Dari Kurang Respek, Kini Berbalik Dukung KlikIndonesia

Posted by Anak Muda 26 Desember 2012 0 comments
Jakarta - Dukungan atas gerakan moral untuk menghargai konten khas Indonesia yang digagas KlikIndonesia terus mengalir. Bahkan, yang semula mengaku kurang respek dengan KlikIndonesia pun kini malah berbalik memberikan dukungannya.

Dalam keterangan yang diterima  Selasa (25/12/2012), disebutkan bahwa Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Andi Budimansyah telah menyatakan dukungannya dan akan mengajak bekerja sama.

"Saya melihat program-program KlikIndonesia bagus sekali. Cocok sekali untuk memberikan semangat nasionalisme dengan cara membuat konten-konten khas Indonesia, kami PANDI mendukung sekali gerakan itu," kata Andi dalam rilis KlikIndonesia.

PANDI merupakan lembaga yang mengurusi domain dengan akhiran dot-id (.id). Hingga saat ini, sudah sekitar 80 ribu domain yang menggunakan .id. Untuk itu pula, organisasi nama domain ini mendukung KlikIndonesia yang juga telah memakai nama domain KlikIndonesia.or.id.

Andi mengaku, semula kurang respek ketika KlikIndonesia memakai nama domain dot-org (.org). Namun, akhirnya disadari bahwa mengurus .org memang jauh lebih gampang dibanding or.id. Sebab jika melalui PANDI harus ada surat-surat pendukung atau minimal pernyataan dari pengurus yang bersangkutan.

Sementara KlikIndonesia hanyalah gerakan moral bersama yang melibatkan berbagai unsur dari kalangan artis, penggiat iklan, kehumasan, industri konten internet, dan pengusaha penyedia layanan internet. Demi memenuhi imbauan beberapa pihak, termasuk dari PANDI agar memakai .or.id, akhirnya KlikIndonesia membenahi badan hukum perkumpulannya.

"Saya tahu masalahnya. Tapi PANDI akan membantu dan siap kerjasama dengan KlikIndonesia," kata Andi yang sudah melihat berkali-kali video lagu tema KlikIndonesia dan menyatakan kekagumannya.

Pada dasarnya KlikIndonesia dan PANDI sama-sama sepakat dengan gerakan nasionalisme membangun bangsa. Bila PANDI lebih menekankan pada nama domainnya harus .id, sedangkan KlikIndonesia jauh lebih luas. Tidak hanya nama domain, tapi perusahaan yang berbadan hukum Indonesia dan infrastruktur teknologinya ada di Indonesia.

Bila perusahaan memenuhi ketiga hal tersebut, maka akan mendapat bintang maksimal oleh KlikIndonesia. Selanjutnya berdasarkan trafik masing-masing. Mulai tahun depan pemeringkatan akan dilakukan. Bukan tidak mungkin Klik akan menjadi domain sendiri yang menguntungkan bagi masyarakat Indonesia dan PANDI.

Sementara pelaksana Indonesia ICT Award (INAICTA) Kominfo, Sellyana Ishak juga telah melakukan pertemuan dengan para penggiat dan pengurus KlikIndonesia di Jakarta. Dalam pertemuan itu, INAICTA merasa mendapatkan partner yang sejalan untuk menggerakkan konten-konten Indonesia.

Bila di KlikIndonesia lebih kepada konten berbasis internet, sedangkan urusan INAICTA lebih luas, termasuk aplikasi dan solusi yang mungkin berjalan di intranet atau di internal komputer/PC perusahaan. Namun, keduanya sama-sama menekankan karya anak bangsa.

INAICTA menggelar lomba karya ICT setiap tahun. Ini merupakan kegiatan resmi dari Kementerian Kominfo yang digagas komunitas ICT bersama tokoh-tokoh Kominfo saat itu, seperti Cahyana Ahmadjajadi, Lolly Abdullah, saat masih di bawah Menteri Kominfo Mohammad Nuh.

Saat ini sudah 1200 situs Indonesia yang mendaftarkan diri di KlikIndonesia. Di Alexa.com, posisi KlikIndonesia.org ada di 894 dari sebelumnya di angka 1000 lebih. Sedangkan di Google Analytic tren pengaksesnya terus meningkat.

Selain dari PANDI dan INAICTA, dukungan terhadap KlikIndonesia juga datang dari berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri. Projecting Indonesia di Australia juga menyatakan akan membantu KlikIndonesia untuk menyuarakan gerakan moral ini ke luar negeri.

"Kami, Projecting Indonesia, senang dan turut bangga dengan berdirinya inisiatif ini," kata Yasmi Adriansyah, dari Projecting Indonesia. ~Source~
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)