Indonesia Creative Power,Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012

Posted by Anak Muda 21 November 2012 0 comments

Indonesia Kreatif adalah program Kementerian Perdagangan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Program ini diluncurkan sebagai implementasi dari cetak biru pengembangan ekonomi kreatif Indonesia yang diluncurkan Presiden pada tahun 2008.

Pengelola program ini terdiri dari para volunteer yang telah terlibat dalam inisiasi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia sejak tahun 2006 seperti pemetaan kontribusi industri kreatif, cetak biru pengembangan ekonomi kreatif, inpres 6 th.2009 tentang pengembangan ekonomi kreatif, tahun indonesia kreatif, dan lain-lain.
Secara formal Indonesia Kreatif diresmikan pada 23 Juni 2010 oleh Ibu Mari Elka Pangestu bersamaan dengan peluncuran Portal Ekonomi Kreatif www.indonesiakreatif.net. Sejalan dengan peran yang telah dipilih Kementerian Perdagangan, Indonesia Kreatif mengambil posisi sebagai hub agency, fasilitator, penjangkau publik (public outreach) dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Indonesia Kreatif memiliki 3 program utama yakni Creativepreneur, Creative City dan Creative Network (3C).  Creativepreneur merupakan program penciptaan dan peningkatan kapasitas entrepreneur industri kreatif, Creative City adalah program penciptaan dan pengembangan kota kreatif, sedangkan Creative Network adalah program penciptaan dan pengembangan jejaring antara tokoh kreatif, pelaku bisnis kreatif, komunitas, pemerintah, akademisi, investor sebagai motor penggerak ekonomi kreatif baik dalam maupun di luar negeri.
Selain tiga program utama tersebut, Indonesia Kreatif memiliki beberapa program pendukung antara lain: penelitian ekonomi kreatif, dukungan terhadap PPKI, sosialisasi pengembangan ekonomi kreatif, portal ekonomi kreatif dan penyusunan direktori kreatif.

PRESS RELEASE
Indonesia dikenal dengan kekayaan alam yang berlimpah dan kekayaan budaya yang beragam. Namun lebih dari itu, kita juga memiliki talenta-talenta kreatif yang unggul dan hal ini sesungguhnya merupakan aset utama bagi bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu, ini adalah saatnya kita mengangkat talenta-talenta ini, sebagai penggerak terdepan pembangunan di Indonesia. Pemerintah akan merangkul sebanyak-banyaknya talenta kreatif di Indonesia dan bersama-sama merayakan kreativitas anak bangsa tersebut sehingga akan muncul kebanggaan dan rasa cinta terhadap Indonesia dan terdorong untuk selalu berkarya dan memberikan karya kreatif yang terbaik.
Pekan Produk Kreatif Indonesia merupakan momentum yang tepat untuk menarik talenta kreatif dan kreativitas Indonesia. Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) adalah kegiatan tahunan yang telah dimulai sejak tahun 2007 dan melibatkan 17 instansi secara lintas sektor yaitu Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informasi Teknologi, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia,  Kementerian Keuangan,  Kementerian dalam Negeri,  kementerian Luar Negeri, Kementerian Negara BUMN, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) secara resmi telah terbentuk pada tanggal 21 Desember 2011 berdasarkan perpres No. 92 Tahun 2011. Tugas utama dari Kementerian ini adalah mengkoordinasikan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, sehingga Kemenparekraf pun memiliki tanggungjawab untuk mengkoordinasikan pelaksanaan PPKI ke-6 ini. Pemerintah telah sepakat bahwa PPKI tahun ke-6 ini harus lebih menarik dan menyenangkan, serta sesuai dengan target khalayak utama PPKI 2012 yaitu generasi muda. Target khalayak PPKI dibagi menjadi 2 kategori yaitu: Anak muda urban Indonesia usia 15-25 tahun; & orang kreatif dengan prestasi yang hebat. Oleh karena itu, Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) ke-6 ini mengangkat tema Indonesia Creative Power: “YANG MUDA YANG BERKREASI”.  Acara yang tepatnya akan digelar di Epiwalk-Epicentrum,  Jakarta ini akan dilangsungkan selama lima hari, yaitu pada tanggal 21 – 25 November 2012.
Visi dari PPKI adalah menjadi “daya magnetik yang dapat menarik talenta kreatif dari seluruh dunia untuk merayakan dan memicu lahirnya ide – ide kreatif (creative minds) tanpa mengenal batas negara.  Dan visi ini akan mulai diwujudkan sejak tahun 2012 ini, di PPKI ke-6. Tujuan yang ingin dicapai dalam PPKI 2012 ini adalah:
  1. Menguatnya Gelombang Kreatif (Creative Wave) di Indonesia, yang dapat ditunjukkan dari meningkatnya pemahaman serta keterlibatan aktif dari masyarakat dan pelaku kreatif  Indonesia untuk mengembangkan diri serta kreativitas mereka dalam meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia.
  2. Meluasnya Jejaring Kreatif (Creative Network) Pelaku kreatif Indonesia di dalam maupun di luar negeri, yang ditunjukkan dari meningkatnya: kolaborasi, intensitas pertukaran ilmu dan pengetahuan, dan terbentuknya kerjasama bisnis secara global.
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas talenta dan wirausaha kreatif, yang dapat ditunjukkan melalui semakin banyaknya karya kreatif yang berkualitas dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan dunia.
Sedangkan target yang ingin dicapai dalam kegiatan akbar PPKI ini adalah 75.000 pengunjung, 73 aktivitas utama, 900 peserta dan komunitas, 292 booth, dan 10 juta pemirsa media elektronik dan digital. Aktivitas utama yang akan digelar pada acara PPKI 2012 dibagi menjadi: 34 aktivitas konvensi; 10 aktivitas pertunjukan;  23 aktivitas pameran dan permainan, serta 5 aktivitas kuliner.
Dalam acara konvensi,ditargetkan akan mendatangkan pengisi acara dan pembicara  dari 8 negara, yaitu: Jepang, Korea, Inggris, Singapura, Malaysia, dan Thailand.  Konvensi kali ini akan didiskusikan pengembangan ekonomi kreatif mulai dari aspek kebijakan strategis, aspek bisnis dan teknis yang lebih mendalam mengenai subsektor industri kreatif, serta upaya untuk melakukan business matching . Dalam business matching, dilakukan upaya yang tidak terbatas pada business matching antar pengusaha lokal, tetapi juga antara pengusaha lokal dengan pengusaha internasional. khususnya terkait dengan pengembangan konten lokal maupun kerjasama dalam mengembangkan konten global. Pada kunker Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 19-26 September waktu lalu ke Jepang dan Korea, telah diupayakan untuk mengundang pengusaha-pengusaha besar Jepang  seperti: Sony Music Entertainment Jepang, TMS, Namco Bandai, Capcom, Sega, Nikkatsu, dan Konami serta pengusaha-pengusaha dari Korea, seperti: CJ Media & Entertainment, KBS, Wonder World Korea, dan Leading Investment untuk dapat berpartisipasi dalam PPKI 2012 yang akan difasilitasi dalam temu bisnis dengan pengusaha lokal. Selain itu, dalam acara konvensi ini, akan diberikan kesempatan melakukan sesi diskusi khusus dengan para pembicara utama seminar internasional kepada orang-orang terpilih yang memiliki gairah, pengetahuan, pengalaman, dan keinginan untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia. Hingga saat ini ada tiga partisipan internasional yang memberikan konfirmasi untuk hadir dalam acara seminar internasional, yaitu: John Howkins (World Renowned Advisor for Creative Economy), Ministry of Economy, Trade, & Industry Jepang, dan Kobun Shizuno (Film Director of Detective Conan The Movie). 
Pada kegiatan pertunjukan, akan ditampilkan seni pertunjukan lokal tradisional yang telah dikemas secara kontemporer hingga seni pertunjukan pop dan juga pertunjukan khusus untuk anak. Kegiatan pertunjukan juga akan menampilkan indie band Indonesia yang juga telah memperkuat industri musik di Indonesia. Pada PPKI ini, juga akan diluncurkan program pengembangan fesyen, yang akan diawali dengan upaya untuk mempopulerkan penggunaan sarung sebagai mode fesyen mendatang. Demo penggunaan sarung sebagai dasar desain mode fesyen Indonesia akan diperagakan.
Selanjutnya, untuk PPKI 2012 kali ini kegiatan pameran akan menampilkan karya-karya ikonik dari 15 subsektor industri kreatif. Kegiatan pameran juga secara khusus mengangkat permainan lokal maupun digital yang marak sedang berkembang pesat di Indonesia. Kehadiran publisher games international yang didatangkan khusus dari Jepang seperti DeNa diharapkan mampu memfasilitasi para publisher games lokal untuk bertukar ilmu maupun menjajaki kemungkinan peluang kerjasama antara para developer lokal dengan pihak asing. Untuk studio games local Indonesia, kegiatan akan dimeriahkan oleh Agate, Altermyth, Touchten, dan Night Spade. Dan tidak kalah ketinggalan, komunitas Hong juga turut meramaikan Epiwalk sebagai salah satu komunitas permainan tradisional Indonesia. Secara keseluruhan, ada 23 aktivitas pameran dalam PPKI 2012.
Untuk kuliner, kandidat Iron Chef Jepang dihadirkan untuk meramaikan acara PPKI 2012 dalam segmen Aksi Koki Jawara yang turut melibatkan beberapa Koki-Koki ternama Indonesia. Selain itu, kehadiran insan kreatif kuliner Indonesia; Pandjalu juga turut beraksi meramaikan event kali ini disamping dengan Podjok Goyang Lidah serta pameran kuliner ikonik.
Pemerintah mengundang seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan ekonomi kreatif Indonesia untuk hadir di PPKI ke-6 di Epiwalk, Jakarta dari tanggal 21 hingga 25 November 2012. Untuk bersama-sama merayakan kreativitas Indonesia, saling berbagi ide serta kreativitas baru hingga membentuk suatu jaringan kolaborasi yang aktif dan progresif.
Ayo datang ramai-ramai, ajak semua teman-teman sahabat kreatif pada tanggal 21-25 November 2012 di Epiwalk, Kuningan Jakarta Selatan. 

~Source~
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)