A untuk Abidal, Z untuk Zidane

Posted by Anak Muda 22 April 2012 0 comments



 
FOTO:Getty Images/Shaun Botterill
Barcelona - Barcelona dan Real Madrid akan berjumpa lagi di el clasico, Minggu (22/4/2012) dinihari WIB. Berikut serba-serbi dan istilah-istilah yang sempat menghiasi rivalitas dua klub terbesar di Spanyol ini.

A - Abidal
Eric Abidal, bek kiri Barcelona. Saat ini Abidal tengah memulihkan diri usai menjalani transplantasi hati. Meski Abidal adalah pemain Barca, kubu Madrid menunjukkan simpatinya dengan memakai kaus yang bertuliskan dukungan untuk pemain asal Prancis itu.

B - Blaugrana
Julukan Barca dalam bahasa Catalan, yang berarti biru dan marun.

C - 'Canguelo'
Istilah "Canguelo" dipopulerkan oleh media-media olahraga yang berbasis di Madrid. Secara harfiah, Canguelo berarti "mayat yang ketakutan".

Istilah ini untuk menggambarkan kondisi Barca beberapa tahun silam yang ketakutan akan disalip Madrid dalam perebutan gelar juara. Lima tahun silam, Madrid di bawah asuhan Fabio Capello pernah melewati Barca yang dilatih Frank Rijkaard di hari terakhir.

Sekarang, dengan Madrid yang tengah memimpin, gantian media-media di Barcelona yang memakai istilah Canguelo. Apalagi, Barca berhasil memangkas jarak 10 poin menjadi empat poin saja.

D - Doping
Tahun lalu, Radio Cadena COPE melemparkan isu yang menghebohkan soal penggunaan doping di skuad Barcelona. Dalam pemberitaannya, mereka mengklaim kalau Real Madrid sudah mendesak otoritas Liga Spanyol untuk melakukan tes doping dengan lebih serius pada anak didik Josep Guardiola.

Mengatasnamakan seorang dokter tim Madrid, yang tidak disebut namanya, COPE juga menyebut kalau tes doping yang dilakukan saat ini "cuma sekadar gurauan". Lebih lanjut COPE sekaligus meragukan reputasi dokter yang sudah ditunjuk untuk melakukan tes doping.

Tuduhan ini tak terbukti dan kubu Barca kemudian mengajukan tuntutan hukum kepada COPE melalui pengadilan sipil di Barcelona. Blaugrana juga meminta ganti rugi yang jumlahnya mencapai 6.190.090 euro (sekitar Rp 75,57 miliar).

E - Eto'o
Mantan penyerang Madrid dan Barca, Samuel Eto'o. Eto'o bergabung dengan Madrid pada tahun 1996, namun gagal bersinar dan dipinjamkan ke beberapa klub seperti Leganes, Espanyol, dan juga Real Mallorca.

Dari Mallorca, Eto'o menyeberang ke Barca dan kemudian sukses besar. Dalam rentang waktu 2004-2009, dia mencetak segudang prestasi dengan meraih tiga gelar La Liga, masing-masing dua gelar Liga Champions dan Supercopa de Espana, serta satu gelar Copa del Rey.

F - Figo
Luis Figo membuat fans Barca marah besar saat dia memutuskan pindah ke Madrid pada tahun 2000. Sebagai bentuk kejengkelan, fans Barca melempar Figo dengan kepala babi saat dia kembali ke Camp Nou.

G - Giovanni
Penyerang Barca asal Brasil ini jadi sorotan lewat selebrasi kontroversialnya setelah jadi penentu kemenangan Los Cules atas Madrid di Santiago Bernabeu dengan skor 3-2 pada tahun 1997. Di musim itu, Barca jadi juara, sedangkan Madrid cuma di posisi keempat.

H - Head-to-head
Dalam 218 pertemuan sebelumnya sejak 1902, Barca dan Madrid sama-sama menang 86 kali dalam perjumpaan mereka di pertandingan resmi -- 46 lainnya berakhir seri.

I - Iker
Kiper sekaligus kapten Madrid, Iker Casillas.

J - Juande
Setelah memecat Bernd Schuster pada penghujung tahun 2008, Madrid kemudian menunjuk Juande Ramos sebagai pelatih. Namun, Ramos cuma bertahan sampai akhir musim itu. Di musim itu juga, anak buah Ramos dihajar Barca 2-6 di Bernabeu.

K - Kaka
Salah satu pemain termahal dunia yang dimiliki Madrid selain Cristiano Ronaldo. Musim ini, penampilan Kaka jauh membaik dan dia mulai dipercaya oleh Jose Mourinho.

L - Luis Enrique
Selain Eto'o, Enrique adalah pemain yang pernah berkostum Madrid dan Barca. Dia kini tengah merintis karier kepelatihannya dengan menangani AS Roma.

M - Manita
Kemenangan 5-0 Barca atas Madrid di Camp Nou musim lalu dirayakan para pemain tuan rumah dan fansnya dengan melambaikan sebelah tangan ke udara, dengan jari jemari dibuka lebar. Kelima jari itu melambangkan kemenangan tersebut dan disebut "La Manita", atau "Tangan Mungil".

N - Nunez
Josep Lluis Nunez, presiden Barca pada periode 1978-2000. Di bawah kepemimpinannya, Barca membangun akademi La Masia setelah mendapat rekomendasi dari Johan Cruyff. Selama jadi presiden, Nunez membawa Barca ke gerbang kesuksesan dengan torehan 27 trofi.

O - Oleguer
Bek Barcelona pada periode 2003–2008. Sempat bermain tiga musim di Belanda bersama Ajax Amsterdam.

P - Parera
Mauel Parera Penalla, pencetak gol pertama Barcelona di el clasico pada tahun 1929. Namun, Madrid yang jadi pemenang dengan skor 2-1 berkat dua gol Rafael Morera.

Q - Que
Mourinho pernah mendapat ejekan dari fans Barca dengan kata-kata 'Por que?', atau 'Mengapa?'. Hal ini merujuk pada ucapan Mourinho yang menuding wasit menguntungkan Barca.

Setelah timnya disingkirkan Barca di semifinal Liga Champions musim lalu, Mourinho berkata "Saya tak bisa bilang apa yang saya rasakan. Saya cuma menyisakan satu pertanyaan. Mengapa? Ovrebo, Busacca, Frisk, Stark, De Bleeckere. Mengapa dengan orang-orang ini?"

R - Raul
Penyerang legendaris Madrid yang kini telah pindah ke Schalke 04. Raul mencetak 15 gol di el clasico.

S - Stoichkov
Hristo Stoichkov cuma bikin satu gol di el clasico selama lima tahun berbaju Barca. Namun, golnya pada menit ke-87 itu menghasilkan kemenangan untuk timnya di Camp Nou, September 1992.

T - Tito
Tito Vilanova, asisten pelatih Barca. Namanya mendadak populer setelah Mourinho mencolok matanya seusai gelaran Piala Super Spanyol pada Agustus tahun lalu.

U - Unicef
Gara-gara Barca memasang logo Unicef di kaus mereka, Mourinho sempat menuduh klub Catalan itu mendapatkan sejumlah perlakuan istimewa dari otoritas sepakbola.

V - Villarato
Teori konspirasi mengenai keputusan wasit yang bias dan menguntungkan kedua kesebelasan kerap membayangi duel Madrid kontra Barca.

Pada era diktator Francisco Franco, tuduhan keberpihakan wasit dialamatkan kepada Madrid. Tetapi belakangan hal itu justru dilontarkan ke arah Barca.

Dukungan Barca terhadap Angel Maria Villar tatkala mencalonkan diri lagi sebagai presiden federasi sepakbola Spanyol (RFEF), sedangkan Madrid mendukung kandidat yang jadi rival, membuat istilah "Villarato" menjadi populer. Istilah itu sendiri kini digunakan oleh fans Madrid setiap kali menilai Barca mendapatkan perlakuan istimewa dari liga.

Entrenador Madrid Jose Mourinho juga ikut memanaskan perdebatan ini saat ia atau timnya mendapatkan kartu merah atau hukuman.

W - Waka-waka
Shakira memang fans Madrid dan lagu miliknya, Waka-waka, sering diperdengarkan di Bernabeu sebelum Madrid bertanding. Namun, sejak penyanyi asal Kolombia ini menjalin asmara dengan Gerard Pique, Waka-waka menghilang dari Bernabeu.

X - Xavi dan Xabi
Xavi Hernandez dan Xabi Alonso, jenderal lini tengah di Barca dan Madrid.

Y - Yogurines
Istilah Spanyol yang berarti "anak-anak. Para pemain muda Barca seperti Thiago, Isaac Cuenca, dan Cristian Tello berpotensi jadi bintang el clasico pada tahun-tahun mendatang.

Z - Zidane
Selama lima musim memperkuat Madrid, Zinedine Zidane mencetak tiga gol di el clasico. Jadi pemain terbaik dunia tiga kali dan salah satunya saat berseragam Madrid.

JANGAN LUPA DI KOMENTAR ARTIKELNYA YA !!!

nb : Jika Kotak Komentar Tidak Muncul, Di Refresh Aja Ya Sobat Muda (tekan F5)

~Sumber~
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4503) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4579) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1252) Film (474) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3453) Games (167) Hot Celebs (353) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (943) Kriminal (423) Lucu (1043) Misterius (1059) Musik (486) Ngegosip Nih (1229) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1486) TV Online (2) Unik (630) Video (1455) Wisata (349) Zodiak (31)