Waspadai Konsumsi Mi Instan Secara Berlebihan

Posted by Anak Muda 27 Mei 2012 0 comments

Siapa sih yang belum pernah makan mi instan?, di Indonesia sendiri mi instan seperti sudah menjadi makanan favorit yang wajib ada disetiap rumah. Ada banyak merk dagangan yang menyediakan berbagai macam rasa mi intan, hal ini membuat mi intan sangat mudah didapat. Selain mudah ditemukan, mi instan juga mudah dibuat, mudah disajikan, dan tersedia dalam banyak pilihan.
Pada umumnya, penyajian mi instan adalah dengan merebus mi terlebih dahulu. Nah, Banyak yang bilang rebusan pertama mi instan itu berbahaya bagi kesehatan, apa benar?. Banyak pendapat memberi alasan karena rebusan keruh pertama dari mi instan banyak mengandung zat kimia yang larut dan berbahaya. Hal itu membuat banyak orang memilih untuk membuang air rebusan tersebut.
Menurut dr.Patricia Wijaya, dokter ahli kecantikan dari Beauty Inc, “Namun yang paling berbahaya adalah adanya kandungan bahan pengawet, MSG (monosodium glutamat), dan bahan pewarna makanan yang ada di dalam mi instan.”
Menurut Patricia meski air rebusan mi instan dibuang, bahan pengawet dan bahan kimia yang ada tidak akan hilang semua. Warna air rebusan berubah jadi keruh itu diakibatkan dari sisa penggorengan mi instan saat diolah dipabrik. Penggorengan di pabrik dilakukan sampai mi instan kering agar bisa awet. Maka ketika mi direbus, mi instan akan mengeluarkan sisa minyak penggorengan dan membuat air rebusan jadi keruh dan berminyak.
“Banyak orang yang mengatakan bahwa air rebusan pertama ini harus dibuang agar pengawetnya hilang. Namun sebenarnya zat pengawet ini tidak akan hilang,” jelas dr Patricia.
Perebusan pertama mi instan akan mengeluarkan minyak serta zat kimia yang digunakan saat pembuatan. Namun bahan pengawet, MSG, dan bahan pewarna makanan yang ada di dalam mi instan tidak akan hilang 100%. Kandungan minyak, bahan pengawet, MSG, dan zat pewarna masih akan tetap menempel pada mi instan meski kadarnya sudah berkurang beberapa persen.Hal itulah yang menyebabkan warna air pada rebusan mi instan akan tetap keruh meski telah direbus beberapa kali sebelumnya.
Tapi jangan takut dulu, penggunaan bahan pengawet tak selamanya membahayakan loh. Setiap produsen mi instan di wajibkan untuk mengikuti standar aman yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tapi, tetap saja yang namanya bahan kimia selalu mempunyai resiko yang tak baik buat kesehatan bila digunakan berlebihan.
“Biasanya efek yang dihasilkan dari mi instan berupa efek jangka panjang misalnya gangguan pencernaa, konstipasi, sampai kanker pencernaan, dan lainnya” jelas patricia.
Menurut patricia lagi, mi instan bukan hanya tidak baik buat kesehatan mengkonsumsinya secara berlebihanpun juga tidak baik buat kecantikan. Misalnya penuaan dini, kulit kering dan diet terganggu karena kadar kalori yang tinggi pada mi instan.
Dari penjelasan dapat dipastikan tidak baik mengkonsumsi mi instan secara berlebihan. Bagi Kamu yang hobi mengkonsumsi makanan instan yang satu ini, coba perlahan di berhentikan ya dan jangan pernah menjadikan mi instan menjadi makanan pokok pengganti nasi atau lauk pauk.

~Sumber~
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4506) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3458) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1488) TV Online (2) Unik (635) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)