Sejarah Facebook, dari Asrama Mahasiswa Harvard Hingga ke Wall Sreet

Posted by Unknown 2 Februari 2012 0 comments



Tanggal-tanggal penting dalam sejarah Facebook, yang mengajukan penawaran umum saham perdana pada Rabu (1/2), berusaha untuk menghimpun sedikitnya lima miliar dolar AS.
2004
-Januari: Mark Zuckerberg, berusia 19 tahun jagoan komputer di Universitas Harvard, dari kamar asramanya mulai mengembangkan jejaring online yang awalnya bertujuan untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard.
-Februari: Thefacebook.com, seperti yang kemudian disebut, diluncurkan oleh Zuckerberg dan tiga teman sekamarnya serta teman sekelas di Harvard: Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.
-Mei: Zuckerberg pindah ke Silicon Valley dan memutuskan untuk tidak kembali ke Harvard untuk semester musim gugur.
-Juli: Facebook menerima investasi pertama: 500 ribu dolar AS dari salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel.
-September: Facebook menambahkan ”The Wall’ untuk profil pengguna.
2005
-April: Facebook mendapat pendanaan besar putaran kedua sebesar 12,7 juta dolar AS dari Accel Partners.
-Agustus: Thefacebook.com resmi mengubah namanya menjadi Facebook.
2006
-Februari: Viacom menawarkan untuk membeli Facebook senilai 1,5 miliar dolar AS, tetapi ditolak. Yahoo! juga membuat tawaran yang tidak berhasil satu miliar dolar AS.
-September: Facebook menambahkan ‘News Feed’ dan terbuka untuk siapapun selama berusia 13 tahun.
2007
-September: Facebook meluncurkan dana 10 juta dolar AS, menyediakan uang untuk perusahaan atau individu yang ingin membangun aplikasi.
-Oktober: Microsoft mengambil saham senilai 240 juta dolar AS di Facebook pada sebuah kesepakatan yang menilai jejaringan sosial pada 15 miliar dolar AS. Facebook memiliki 50 juta anggota.
-Desember: Zuckerberg meminta maaf atas ”kesalahan’ dalam peluncuran platform iklan baru yang disebut Beacon yang melacak pembelian yang dibuat oleh anggota Facebook dan membiarkan teman-teman mereka tahu apa yang telah mereka beli.
2008
-Februari: Sebuah penyelesaian 65 juta dolar AS dicapai dengan kembar Tyler dan Cameron Winklevoss atas tuduhan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka untuk Facebook semasa di Harvard. Facebook meluncurkan sebuah situs Spanyol.
-Maret: Sheryl Sandberg, seorang eksekutif utama Google, dipekerjakan sebagai chief operating officer Facebook. Situs Facebook Prancis dan Jerman diluncurkan.
-April: Facebook menurunkan tahta MySpace menjadi situs jejaring sosial yang paling populer di dunia.
-Agustus: keanggotaan Facebook capai 100 juta.
-September: Zuckerberg dinobatkan sebagai salah satu dari 400 orang Amerika terkaya oleh Majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan sebesar 1,5 miliar dolar AS.
-Oktober: Facebook membuka kantor pusat internasionalnya di Dublin, Irlandia.
2009
-Maret: Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk situs.
-April: Keanggotaan Facebook mencapai 200 juta.
-Mei: perusahaan internet Rusia Digital Sky Technologies menginvestasikan 200 juta dolar AS di Facebook dalam kesepakatan bahwa nilai perusahaan pada 10 miliar dolar AS.
-September: Keanggotaan mencapai 300 juta. Zuckerberg mengatakan jejaringan sosialnya telah menjadi “arus kas positif,” yang berarti penghasilannya telah mencukupi untuk menutupi biaya operasional.
-Desember: The Electronic Privacy Information Center, Center for Digital Democracy dan lain-lain meminta Komisi Perdagangan Federal AS untuk melihat kebijakan privasi dalam Facebook, mengklaim telah tertipu pengguna atas perlindungan data pribadi mereka ketika pihaknya mengubah pengaturan privasi.
2010
-Februari: keanggotaan Facebook mencapai 400 juta.
-Mei: Pakistan menutup akses ke Facebook setelah sebuah perlombaan mendorong pengguna untuk mengirim karikatur Nabi Muhammad di situs.
-Juli: Keanggotaan mencapai 500 juta. Lady Gaga menjadi orang pertama dengan 10 juta penggemar di Facebook, melampaui batas beberapa hari ke depan Presiden AS Barack Obama.
-Agustus: Facebook meluncurkan Facebook Places, yang memungkinkan anggota menggunakan perangkat ponsel untuk berbagi keberadaan mereka.
-Oktober: ‘The Social Network,’ film yang sutradarai David Fincher tentang asal dari Facebook, sukses di bioskop-bioskop. Film yang ditulis oleh Aaron Sorkin dan dibintangi Jesse Eisenberg dan bintang pop Justin Timberlake ini mencapai box office. Dinominasikan untuk delapan Oscar, dan meraih tiga: untuk ‘the best adapted screenplay, original score dan film editing’.
-November: Alamat email Facebook.com diluncurkan.
-Desember: majalah Time memberi Zuckerberg gelar ‘Person of the Year’ untuk “mengubah cara kita menjalani hidup kita setiap hari.”
2011
-Januari: Sebuah penawaran saham privat menghasilkan 1,5 miliar dolar AS dari investor dan nilai Facebook pada 50 miliar dolar AS.
-Februari: Facebook mengumumkan rencana untuk pindah dari Palo Alto ke sebuah kampus luas yang pernah menjadi basis untuk Sun Microsystems di dekat Menlo Park.
-April: Facebook mulai menawarkan sebuah program serupa transaksi harian untuk tawar-menawar online yang dipopulerkan oleh Groupon tetapi menutup program tersebut pada Agustus. Obama mengunjungi markas Facebook di Palo Alto, menerima pertanyaan dari Zuckerberg, karyawan dan seorang audience online.
-September: Halaman timeline diperkenalkan yang memungkinkan pengguna Facebook merubah profil mereka ke dalam buku memo digital interaktif yang menceritakan kisah kehidupan mereka.
-November: Facebook setuju untuk memperketat kebijakan privasi dan menyerahkan kepada audit eksternal dalam penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal AS.
2012
-Januari: Facebook mengajukan untuk penawaran umum saham perdana (IPO) yang ingin menghimpun sedikitnya lima miliar dolar AS.
(Sumber: Republika.co.id)

 
http://blog.indojunkers.com/2012/02/sejarah-facebook-dari-asrama-mahasiswa-harvard-hingga-ke-wall-sreet/
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)