Ups, Apple Ketahuan Merekayasa Perintah Pengadilan Inggris dan Berusaha Menjelek-jelekan Samsung

Posted by Anak Muda 4 November 2012 0 comments

Hakim di Inggris yang menangani kasus perseteruan paten antara Apple dan Samsung Juli lalu dibuat kecewa setelah Apple telah terbukti dengan sengaja menambahkan beberapa kalimat 'karangan' dalam 'surat pengakuan' bersalah mereka.
Walaupun Apple berhasil mengalahkan Samsung di berbagai belahan dunia, tapi tidak di Inggris. Juli lalu hakim di Inggris memutuskan bahwa tablet Samsung tidak meniru desain iPad milik Apple, setelah sebelumnya Apple menunutut Samsung atas tuduhan pelanggaran hak paten mengenai desain.
Setelah Apple kalah, Samsung pernah meminta kepada hakim agar seluruh produk Apple dilarang beredar di Inggris karena perusahaan binaan Steve Jobs itu telah menyebarkan klaim menyesatkan, tapi hakim menolak permintaan itu, karena dianggap dapat melanggar hak kebebasan berbicara Apple. Tapi hakim juga tidak melepaskan Apple begitu saja, seperti anak sd yang ketahuan berbohong, Apple diminta oleh pengadilan untuk membuat surat pendek yang berisi pernyataan bahwa Samsung tidak meniru desain mereka, dan surat itu juga harus dipajang di situs milik Apple. Mau tak mau, Apple beberapa waktu yang lalu akhirnya memajang surat 'pengakuan dosa' itu di situs mereka.
Setelah surat ini muncul, harusnya masalah perseteruan ini selesai, dan Samsung dapat merasakan sedikit aroma kemenangan yang selama ini selalu didominasi Apple. Tapi ternyata, kisah ini belum ditakdirkan untuk berakhir. Apple ketahuan telah menambal surat pengakuan mereka dengan beberapa kalimat yang dinilai oleh pengadilan Inggris, 'tidak benar'.
Dalam surat tersebut yang seharusnya berisi pengakuan sederhana bahwa Samsung tidak meniru desain produk mereka, ternyata malah dirangkai sedemikian rupa oleh Apple sehingga isinya justru malah merugikan Samsung.
Contohnya, Apple menyomot salah satu kalimat dari pengadilan di London yang mengatakan jika Galaxy tablet memang tidak melanggar hak paten desain Apple karena desainnya tidak cukup 'keren' (dibandingkan desain Apple). Apple juga menambahkan sebuah kalimat yang berkesan menghina pengadilan Inggris, dengan menyertakan keterangan bahwa "pengadilan-pengadilan di negara lain mengakui jika Samsung dengan sengaja telah meniru desain iPad."
Menurut pengadilan Inggris, isi surat itu juga mengandung informasi yang tidak benar, seperti informasi yang menyebutkan jika pengadilan di Jerman telah memutuskan bahwa Samsung melakukan kompetisi yang tidak sehat, dengan meniru desain iPad.
Isi surat yang bukannya memperbaiki citra Samsung, tapi justru malah semakin menjelek-jelekan perusahaan asal Korea Selatan ini telah membuat hakim di pengadilan Inggris kecewa.
"Saya tak habis pikir mengapa sebuah perusahaan sekelas Apple dapat melakukan hal seperti ini," ujar hakim Robin Jacob, "Ini nyata-nyata merupakan bentuk pelanggaran perintah," tambahnya.
Akibat ditemukannya pelanggaran ini, Apple diperintahkan untuk segera mengubah isi surat tersebut. Surat itu nantinya harus berisi mengenai pengakuan bahwa Samsung tidak melanggar hak paten desain mereka, tanpa embel-embel lainnya. Apple juga diharuskan untuk mencantumkan sebuah link dan pesan singkat di halaman utama situs mereka (khusus situs Apple Inggris) yang mengarahkan pengunjung situs ke halaman surat pengakuan itu berada.
Mendengar keputusan itu, Apple kemudian memohon agar diberikan waktu selama 2 minggu untuk melakukan perubahan. Permintaan ini ditolak oleh Jacob, yang mengatakan "Saya ingin melihat kepala (pemimpin) Apple membuat sebuah surat sumpah mengenai adanya kesulitan teknis untuk mencantumkan surat ini di situs mereka (dengan segera)." Jacob lalu berkata, "Ini Apple. Masa mereka tidak dapat mencantumkan sesuatu di situs mereka?"
Surat yang jadi masalah tersebut bisa kamu baca di http://www.apple.com/uk/legal-judgement (saat ini nampaknya masih dicabut). Buat yang nggak sempet baca, berikut saya tampilkan hasil cache dari Google:
~Source~
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)