau ingat seumur hidupmu.

Peri yang terlihat diatas adalah palsu, namun ketertarikan dan kepercayaanku telah menyebabkan aku menciptakan sebuah karya seni yang meyakinkan. Aku juga tertarik untuk melihat apakah kepercayaan tentang peri masih hidup dalam dunia yang modern ini dan aku senang, karena ternyata kepercayaan itu masih hidup. Aku menerima respon melebihi yang kubayangkan."


Foto-foto peri tersebut kemudian mulai beredar luas di internet, dan herannya, kalimat Baines yang mengakui perbuatannya tidak diikutsertakan. Mungkin hal ini disebabkan oleh keinginan sebgaian manusia untuk tetap percaya.

Pada 8 April 2007, Tubuh "Manusia kupu-kupu" terjual di Ebay dengan harga 280 Poundsterling dan sekarang menjadi koleksi pribadi di Amerika Serikat.
sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7678078  

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)