Besok Pagi, Ade Namnung Dimakamkan di TPU Kebon Nanas

Posted by Anak Muda 31 Januari 2012 0 comments

okezone.com
Ade Namnung (foto: Johan Sompotan/Okezone)
-Komedian yang meninggal pagi tadi di RS Mitra Keluarga Cibubur akan dimakamkan di TPU Kebon Nanas, Jakarta Timur, besok pagi.

Hal tersebut diungkapkan adik kandung Ade Namnung, Rizal Prasetyo, kepada wartawan di rumah duka, Jalan Rahmat R, Pondok Bambu, No 1, Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Belum ada alasan yang jelas mengenai penundaan pemakaman Ade Namnung tersebut. Pasalnya, saat tengah diwawancara, jenazah Ade tiba di rumah duka sekira pukul 14.30 WIB.

Kini keluarga tengah sibuk mempersiapkan rumah mereka untuk menyambut rekan-rekan selebriti yang dipastikan akan terus berdatangan untuk melayat Ade. Diketahui Ade Namnung meninggal dunia pada pukul 11.45 WIB pagi tadi. Dia dirawat di RS Mitra Keluarga Cibubur sejak 15 Januari, dia dirujuk setelah sempat dirawat di RS Mitra Keluarga Surabaya beberapa waktu lu.al

Berebut Masuk Toilet, Berakhir Kematian

Posted by Anak Muda 0 comments



MUMBAI - Seorang pria yang dianggap terlalu lama menggunakan toilet umum di Mumbai, India, harus meregang nyawa akibat ulahnya sendiri. 

Usai buang air, pria berusia 26 tahun itu tentunya tidak menyangka akan disambut oleh pukulan maut warga lain. Ternyata akibat dirinya terlalu lama di toilet, menyebabkan warga yang hendak menggunakan toilet terpaksa mengantre cukup lama.

Salah seorang pria yang sudah tidak sabar ingin menggunakan toilet tersebut, sempat beradu mulut dengan sang korban. Rasa frustrasi pria itu sepertinya membuat dirinya gelap mata dan memukuli sang korban. Demikian diberitakan emirates247, Senin (30/1/2012).

Sayangnya, salah satu pukulan yang dilesakannya mendarat di salah daerah paling sensitif di otaknya. Korbn pun akhirnya terjatuh dan pingsan.

Akibat panik, pelaku pun langsung melarikan diri dari lokasi kejadian. Sementara warga sekitar membawa korban ke rumah sakit terdekat, dan pada akhirnya kehilangan nyawanya setelah sempat dirawat.

http://international.okezone.com/read/2012/01/30/214/566192/berebut-masuk-toilet-berakhir-kematian

Singa Lepas Diduga Petugas Lupa Mengunci Kandang

Posted by Anak Muda 0 comments


Singa lepas di TSJS Solo (Dok: Sindo TV/Septyantoro AN)
Singa lepas di TSJS Solo (Dok: Sindo TV/Septyantoro AN)
SOLO - Polisi dan pihak Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Jawa Tengah, masih menyelidiki kasus lepasnya seekor singa dari kandangnya siang tadi.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, Direktur TSTJ, Lilik Kristianto, Selasa (31/1/2012), mengatakan insiden singa lepas disebabkan kesalahan manusia. Pihaknya masih meminta laporan terperinci dari penjaga kandang yang bertugas siang tadi.

Petugas jaga diduga lupa mengunci pintu saat meninggalkan kandang.

Singa kemudian keluar dan menuju kandang onta yang hanya berjarak sekira 50 meter. Seekor onta bernama Oni kemudian diterkam hingga mati kehabisan darah dengan luka gigitan dan cakar di kepala dan perut.

Polisi dan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Solo yang tiba tidak lama setelah kejadian, kemudian melumpuhkan singa sumbangan Kebon Binatang Surabaya itu dengan memembakkan obat bius. Singa berusia lima tahun itu dapat ditaklukkan 1,5 jam setelah lepas.
Akibat insiden ini, TSJS sempat disterilkan dari pengunjung. Tidak ada korban dari pihak petugas dan pengunjung.
http://news.okezone.com/read/2012/01/31/340/566859/singa-lepas-diduga-petugas-lupa-mengunci-kandang

Seluruh Data Di MegaUpload Terancam Dihapus Minggu Ini

Posted by Anak Muda 0 comments


Beberapa waktu lalu, salah satu situs file sharing terbesar di dunia, MegaUpload, ditutup paksa oleh FBI. Akibatnya sudah bisa ditebak, semua file dalam situs tersebut tidak bisa lagi di akses oleh para penggunanya. Walaupun masih bisa dibuka melalui IP addressnya, namun tentu saja rasanya akan sangat berbeda jika MegaUpload dibuka dengan normal.
Setelah pemilik MegaUpload dan karyawannya di tahan, kini berhembus kabar bahwa data-data yang terdapat dalam MegaUpload akan dihapus minggu ini. Namun perlu diketahui, data di Megaupload tidaklah disimpan di server-nya, melainkan ditaruh di pihak ketiga, yaitu disebuah perusahaan bernama Carpathia Hosting and Cogent Communications Group.
Jadi selama ini, Megaupload membayar biaya rutin untuk biaya penanganan data kepada Carpathia Hosting and Cogent Communications Group. Namun karena sekarang Megaupload sudah tidak bisa diakses lagi, maka Megaupload tidak bisa membayar dan akibatnya Carpathia Hosting and Cogent Communications Group mengancam akan menghapus seluruh data yang telah tersimpan jika MegaUpload tidak membayar. Jika itu terjadi, maka seluruh data pengguna akan hilang selamanya.

 
http://www.beritateknologi.com/seluruh-data-di-megaupload-terancam-dihapus-minggu-ini/

6 Cara Terbebas dari Hutang

Posted by Anak Muda 0 comments





Jika kondisi keuangan Anda tidak sehat karena terlalu banyak berutang, maka obatnya hanyalah berhemat dalam menjalankan hidup.

Dengan mengubah gaya hidup Anda dan menganggap bahwa setiap satu rupiah itu berharga sekali, dijamin bisa menyelamatkan hidup Anda secara perlahan-lahan. Seperti dikutip dari Financial Highway, Jumat (19/1/2012), enam tips di bawah ini bisa membantu anda mengubah gaya hidup dan mulai berhemat hingga terbebas dari utang.

1. Pisahkan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan' Anda harus mampu memisahkan antara kebutuhan dan keigninan.

Pasti anda punya banyak barang-barang di rumah yang dibeli hanya karena ingin, karena sebetulnya tidak benar-benar butuh. Sebelum membeli sesuatu, pelajari dengan seksama produk tersebut. Jika anda pikir kebutuhannya mendesak, barulah anda keluarkan rupiah. Jika ternyata hanya ingin beli, anda bisa menunggu sampai terbebas dari utang terlebih dahulu.

2. Ubah kebiasaan belanja Manusia mudah tergoda untuk membeli sesuatu.

Kebiasaan buruk ini biasanya lebih banyak diderita oleh wanita, karena wanita lebih sering berbelanja barang yang tidak sesuai dengan rencana awal. Anda bisa menghindari kejadian seperti ini dengan mencatat barang yang anda butuhkan dan jangan tergoda untuk keluar melanggar catatan tersebut.

3. Berhati-hati dalam belanja bulanan Semakin minim waktu yang anda habiskan di supermarket semakin baik, karena barang belanjaan pun semakin minim.

Jangan pernah membawa anak kecil saat belanja bulanan, karena selain anak kecil suka minta barang yang aneh-aneh, waktu yang anda habiskan di supermarket juga jadi lebih lama. Ambil barang-barang yang anda butuhkan dengan cepat, tapi jangan lupa cek masa kadaluarsanya sekali lagi. Dengan sering berbelanja di tempat yang sama biasanya ada bagusnya, karena anda bisa mendapatkan potongan harga atau bonus.
4. Selalu bayar tagihan tepat waktu Selalu bayar semua tagihan, termasuk utang tepat waktu.

Karena selain menunda-nunda itu tidak baik, anda juga akan terkena tambahan bunga jika telat membayar. Jika memungkinkan, minta bank anda secara otomatis membayar tagihan melalui rekening. Berhematlah dalam pemakaian energi, seperti listrik, BBM dan gas supaya tagihannya tidak terlalu besar. Ketika ingin menarik uang dari ATM, cari mesin yang tidak memotong biaya transaksi.
5. Hentikan kebiasaan bayar minimal batas utang Kebanyakan bank mematok pembayaran utang minimum per bulan berkisar antara 2-5% dari total.

Jangan termakan umpan yang diberikan bank tersebut, karena dengan cara itu anda akan terjebak membayar utang dalam jangka waktu yang cukup panjang. Semakin lama anda berutang kepada bank, semakin banyak uang yang harus anda keluarkan. Jangan biarkan kebiasaan ini menguasai anda. Bayarlah utang semampu mungkin tanpa harus membebani pengeluaran bulanan lainnya.
6. Potong anggaran hiburan Jangan sering nongkrong dengan teman yang kerjaannya hanya berhura-hura setiap malam.

Anda harus ingat, bersenang-senang itu tidak gratis. Hindari membeli sarapan dan kopi di kantin untuk sarapan jika memang anda bisa menyiapkannya di rumah sebelum berangkat.

Lebih jauh lagi, jika anda penggemar film, anda bisa menontonnya di hari-hari kerja saat malam hari, yang biasanya lebih murah ketimbang di akhir pekan. Hidup bebas dari utang itu hanya masalah mengubah gaya hidup. Semakin cepat anda mengikuti beberapa tips di atas, semakin cepat anda bisa terbebas dari utang.

 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12801552

Genk motor bandung berkedok COD via kaskus, rampas CBR di jakarta

Posted by Anak Muda 0 comments




Quote:
JAKARTA - Sungguh malang nian nasib dua orang pemuda asal Bandung, Evan Christian (18) dan Ujay (18) telah babak belur dihakimi warga di Jalan Penyelesaian Tomang III Rt 02/04 Kavling DKI Blok 98 No 10, Meruya Utara, Kembangan Jakarta Barat. Karena nekat mencoba mencuri sebuah motor Honda CBR 250 cc milik Jop Pramono (32) warga setempat.

Kepala Polisi Sektor Kembangan Komisaris Polisi Sutoyo mengatakan, modus yang mereka gunakan yaitu dengan cara berpura-pura menjadi calon pembeli motor yang seharga Rp124 juta.

"Mereka bukannya membeli tapi malah mengancam korban untuk menyerahkan motornya," ucapnya kepada wartawan di Polsek Kembangan, Minggu (29/1/2012).

Sutoyo menjelaskan kronologis awal terjadinya pengeroyokan tersebut, awalnya pelaku sangat tertarik dengan motor korban yang dijual melalui sebuah situs online (kaskus) . "Mereka langsung berjalan dari Bandung menuju Jakarta dengan mengendarai sepeda motor Honda bernomor polisi D 4204 EF milik salah satu pelaku," tambahnya.

Setelah tiba dirumah korban, lanjut Sutoyo, para pelaku sempat melakukan transaksi kepada korban dan akhirnya mereka mengancam dan memaksa korban untuk menyerahkan motornya tersebut. "Mereka mengancam korban dengan sebilah golok dan senjata api palsu berbentuk FN," lanjutnya.

Korban yang merasa dirinya terancam, langsung melawan para dua remaja tersebut dengan tangan kosong. "Korban langsung melawan, dia (korban) mengalami luka ringan pada tangan kirinya akibat sabetan golok," ujarnya.

Warga yang melihat perkelahian antara korban dan pelaku langsung ikut membantu. Namun nahas, kedua pelaku terluka parah menjadi bulan bulanan massa.

Sementara itu salah satu pelaku, Evan yang berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung, mengaku terpaksa melakukan pencurian lantaran ingin menjadi anggota geng motor di Bandung. "Kalau mau jadi anggota saya harus mencuri motor," ucapnya kepada wartawan.

Sedangkan rekannya, Ujay, mengaku hanya sekedar membantu saja. "Saya diiming-imingi dapat imbalan Rp200 ribu kalau berhasil mencuri motor korban," ujarnya sambil memelas.

Dari kejadian tersebut polisi mengamankan beberapa barang bukti berupa senjata api mainan, sebilah golok, dan satu unit sepeda motor pelaku. "Mereka kami jerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya minimal lima tahun penjara," ucap Kanit Reskrim AKP Herjon Silaban. (sus)


versi indosiar

indosiar.com, Jakarta - (Senin, 30.01.2012) Dua anggota geng motor asal Bandung babak belur dihakimi massa setelah nekad berusaha mengambil paksa sepeda motor milik korbannya di Kembangan, Jakarta Barat Minggu siang. Ironisnya, salah satu pelaku merupakan seorang mahasiswa universitas swasta di Bandung. Modus para pelaku adalah dengan berpura-pura akan membeli sepeda motor yang diiklankan melalui situs Kaskus.

Ujay, pemuda warga Bandung, Jawa Barat ini tergeletak babak belur usai diamuk warga Jalan Penyelesaian Tomang Tiga Kembangan, Jakarta Barat Minggu siang. Pelaku yang bersama temannya bernama Evan Kristian, warga Taman Holis Indah, Bandung, Jawa Barat yang juga merupakan seorang mahasiswa universitas swasta di Bandung ini, merupakan anggota geng motor di Bandung, yang tertangkap basah warga saat berusaha mengambil paksa sepeda motor korban jenis CBR 250 CC warna hitam.

Peristiwa ini bermula saat kedua pelaku mendatangi rumah korbannya Jok Pramono, dengan berpura-pura akan membeli sepeda motor milik korban, yang diketahui pelaku melalui iklan di situs Kaskus. Setelah berpura-pura menegosiasi harga, tiba-tiba saja kedua pelaku menodongkan sebilah golok dan senjata api mainan air soft gun memaksa korban menyerahkan sepeda motornya. Namun korban melawan hingga akhirnya tangan korban terkena sabetan golok pelaku. Warga yang mendengar teriakan minta tolong istri korban, langsung mengepung kedua pelaku dan menghajarnya beramai-ramai hingga babak belur.

Sementara itu salah satu pelaku mengaku jika aksi kejahatannya itu lantaran disuruh oleh seniornya di geng motor Bandung dengan upah 200 ribu rupiah.

Guna penyelidikan lebih lanjut pihak kepolisian Sektor Kembangan Jakarta Barat yang tiba di TKP langsung mengamankan kedua pelaku beserta barang bukti sebilah golok, senjata api mainan air softgun serta kartu identitas pelaku. Sementara sang pemilik sepeda motor yang terkena sabetan golok pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bakti Asih Ciledug Tangerang untuk mendapat pengobatan. Kini kasus curanmor ini masih dalam penanganan Mapolsek Kembangan, Jakarta Barat. (Jayadi/Sup)




Spoiler for CBR600RR hitam mulus:

Spoiler for Tampak belakang:

Spoiler for Lengan ayun:

Spoiler for Mulus:
ni gan trit yang jual cbrnya

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12326619


waspadalah setiap melakukan transaksi terutama dengan orang yang berasal dari bandung (bukan sara ya, ane juga asli sunda.. tasikmalaya) karena banyak betebaran genk2 motor di daerah khususnya bandung


nih id si penjualnya
http://www.kaskus.us/member.php?u=2026788
id si pelaku (mungkin) http://www.kaskus.us/member.php?u=371556
 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12827426

10 Teknologi Kuno Bangsa Indonesia Yang Canggih

Posted by Anak Muda 0 comments


Di zaman dahulu kala, para nenek moyang kita sudah menemukan banyak penemuan yang terbilang canggih. Tetapi sayang sekali banyak orang Indonesia sendiri tidak menyadarinya. Kali ini ane mau menulis beberapa teknologi kuno nenek moyang Indonesia.

lansung aja gan. cekidot:
1. Borobudur
Bukti kecanggihan teknologi dan arsitektur



Borobudur adalah candi yang diperkirakan mulai dibangun sekitar 824 M oleh Raja Mataram bernama Samaratungga dari wangsa Syailendra. Borobudur merupakan bangunan candi yang sangat megah.

Tidak dapat dibayangkan bagaimana nenek moyang kita membangun Borobudur yang demikian berat dapat berdiri kokoh dengan tanpa perlu memakukan ratusan paku bumi untuk mengokohkan pondasinya, tak terbayangkan pula bagaimana batu-batu yang membentuk Borobudur itu dibentuk dan diangkut ke area pembangunan di atas bukit.

Bahkan dengan kecanggihan yang ada pada masa kini, sulit membangun sebuah candi yang mampu menyamai candi Borobudur. Borobudur juga mengadopsi Konsep Fraktal.

Fraktal adalah bentuk geometris yang memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bentuknya secara keseluruhan.

Candi borobudur sendiri adalah stupa raksasa yang di dalamnya terdiri dari stupa-stupa lain yang lebih kecil. Terus hingga ketidakberhinggaan. Sungguh mengagumkan nenek moyang kita sudah memiliki pengetahuan seperti itu. Bangunan Candi Borobudur benar-benar bangunan yang luar biasa.



2. Kapal Jung Jawa
Teknologi kapal raksasa



Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus, para penjelajah laut Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia. Meskipun sejak 500 tahun sebelum Masehi orang-orang China sudah mengembangkan beragam jenis kapal dalam berbagai ukuran, hingga abad VII kecil sekali peran kapal China dalam pelayaran laut lepas.

Dalam catatan perjalanan keagamaan I-Tsing (671-695 M) dari Kanton ke Perguruan Nalanda di India Selatan disebutkan bahwa ia menggunakan kapal Sriwijaya, negeri yang ketika itu menguasai lalu lintas pelayaran di "Laut Selatan".

Pelaut Portugis yang menjelajahi samudera pada pertengahan abad ke-16 Diego de Couto dalam buku Da Asia, terbit tahun 1645 menyebutkan, orang Jawa lebih dulu berlayar sampai ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar.

Ia mendapati penduduk Tanjung Harapan awal abad ke-16 berkulit cokelat seperti orang Jawa. "Mereka mengaku keturunan Jawa," kata Couto, sebagaimana dikutip Anthony Reid dalam buku Sejarah Modern Awal Asia Tenggara.

Berdasarkan relief kapal di Candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang kita telah menguasai teknik pembuatan kapal. Kapal Borobudur telah memainkan peran utama dalam segala hal dalam bahasa Jawa pelayaran, selama ratusan ratus tahun sebelum abad ke-13.

Memasuki abad ke-8 awal, kapal Borobudur digeser oleh Jung besar Jawa, dengan tiga atau empat layar sebagai Jung. Kata "Jung" digunakan pertama kali dalam perjalanan biksu Odrico jurnal, Jonhan de Marignolli, dan Ibn Battuta berlayar ke Nusantara, awal abad ke-14.

Mereka memuji kehebatan kapal Jawa raksasa sebagai penguasa laut Asia Tenggara. Teknologi pembuatan Jung tak jauh berbeda dari karya kapal Borobudur; seluruh badan kapal dibangun tanpa menggunakan paku.

Disebutkan, jung Nusantara memiliki empat tiang layar, terbuat dari papan berlapis empat serta mampu menahan tembakan meriam kapal-kapal Portugis.

Bobot jung rata-rata sekitar 600 ton, melebihi kapal perang Portugis. Jung terbesar dari Kerajaan Demak bobotnya mencapai 1.000 ton yang digunakan sebagai pengangkut pasukan Nusantara untuk menyerang armada Portugis di Malaka pada 1513. Bisa dikatakan, kapal jung Nusantara ini disandingkan dengan kapal induk di era modern sekarang ini.


3. Keris
Kecanggihan teknologi penempaan logam



Teknologi logam sudah lama berkembang sejak awal masehi di nusantara. Para empu sudah mengenal berbagai kualitas kekerasan logam. Keris memiliki teknologi penempaan besi yang luar biasa untuk ukuran masyarakat di masa lampau.

Keris dibuat dengan teknik penempaan, bukan dicor. Teknik penempaan disertai pelipatan berguna untuk mencari kemurniaan besi, yang mana pada waktu itu bahan-bahan besi masih komposit dengan materi-materi alam lainnya.

Keris yang mulanya dari lembaran besi yang dilipat-lipat hingga kadang sampai ribuan kali lipatan sepertinya akan tetap senilai dengan prosesnya yang unik, menarik dan sulit. Perkembangan teknologi tempa tersebut mampu menciptakan satu teknik tempa Tosan Aji ( Tosan = besi, Aji = berharga).

Pemilihan akan batu meteorit yang mengandung unsur titanium sebagai bahan keris, juga merupakan penemuan nenek moyang kita yang mengagumkan. Titanium lebih dikenal sebagai bahan terbaik untuk membuat keris karena sifatnya ringan namun sangat kuat.

Kesulitan dalam membuat keris dari bahan titanium adalah titik leburnya yang mencapai 60 ribu derajat celcius, jauh dari titik lebur besi, baja atau nikel yang berkisar 10 ribu derajat celcius.

Titanium ternyata memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis unsur logam lainnya. Unsur titanium itu keras, kuat, ringan, tahan panas, dan juga tahan karat.

Unsur logam titanium baru ditemukan sebagai unsur logam mandiri pada sekitar tahun 1940, dan logam yang kekerasannya melebihi baja namun jauh lebih ringan dari besi. Dalam peradaban modern sekarang, titanium dimanfaatkan orang untuk membuat pelapis hidung pesawat angkasa luar, serta ujung roket dan peluru kendali antar benua.


4. Benteng Keraton Buton
Arsitektur bangunan untuk pertahanan



Di Buton, Sulawesi Tenggara ada Benteng yang dibangun di atas bukit seluas kurang lebih 20,7 hektar. Benteng yang merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton ini memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur.

Benteng yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang keliling 2.740 meter. Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang dan 16 pos jaga / kubu pertahanan (bastion) yang dalam bahasa setempat disebut baluara.

Tiap pintu gerbang (lawa) dan baluara dikawal 4-6 meriam. Jumlah meriam seluruhnya 52 buah. Pada pojok kanan sebelah selatan terdapat godana-oba (gudang mesiu) dan gudang peluru di sebelah kiri.

Letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya. Benteng ini menunjukkan betapa hebatnya ahli bangunan nenek moyang kita dalam membuat teknologi bangunan untuk pertahanan.


5. Si Gale gale
Teknologi Robot tradisional Nusantara



Orang Toba Batak Sumatra utara pada zaman dahulu sudah bisa membuat robot tradisional yang dikenal dengan sebutan si gale-gale. Boneka ini menguasai sistem kompleks tali yang dibuat sedemikian rupa. Melalui tali yang ditarik ulur inilah boneka itu dapat membungkuk dan menggerakan "tangannya" sebagai mana layaknya orang menari.

Menurut cerita, Seorang Raja dari Suku Karo di Samosir membuat patung dari kayu untuk mengenang anak satu-satunya yang meninggal dunia. Patung kayu tersebut dapat menari-nari yang digerakkan oleh beberapa orang. Sigale - gale dimainkan dengan iringan musik tradisional khas Batak.

Boneka yang tingginya mencapai satu setengah meter tersebut diberi kostum tradisional Batak. Bahkan semua gerak-geriknya yang muncul selama pertunjukan menciptakan kesan-kesan dari contoh model manusia.

Kepalanya bisa diputar ke samping kanan dan kiri, mata dan lidahnya dapat bergerak, kedua tangan bergerak seperti tangan-tangan manusia yang menari serta dapat menurunkan badannya lebih rendah seperti jongkok waktu menari.

Si gale-gale merupakan bukti bahwa nenek moyang kita sudah dapat membuat boneka mekanikal atau robot walau dalam bentuk yang sederhana. Robot tersebut diciptakan untuk dapat meniru gerakan manusia.

6. Pengindelan Danau Tasikardi, Banten
Kecanggihan Teknologi Penjernihan Air



Nenek moyang kita ternyata sudah mengembangkan teknologi penyaringan air bersih. Sekitar abad ke16-17 Kesultanan Banten telah membangun Bangunan penjernih air untuk menyaring air yang berasal dari Waduk Tasikardi ke Keraton Surosowan.

Proses penjernihannya tergolong sudah maju. Sebelum masuk ke Surosowan, air yang kotor dan keruh dari Tasik Ardi disalurkan dan disaring melalui tiga bangunan bernama Pengindelan Putih, Abang, dan Emas.

Di tiap pengindelan ini, air diproses dengan mengendapkan dan menyaring kotoran. Air selanjutnya mengalir ke Surosowan lewat serangkaian pipa panjang yang terbuat dari tanah liat dengan diameter kurang lebih 40 cm.

Terlihat sekali bahwa pada masa tersebut sudah mampu menguasai teknologi pengolahan air keruh menjadi air layak pakai.

Danau Tasik Ardi sendiri merupakan danau buatan. Sebagai situs sejarah, keberadaan danau ini adalah bukti kegemilangan peradaban Kesultanan Banten pada masa lalu.

Untuk ukuran saat itu, membuat waduk atau danau buatan untuk mengairi areal pertanian dan memenuhi kebutuhan pasokan air bagi penduduk merupakan terobosan yang cemerlang.


7. Karinding
Teknologi pengusir hama dengan gelombang suara



Ternyata nenek moyang dan leluhur kita mempunyai suatu alat musik tiup tradisional yang berfungsi sebagai hiburan sekaligus pengusir hama.

Alat musik dari Sunda ini terbuat dari pelepah kawung atau bambu berukuran 20 x 1 cm yang dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian jarum tempat keluarnya nada (disebut cecet ucing atau ekor kucing), pembatas jarum, dan bagian ujung yang disebut panenggeul (pemukul).

Jika bagian panenggeul dipukul, maka bagian jarum akan bergetar dan ketika dirapatkan ke rongga mulut, maka akan menghasilkan bunyi yang khas.

Alat ini bukan cuma untuk menghibur tapi juga ternyata berfungsi mengusir hama di kebun atau di ladang pertanian. Suara yang dihasilkan oleh karinding ternyata menghasilkan gelombang low decibel yang menyakitkan hama sehingga mereka menjauhi ladang pertanian.

Frekuensi suara yang dikeluarkan oleh alat musik tersebut menyakitkan bagi hama tersebut, atau bisa dikatakan frekuensi suaranya melebihi dari rentang frekuensi suara hama tersebut, sehingga hama tersebut akan panik dan terganggu konsentrasinya.

Kecanggihan Karinding sebagai bukti bahwa nenek moyang kita sejak dulu sudah mampu menciptakan alat yang menghasilkan gelombang suara. Ini adalah alat mengusir hama yang aman bagi lingkungan. Dibutuhkan perhitungan yang teliti untuk menciptakan alat musik seperti itu.


8. Rumah Gadang
Arsitektur Rumah Aman Gempa



Para nenek moyang orang Minang ternyata berpikiran futuristik alias jauh maju melampaui zamannya dalam membangun rumah. Konstruksi rumah gadang ternyata telah dirancang untuk menahan gempuran gempa bumi.

Rumah gadang di Sumatera Barat membuktikan ketangguhan rekayasa konstruksi yang memiliki daya lentur dan soliditas saat terjadi guncangan gempa hingga berkekuatan di atas 8 skala richter.

Bentuk rumah gadang membuat Rumah Gadang tetap stabil menerima guncangan dari bumi. Getaran yang datang dari tanah terhadap bangunan terdistribusi ke semua bangunan.

Rumah gadang tidak menggunakan paku sebagai pengikat, tetapi berupa pasak sebagai sambungan membuat bangunan memiliki sifat sangat lentur.

Selain itu kaki atau tiang bangunan bagian bawah tidak pernah menyentuh bumi atau tanah. Tapak tiang dialas dengan batu sandi.

Batu ini berfungsi sebagai peredam getaran gelombang dari tanah, sehingga tidak mempengaruhi bangunan di atasnya. Kalau ada getaran gempa bumi, Rumah Gadang hanya akan berayun atau bergoyang mengikuti gelombang yang ditimbulkan getaran tersebut

Darmansyah, ahli konstruksi dari Lembaga Penanggulangan Bencana Alam, Sumatera Barat menyebutkan, dari sisi ilmu konstruksi bangunan rumah gadang jauh lebih maju setidaknya 300 tahun dibanding konstruksi yang ada di dunia pada zamannya.


9. Tempe
Pemanfaatan bioteknologi untuk makanan



Tempe merupakan hasil bioteknologi sederhana khas Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakan Rhizopus untuk membuat tempe dari kedelai. Semua ini adalah penggunaan mikroba atau mikroorganisme pada tingkat sel untuk tujuan pangan.

Sebenarnya mengolah kedelai dengan ragi juga dilakukan di negara lain seperti China, Jepang, India, dll. Tetapi yang menggunakan Rhizopus hanya di Indonesia saja. Jadi kemampuan membuat tempe kedelai adalah penemuan orang Indonesia.

Tempe sudah dikenal sejak berabad-abad lalu di Nusantara. Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 telah ditemukan kata "tempe".

Kini, tempe sudah merambah manca negara, tidak saja karena rasa dan aromanya, namun juga karena kandungan gizinya. Penemuan tempe adalah sumbangan nenek moyang kita pada seni masak dunia.


10. Pranata Mangsa
Sistem penanggalan musim bukti kepandaian ilmu astronomi nenek moyang kita



Seperti kebudayaan-kebudayaan lain di dunia, masyarakat asli Indonesia sudah sejak lama menaruh perhatian pada langit. Pengamatan langit digunakan dalam pertanian dan pelayaran.

Dalam masyarakat Jawa dikenal pranatamangsa, yaitu peramalan musim berdasarkan gejala-gejala alam, dan umumnya berhubungan dengan tata letak bintang di langit.

Menurut Daldjoeni di bukunya "Penanggalan Pertanian Jawa Pranata Mangsa", Pranata Mangsa tergolong penemuan brilian. Kompleksitasnya tak kalah bobot dari sistem penanggalan yang ditemukan bangsa Mesir Kuno, China, Maya, dan Burma. Lebih-lebih jika dibandingkan dengan model Farming Almanac ala Amerika, Pranata Mangsa jauh lebih maju.

Meskipun teknologi sudah semakin canggih seperti sekarang ini, penerapan perhitungan pranata mangsa masih relevan. Hal itu dikarenakan nenek moyang kita dulu mempelajari gejala-gejala alam seperti musim hujan/kemarau, musim tanaman berbunga/berbuah, posisi rasi bintang, pengaruh bulan purnama, dan sebagainya. Dengan mempelajari gejala-gejala alam tersebut nenek moyang kita dapat lebih menghargai kelestarian alam.

Sebenarnya masih banyak teknologi-teknologi yang digunakan nenek moyang kita yang tidak dituliskan disini.

Dari penemuan-penemuan itu sebenarnya sejak dulu bangsa Indonesia sudah mampu menguasai teknologi canggih di zamannya maka tidak pantas lah bila kita menyombongkan diri sebagai generasi sekarang bila kita tidak menghargai dan mengapresiasi leluhur kita.

Nenek moyang kita telah berhasil membangun candi-candi yang sangat indah arsitekturnya dan bertahan ratusan tahun.

Nenek moyang kita juga membangun armada laut yang telah mengarungi samudra luas.

Nenek moyang kita juga telah menemukan benda-benda yang tebilang sederhana tapi banyak manfaatnya.

Itu semua bukti bahwa nenek moyang kita sangat cerdas. Penjajahlah yang telah membuat kita lemah dan kurang percaya diri. Karena itu, setelah menjadi bangsa yang merdeka kita harus dapat bangkit kembali untuk mensejajarkan diri dengan bangsa lain yang telah maju.

 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12776304

Jajanan Menggandung Zat Pewarna Masih Marak

Posted by Anak Muda 0 comments


TANGERANG - Sejumlah orangtua murid mengeluhkan maraknya pedagang yang menjual jajanan tidak sehat yang diduga mengandung bahan berbahaya di sekolah-sekolah di Kota Tangerang. Seperti makanan yang mengandung zat pewarna yang  berbahaya bagi kesehatan pelajar.
      
”Saat berkeliling usai mengantar anak di SD Negeri 1 Cipondoh, banyak pedagang menjual makanan mengandung zat pewarna. Makanan itu merusak kesehatan,” keluh Dewi, salah satu orangtua murid kepada INDOPOS kemarin. Dia juga mengatakan, tidak hanya saja di SD tempat anaknya sekolah di beberapa sekolah lain juga banyak penjual makanan berbahaya.
      
”Bukan hanya zat pewarna, mungkin makanan yang dijual di sekolah itu juga mengandung pengawet berbahaya. Karena itu saya minta kepada Pemkot Tangerang mengambil tindakan tegas terhadap para pedagang ini. Jangan dibiarkan,” ungkap juga warga Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang ini. 
      
Menyikapi itu, Walikota Tangerang Wahidin Halim  meminta pihak sekolah dan instasi terkait menindak tegas pedagang yang menjual jajanan tidak sehat. Apalagi mengandung zat pewarna, bhorax dan zat berbahaya lainnya. ”Jangan beri ruang pedagang yang mendzolimi masyarakat dengan menjual makanan yang tak layak konsumsi,” tegasnya.
      
Selain telah meresahkan masyarakat, kata Wahidin juga, pedagang nakal itu juga telah meracuni generasi penerus bangsa (siswa SD, Red) perlahan-lahan. ”Jangan toleransi, kalau mau jualan berdaganglah yang sehat. Jangan cuma cari untung. Pedagang seperti itu perlu ditindak,” cetusnya juga.
 
http://www.jpnn.com/read/2012/01/31/115855/Jajanan-Menggandung-Zat-Pewarna-Masih-Marak-

Tips Buat Para Wanita Agar Aman Dari Pemerkosaan di Angkot

Posted by Anak Muda 0 comments

Mau Aman Naik Angkot? Simak Dulu Kiatnya 
Dua penumpang wanita naik angko
Kasus pemerkosaan dan kriminalitas yang terjadi di dalam angkot, memang meresahkan. Namun, itu tidak berarti, kita jadi ketakutan naik transportasi umum satu ini. Yang penting tetap waspada. Berikut tips dari TMC Polda Metro Jaya dan informasi dari para pengguna transportasi umum: Cek nomor trayek dan jurusan
Sebelum naik angkot, jangan lupa untuk memeriksa nomor trayek dan jurusan. Pastikan Anda tidak salah naik. Salah naik, bisa bikin bingung diri sendiri. Situasi seperti ini bisa dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan pada Anda. Untuk mencegah itu semua, selalu pastikan nomor trayek.

Pilih angkot berkaca bening
Ini agar keadaan dalam angkot bisa terlihat dari luar, baik banyak penumpang yang ada maupun sopir. Selain itu, angkot yang memiliki kaca bening juga merupakan salah satu kontrol masyarakat. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat di luar bisa melihat dan menolong Anda.

Lebih baik pilih angkot dengan sopir berseragam dan ID
Saat ini sebagian besar pengemudi angkutan umum di kota besar telah dilengkapi dengan seragam dan tanda pengenal. Sopir yang seperti ini sudah terdaftar sebagai sopir angkot resmi, ini akan menghindarkan Anda dari naik angkot dengan sopir tembak.
Jangan tidur di dalam angkot
Meskipun telah lelah melakukan perjalanan seharian, jangan sampai Anda tertidur di dalam angkot. Ini sangat berbahaya,karena membuka peluang untuk orang-orang melakukan tindakan kejahatan, seperti pencopetan maupun penculikan.

Hindari menerima makanan dan minuman dari orang tak dikenalSebaik apapun orang yang Anda temui, jangan pernah mau menerima makanan dan minuman dari orang tak dikenal. Hal ini untuk mencegah pembiusan yang sedang marak terjadi.

Ajak teman
Bila memungkinkan, hindari bepergian sendiri saat naik angkutan umum. Ajaklah teman, terutama di malam hari. Ini untuk meningkatkan keamanan Anda, dan mencegah tindak kriminal, seperti pemerkosaan yang sempat terjadi di dalam angkot.

Jangan menarik perhatian
Artinya, tidak mengenakan perhiasan berlebihan atau mengenakan pakaian yang mengundang perhatian. Terkadang penampilan yang mencolok juga bisa mengundang kejahatan.
Bawa alat
Bila memungkinkan, bawa alat-alat yang bisa dipakai senjata. Tidak perlu senjata tajam atau senjata api. Gas air mata dalam ukuran kecil atau gelang sekalipun dapat menjadi senjata awal untuk menghindari dari kejahatan.
Segera turun
Percaya pada kata hati Anda. Bila merasakan ada sesuatu yang tidak beres, putuskan untuk segera turun dan pindah angkutan. Intuisi Anda tidak akan salah.

Lapor polisi
Jika mendapati ada tindakan kejahatan, segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor 021 5276001 dan SMS 1717.


Ilmuwan Berhasil Menciptakan Peluru Berkendali

Posted by Anak Muda 0 comments



Ilmuwan Berhasil Menciptakan Peluru Berkendali
Teror yang diberikan misil berkendali kini punya suksesor baru, dengan diciptakannya peluru berkendali yang mampu menjelajah hingga jarak 2.000 meter.

Dengan memasang lampu LED di peluru, pergerakan membeloknya dapat terlihat. Foto: Sandia National Laboratories
Sama seperti misil berkendali, peluru berkendali ini bekerja dengan mencari target yang telah ditentukan sebelumnya. Bedanya, peluru berkendali akan melakukan tugasnya tanpa membuat ledakan yang tak diperlukan. Cocok untuk menggantikan pekerjaan yang selama ini diemban oleh agen khusus dan sniper.
Prototipe peluru untuk kaliber kecil ini diciptakan oleh peneliti dari Sandia National Laboratories, Red Jones dan Brian Kast beserta koleganya.
"Kami memiliki teknologi yang sangat menjanjikan untuk mengendalikan proyektil kecil yang dapat diproduksi dengan murah dan cepat," ujar Jones.
Pergerakan peluru ini dibimbing oleh sensor optik yang terletak di ujung peluru yang mampu mendeteksi sorotan laser pada target. Sensor ini akan memberikan informasi kepada CPU berprosesor 8-bit yang kemudian memberikan perintah kepada penggerak eletromagnetik. Penggerak elektromagnetik ini yang akan menggerakan sirip-sirip kecil pada badan peluru untuk mengendalikan laju arah peluru menuju target.
Sirip-sirip tersebut juga dibutuhkan agar peluru ini dapat melesat tanpa perlu efek putaran seperti pada peluru yang ditembakan oleh senjata konvensional. Biasanya, agar dapat terbang lurus, sebuah peluru harus dibuat terbang berputar ketika keluar dari laras pistol maupun senapan. Putaran ini menghalangi sebuah proyektil untuk dapat dibelokan, karenanya, agar peluru ini dapat terbang secara baik tanpa perlu berputar, peneliti membuatnya se-aerodinamis mungkin dan dilengkapi dengan sirip serta pusat titik grafitasi (Lihat video di bawah untuk melihat peluru tersebut terbang lurus tanpa berputar).
Menurut mereka, peluru ini telah bekerja dengan baik ketika diuji melalui simulasi komputer maupun di lapangan khusus. Dan mereka siap menerima sponsor dari berbagai pihak yang tertarik dengan proyek ini.
Baca lagi lebih detail mengenai berita ini di physorg.com.

sumber: physorg.com

Selamat Jalan Ade Namnung- Ade Namnung Meninggal Dunia

Posted by Anak Muda 0 comments



 
Ade Namnung
Presenter dan komedian Ade Namnung meninggal dunia. Ade Namnung menutup mata untuk selamanya pada usia 34 tahun. Ade meninggal dunia pukul 11.45 WIB.

"Innalillahi, meninggal pukul 11.45 WIB di rumah sakit mas," kata ayah Ade Namnung, Menurut Ramon saat menghembuskan napas terakhirnya Ade terlihat tenang. Semua keluarga juga mendampingi bintang 'Tawa Sutra' tersebut.

"Semua keluarga ada saat Ade meninggal," ucapnya sambil menangis.

Ade meninggal aat masih menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di bilangan Cibubur. Pria bernama asli Syamsul Effendi ini sebelumnya sempat di rawat di rumah sakit di Surabaya pada 18 Desember lalu. Ade kemudian menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta. Namun, kondisi Ade sempat membaik. Tapi, Ade tak mau pulang. Ia tetap memutuskan untuk menjalani perawatan. •
Ade Namnung Meninggal Dunia
Ade Namnung  
Selamat Jalan Ade Namnung !!!
 
VIVAnews

Trend Sepedamotor Batik

Posted by Anak Muda 0 comments






Motor Batik yang hanya beberapa buah saja dikota Nunukan ini benar-benar mengambil perhatian warga, terutama bagi kalangan anak muda yang senang dengan modifikasi Sepedamotor. Banyak warga menyangka motif batik tersebut adalah hasil dari Semprotan Cat atau Stiker, tapi setelah diraba-raba, motif batik ini ternyata dari kain batik sutra saja.

Proses pemasangannya pun bukanlah pekerjaan yang mudah dan sekejap, untuk Sepedamotor jenis Honda Supra Fit, dibutuhkan waktu hampir 24 jam untuk selesai. Sedangkan sepedamotor Yamaha Jupiter X terbaru butuh waktu hampir 3 hari karena bentuknya yang sangat aerodinamis dan penuh lekukan. Motif batik juga berpengaruh karena tiap potongan harus disamakan alur lukisan batik, seperti halnya membuat baju batik. Sedangkan lebar kain batik yang dibutuhkan untuk 1 sepedamotor kurang lebih 5 meter kain batik.

Banyak juga yang bertanya: "Bagaimana cara mencucinya?" sama seperti sepedamotor pada umumnya, cukup dengan sedikit sabun dan air, lalu dikeringkan dan jika mau bisa diberi pewangi seperti pada pakaian batik pada umumnya, hanya saja tidak boleh disetrika. Namun para pengendara sepedamotor batik menyarankan jika ingin membatik sepedamotornya agar memilih kain batik sutra, jangan menggunakan kain biasa karena cepat luntur jika terkena panas maupun dicuci.
 
draft.blogger.com/blogger.g?blogID=2863323334011405980#editor/target=post;postID=4181310027262220904

Istilah-istilah Umum Dalam Dunia TI

Posted by Anak Muda 0 comments


Beberapa istilah yang ada didalam komputer dan jaringan internet biasanya disalah artikan oleh pengguna biasa, terutama ketika nama istilah tersebut mirip atau hampir sama. Contoh umumnya adalah dalam memahami istilah CDMA dan WCDMA, kedua istilah dan kegunaannya didalam jaringan internet sebenarnya berbeda jauh. Masalah ini sering saya temui ketika ada rekan yang ingin menseting modem internetnya.

Mereka menganggap modem yang memiliki seting dengan pilihan GSM dan WCDMA maka modem tersebut dapat digunakan dengan kartu GSM seperti Telkomsel maupun kartu CDMA seperti Flexy. Karena menganggap istilah CDMA itu sama dengan WCDMA, padahal tidak demikian maksudnya.

GSM adalah sinyal telekomunikasi generasi kedua yang lebih baik daripada generasi pertama seperti AMPS, TACS dan NMT yang biasanya kita kenal dengan istilah jaringan analog, GSM lebih baik dari segi Digitalisasi jaringan dan data. Sedangkan WCDMA adalah protokol atau seting perintah yang digunakan pada jaringan 3G atau UMTS jaringan generasi ketiga yang bekerja difrekuensi 2100Mhz dan mampu mentransfer data lebih cepat dari generasi kedua yaitu GSM. Jika dijaringan GSM kita mengenal istilah GPRS sebagai protokol internet 2G, maka WCDMA adalah protokol dijaringan UMTS/3G. Jadi, WCDMA samasekali tidak ada hubunganya dengan kartu Flexy atau jaringan CDMA yang selama ini dipahami oleh pengguna umum.

Untuk lebih  jelasnya, dibawah ini telah saya kumpulkan beberapa istilah umum yang sering kita temukan dalam dunia komputer, ponsel selular dan internet.

1G (First Generation)
Generasi selular pertama yang berteknologi analog, contohnya adalah AMPS, TACS dan NMT.

2G (Second Generation)
Generasi selular kedua yang mempebaharui generasi pertama dalam bidang teknologinya yaitu digital, yang pada teori dasarnya merupakan pembaharukan dalam bidang transfer data, contohnya adalah GSM (menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE) dan cdmaOne.

2.5G
Generasi selular kedua yang diperbaharui sebelum menuju 3G, contohnya adalah penggunaan GPRS/EDGE pada GSM.

3G (Third Generation)
Generasi selular ketiga, dibuat dan digunakannya spesifikasi ini pada dasarnya hanya mempercepat transfer data pada teknologi selular digital, contohnya adalah EDGE pada GSM, UMTS dan CDMA2000 1x.

Ad-Hoc
Suatu tipe komunikasi yang diterapkan dalam WiFi, Ad-Hoc berarti jaringan komunikasi WiFi tersebut tidak menggunakan server (pusat pengatur sistim komunikasi), contohnya adalah beberapa PDA yang berhubungan menggunakan WiFi.

Airtime
Waktu yang dihitung oleh penyedia jaringan untuk menentukan biaya yang dikenakan. Penggunaannya termasuk pengiriman dan penerimaan panggilan dan transmisi nirkabel lainnya seperti faks, email atau file data. Beberapa penyedia jaringan mungkin saja membulatkan hitungan dalam menit, meskipun hanya digunakan beberapa detik saja.

AMPS (Advanced Mobile Phone System)
Suatu sistem komunikasi wireless analog.

Analog
Metode transmisi atau cara pengiriman suara, video dan data dengan sinyal (seperti listrik atau gelombang suara) yang bersifat variabel dan kurang aman dibanding dengan transmisi digital. Dalam konteks komunikasi nirkabel, analog mengacu pada jaringan transmisi yang dibangun pada era 1980-an dan menggunakan teknologi analog.

Applet
Biasa dikenal dengan Java Applet, merupakan suatu program komputer yang telah dikompilasi menjadi bytecode yaitu suatu keadaan program yang dapat dieksekusi langsung. Program ini akan dieksekusi oleh Java Virtual Machine, yang bisa berupa Web Browser seperti Netscape Navigator atau Microsoft Internet Explorer.

ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

Attenuation
Penurunan daya sinyal selama pengiriman data/informasi berlangsung besarnya diukur dalam satuan decibel (db).

AuC (Authentication Center)
AuC pada dasarnya untuk memastikan identitas pelanggan. AuC ini biasanya fungsional subsistem dari HLR, tetapi dapat dilakukan secara terpisah. Menggunakan informasi dari microchip dalam kartu SIM atau handset, AuC memastikan identifikasi pelanggan melalui algoritma komputasi khusus.
AuC pada dasarnya merupakan ciri keamanan untuk mengidentifikasi pelanggan jaringan. AuC menyimpan data untuk setiap pelanggan sehingga identitas dapat dipastikan kebenarannya. Kebenaran data akan memberikan fasilitas pemanggilan yang benar oleh dan ke pelanggan.

Battery
Batere alias alat penyuplai daya bagi telepon yang bisa diisi (charge) ulang. Jenis Battere HP (Paling Banyak dipake):
NiMH (Nickel Metal Hybrid)
Batere setingkat diatas Alkaline, Isi ulangnya punya pengaruh kapasitas elektric bila diisi sesering mungkin. Residu kapasitas akan tetap tertinggal setelah arusnya habis (Tegangan Tetap,Arus Nol), sehingga pengisian berawal dari titik teratas sisa kapasitas batere, Jadi biar awet, habisin dulu baru isi. Ini kelemahan material chemical yg dikandungnya. Disamping dipake buat hp, juga banyak dipake pada vacuum cleaner portable dan HandyCam.
Li-Ion (Lithium Ion)
Batere setingkat diatas NiMH, Isi ulangnya tidak terpengaruh dgn residu kapasitas bila sering diisi. Pengisiannya tdk menimbulkan panas. Biar awet, jgn sampai habis betul baru diisi, supaya ionnya masih bisa melakukan reaksi berantai dgn ion lainnya dgn effisien.
Li-Po (Lithium Polymer)
Batere diatas Li-Ion, paling effisien dan tahan lama. Materialnya lunak karna mengandung cairan kimia (lupa sebutannya apa), trus disatukan dgn sejenis polymer. Biasanya arusnya dalam satuan Ampere, bukan mA. Paling banyak dipakai buat notebook dan PDA/Smartphone.
Bio-Cell
Batere yg dihasilkan dari reaksi medan listrik oleh protein plankton laut. Masih tahap prototype, karna susahnya mengumpulkan protein tsb.

Bandwidth
Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.

Beta Version
Istilah yang biasa digunakan oleh pengembang software untuk memberi status pada softwarenye. Beta version berarti software tersebut telah melali uji pabrik (alpha version), tapi masih perlu diujicoba oleh tester atau orang luar. Beta version merupakan tahap terakhir bagi sebuah software sebelum dilepas kepada publik.

Binary (Biner)
Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

Bit
Singkatan dari BINARY DIGIT merupakan satuan terkecil untuk muatan data/informasi, istilah tersebut pertama kali dipakai oleh John Tukey pada tahun 1946.

Bit Rate
Suatu setting yang digunakan saat mengkompresi musik ke dalam file digital. Bit rate yang lebih tinggi akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik.tetapi juga ukuran file yang lebih besar.

BPS (Bit Per Seconds)
Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Broadband
Broadband adalah salah satu kategori dari jenis network berdasarkan bandwidth, contoh yang termasuk broadband seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) ataupun cable modem. Yang mana seperti ATM bisa mentransfer file sebesar 10MB dalam waktu 0.5 detik. Broadband banyak dijumpai pada backbone dari suatu network.

Byte
Singkatan dari BINARY TERM, Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

Bluetooth
Protokol atau spesifikasi berkomunikasi jarak pendek yang berdaya rendah (hemat energi), Bluetooth menggunakan frekuensi 2.4Ghz, contohnya antara headset dan sellular (https://www.bluetooth.org).

Brew
Suatu platform untuk menjalankan aplikasi/game yang dibuat oleh bahasa programming C/C++, platform ini digunakan/ditargetkan untuk selular, Brew dimiliki oleh Qualcomm.

Browser
Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web meter.

BSC (Base Station Controller)
BSC ini bertanggung jawab mengelola kanal-kanal suara dan data di dalam BTS dan memelihara komunikasi dengan Mobile services Switching Center (MSC).
BSC merupakan komponen jaringan yang mengontrol satu atau lebih BTS. BSC menetapkan konsentrasi lalulintas pelanggan pada level pertama dari BTS untuk dikembalikan ke MSC. Ini mengontrol berfungsinya dan beroperasinya semua BTS dibawah kendalinya. Berdasar informasi dari handset pelanggan mobile, BSC memutuskan kapan dan BTS yang mana yang dihubungi oleh pengguna. Hal ini akan mengurangi beban dari switch.

BTS (Base Transceiver Station)
BTS adalah pusat transmisi dan penerimaan di dalam setiap sel radio. Sel-sel PCS bisa cukup kecil hanya berdiameter beberapa ratus feet atau cukup besar berdiameter beberapa mil.
Dari BTS, suara atau data dibawa ke Base Station Controller (BSC). BSC ini bertanggung jawab mengelola kanal-kanal suara dan data di dalam BTS dan memelihara komunikasi dengan Mobile services Switching Center (MSC). Diantara MSC dan BSC ada Transcoder and Rate Adapter Unit (TRAU). TRAU ini menyandikan dan membaca sandi percakapan ataupun kecepatan adaptasi untuk mentransmisikan data. Base Station Sub-system (BSS) mencakup semua BTS, BSC dan TRAU.

Call Barring
Fitur call barring memungkinkan Anda bisa melakukan blok/membatasi pada panggilan masuk dan panggilan keluar, misalnya Bar all outgoing calls, Bar incoming international call, Bar all incoming call, Bar incoming international calls (when roaming).

Conference Call
Conference Call adalah layanan yang memungkinkan pelanggan dapat berkomunikasi pada waktu bersamaan dengan beberapa orang sekaligus (chat) dimana semua pihak dapat saling berbicara dan mendengarkan satu sama lainnya.

Call Divert/ Call Forward
Adalah fasilitas yang memungkinkan pengalihan panggilan yang masuk ke nomor ponsel kita kepada nomor lain, pada saat kondisi sedang berbicara/sibuk, berada di luar daerah jangkauan, sedang tidak aktif atau jika nomor sedang tidak diangkat atau ke kotak pesan (VMS) atau saat berada dalam kondisi tertentu.

Call Unhold
untuk membatalkan layanan Call hold, yang artinya pelanggan dapat melanjutkan pembicaraan yang tertahan.Caller Identification
Fitur yang menampilkan nomor dari orang yang menelepon Anda – meski demikian, ada nomor-nomor tertentu yang tidak bisa ditampilkan.

Call Timer
Fitur Call Timer mencatat durasi pembicaraan Anda sehingga Anda tidak perlu lagi berkerut kening saat Anda membayar telepon di akhir bulan

Call Waiting
fitur yang memungkinkan pengguna menerima panggilan masuk pada saat pelanggan sedang berbicara kepada penelfon lain.

CCITT (comité Consultatif International Téléphonique et Télégraphique)
sebuah organisasi dunia dibawah organisasi induk ITU (International Telecommunication Union) yang mengatur standarisasi dalam dunia pertelekomunikasian data.Seperti V.22 (komunikasi data half-duplex dgn speed rate 1.200 bps), V.32 (standard untuk modem full-duplex dgn saluran telepon dgn speed rate 4.800 bps dan 9.600 bps),dsb.

CDMA (Code Division Multiple Access )
Suatu sistim komunikasi wireless yang dipakai oleh para mobile operator, sistim ini menggunakan teknologi "spread spectrum" yang memberikan access pemakaian pada banyak pengguna pada frekuensi dan waktu yang sama, hal ini dapat dilakukan dengan pemberian kode unik untuk setiap komunikasi, CDMA dikatakan dapat menyediakan/memperbolehkan lebih banyak pengguna daripada sistim teknologi lainnya.

CDMAOne
Suatu sistim komunikasi wireless 2G dengan spesifikasi IS-95 (http://www.cdg.org/technology/2g.asp)

CDMA 2000 1x
Suatu sistim komunikasi wireless 3G dengan spesifikasi IMT-2000 (International Telecommunication Union-2000). Dalam spesifikasi ini kecepatan transfer data minimum yang diharuskan adalah 144Kbps (http://www.cdg.org/technology/3g.asp).

CDMA 2000 1x EV-DV (Evolution Data and Voice)
Suatu protokol yang memungkinkan kecepatan transfer data hingga 3.09 Mbps.

CDMA 2000 1x EV-DO (Evolution Data Only)
Suatu protokol yang memungkinkan kecepatan transfer data hingga 2.4Mbps.

CLDC (Connected Limited Device Configuration)
Merupakan suatu spesifikasi dasar yang berupa library dan API untuk diimplementasikan dalam J2ME.

CLIP (Calling Line Identification Presentation)
adalah layanan yang memunculkan identitas nomor pemanggil sehingga dapat diketahui oleh nomor tujuan. Cara menggunakan layanan ini dengan menekan #31# diikuti dengan nomor ponsel lalu tekan tombol panggil.

Chat
Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard/keypad handphone.

Churn Rate
Tingkat kedaluarsa (hangus) kartu prabayar.

CIF (Common Intermediate Format)
Ukuran gambar atau video yang berukuran 352 x 288 pixel.

CLIR (Calling Line Identification Restriction)
adalah layanan yang memungkinan bagi pelanggan untuk dapat menyembunyikan identitas nomor telepon pada saat melakukan panggilan ke nomor ponsel tujuan sehingga lawan bicara tidak bisa melihat nomor pemanggil layanan ini sering disebut Private Number.

Cookie
Suatu file yang disimpan ke dalam harddisk Anda ketika mengakses halaman homepage tertentu. File ini seringkali berisi informasi seperti kebiasaan surfing Anda, dan pilihan apa saja yang telah Anda lakukan, pada kunjungan berikutnya homepage dapat mengenali Anda.

CRT (Cathode Ray Tube)
Suatu jenis layar yang banyak digunakan pada monitor komputer dan TV biasa (yang bertabung).

Database
Merupakan suatu himpunan file yang terhubung secara logik yang memiliki common access. Semua besaran data ditujukan pada beberapa sistem yang berhubungan. Sebuah databasee dapat memiliki beberapa data item yang bisa dipasang ke dalam banyak tipe perekaman yang berbeda.

Debug
Sebuah proses pengecekan terhadap sebuah program untuk menemukan kesalahan/error (bugs) yang mungkin ada & menghapusnya, sebelum program tersebut ditampilkan/bisa dipakai oleh user.
Semakin banyaknya file debug di folder tsb menunjukkan  ponsel banyak mengalami error (akibat Patch). Ini lah sebabnya lama kelamaan ponsel tsb akan Buzzz.. krn firmware tidak lagi kuasa debugging error yg terlalu bnyk & mungkin kompleks.

Dial Up Connection
Koneksi antara dua komputer menggunakan saluran telepon dan modem. Koneksi Dial Up merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet.

Directory Caching
Merupakan salah satu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk meningkatkan performance. Dalam directory caching, salinan FAT dan directory entry table ditulis ke dalam memory server jaringan. Sebuah lokasi file kemudian dapat dibaca dari memori, yang mana lebih cepat daripada pembacaan lewat disk

Data Cable
Kabel yang digunakan untuk menghubungkan HP Anda dengan peralatan lain seperti komputer misalnya, sehingga Anda bisa mentransfer file seperti foto atau audio.

Data Card
Sebuah kartu data yang disisipkan pada laptop Anda. Dengan alat ini kita bisa mengakses internet lewat HP. Ini cocok bagi para pebisnis yang sering membutuhkan konektivitas internet ketika sedang berada di perjalanan.

Data Connectivity
Konektivitas data mengacu kepada kemampuan HP Anda untuk dihubungkan dengan peralatan lain seperti PC atau HP yang lain. Konektivitas data biasanya dicapai melalui protokol tanpakabel (wireless)seperti Bluetooth, atau bisa juga melalui Data Cable.

Decoder
Alat (IC) utk mengubah sinyal digital (Sinyal suara/gambar digital terenkripsi melalui GSM) menjadi sinyal analog yang siap didengarkan/dilihat dilayar ponsel.

Display
Display adalah layar kecil yang menampilkan seluruh program handphone yang dijalankan. Adapaunmacam-macam display handphone:
LCD (Liquid Crystal Display)
Display yg menggunakan 2 layer material yg dipolarisasi dgn cairan crystal diantaranya.
STN (Super Twisted Nematic)
Sebuah tipe dari teknologi LCD display. Dimana STN menggunakan lebih sedikit energi dan lebih murah dibanding teknologi TFT, tapi dgn konsekuensi image quality dan waktu response yg lebih rendah. (disebut sebagai Passive Matrix.)
CSTN (Color Super Twisted Nematic)
Sebuah tipe dari teknologi LCD display. CSTN merupakan tipe perbaikan dr STN. dimana CSTN memiliki respon time lebih baik dan ketajaman warna yg lebih baik dibanding STN dan hampir mendekati kualitas TFT. (disebut sebagai new teknologies of Passive Matrix.)
TFD (Thin Film Diode)
cairan cristal yg dipakai dikontrol oleh Dioda (dgn pengaturan seperti cara kerja switch).
TFT (Thin Film Transistor)
Sebuah tipe dari teknologi LCD display, cairan cristal yg dikontrol oleh transistors. TFT jika dibandingkan dgn teknologi LCD lainnya, memiliki keunggulan di image quality & response time-nya (paling) bener2 siip!, tp jenis ini membutuhkan energi lebih boros dan lebih mahal harganya. (disebut sebagai Active Matrix.)
UFB (Ultra Fine & Bright)
Sebuah tipe dari teknologi LCD display. Dimana UFB membutuhkan lebih sedikit energy, dibandingkan TFT dan dgn kemampuan pencahayaan yg lebih terang dibandingkan STN. Ponsel yg mengguakan LCD jenis ini biasanya lebih tipis (slim) dibandingkan tipe ponsel yg menggunakan LCD jenis lain. Ini karena UFB hny setebal 2.2 mm.

DNS (Domain Name Service)
Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.

Document Viewers
Fitur Document Viewer alias pengintip dokumen yang sangat berguna, terdapat pada jenis HP yang lebih canggih. Dengan fitur ini pemakai bisa membuka dokumen dari berbagai aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Access dan Adobe Acrobat. Sangat bermanfaat terutama bagi pembisnis.

DRM (Digital Rights Management)
yaitu suatu sistem pengamanan untuk mencegah penggandaan secara ilegal musik yang telah di-download.

DSL (Digital Subscriber Line)
Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.

Download
Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.

Downlink
Downlink dapat diartikan sebagai saluran untuk mengirim data keluar (ke suatu server di internet).

Downstream
Sebuah bentuk transmisi (pengiriman sinyal) dari server kepada “end user atau orang yang mengakses ke server, transmisi downstream dapat terbentuk didalam lalulintas jaringan komputer seperti LAN, WAN dsb yang berakhir di end user tadi. Lawan atau kebalikan dari Downstream adalah Upstream.

DTMF (Dual Tone Multifunctions)
DTMF adalah piranti semikonduktor yang dirancang untuk digunakan pada sistem dial pada pesawat telepon. DTMF membangkitkan suatu sinyal nada yang merupakan kombinasi dari 2 buah nada yang memiliki frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Kelompok frekuensi rendah meliputi 697 Hz, 770 Hz, 852 Hz, dan 941 Hz. Sedangkan kelompok frekuensi tinggi meliputi frekuensi 1209 Hz, 1336 Hz, 1477 Hz, dan 1633 Hz. Kombinasi dari kelompok frekuensi rendah dengan frekuensi tinggi yang saling berpasang pasangan membentuk 16 macam kombinasi pasangan nada sinyal DTMF yang standard.

Dual Band
Merujuk pada kemampuan jenis HP tertentu untuk beroperasi pada dua frekuensi yang berbeda, misalnya 900MHz dan 1800 MHz.

DVB-H (Digital Video Broadcasting – Handheld)
yaitu standar global untuk menyalurkan saluran televisi digital ke ponsel dan peralatan handheld lain.

Domain
Suatu nama alamat yang menjelaskan identitas situs (website) tersebut, lain dengan IP address yang hanya menggunakan angka-angka tanpa huruf, nama Domain boleh menggunakan kata-kata, contoh: "www.cellulardiary.com".

EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution)
Suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistim wireless GSM. Dalam teorinya kecepatan transfer data EDGE dapat mencapai 384 Kbps.

EIR (Equipment Identity Register)
Adalah Pencatat Identitas Peralatan. EIR merupakan database yang digunakan untuk mengesahkan integritas peralatan yang digunakan untuk telekomunikasi mobile. Peralatan curian atau peralatan tidak legal dapat diidentifikasi dan dirunut untuk pengguna tertentu melalui nomor seri peralatan. Informasi peralatan untuk pelanggan dapat disimpan di dalam EIR, contohnya seperti IMEI.

Email (Electronic Mail)
Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host. domain, misalnya: myname@mydomain.com.

EMS (Enhanced Message Service)
Suatu format data yang digunakan dalam GSM, EMS adalah penyempurnaan dari SMS, data EMS dapat berupa gambar, animasi, suara dan text.

Encoder
Alat (chip IC) untuk mengubah sinyal analog (suara/gambar) menjadi sinyal digital agar bisa diolah processor hp.

Firmware
adalah “Sistem Operasi” utama yg terdapat dalam sebuah HP (dan alat elektronik lain spt CD-ROM, Player DVD, dst..). Tugasnya adalah mengontrol bagaimana cara kerja HP. Semua fungsi, menu, tampilan utama, dari sebuah HP di program (integrated) dlm sebuah Firmware.
Firmware dapat di Update/Upgrade ke versi terbaru yg mana biasanya memiliki beberapa perbaikan thd bug dan kadang terdapat beberapa fungsi baru. Namun demikian tidak menutup kemungkinan juga kita melakukan downgrade (turun versi) karena alasan tertentu.

Freetalk
FreeTalk adalah Program Gratis telepon dari kartu Mentari dengan tujuan selular Indosat (Mentari,IM3, Matrix dan StarOne).
Pertamakali diluncurkan pada tanggal 25 Maret 2006 di wilayah SUMUT dan 26 Maret 2006 utk wilayah Seluruh Sumatra dengan syarat minimum pulsa Rp. 1 (tanpa harus isi ulang terlebih dahulu) dan dalam masa aktif bisa digunakan pada pukul 01:00 – 05:00.

Gateway
Suatu "pintu gerbang" yang ditentukan sebagai tempat keluar-masuk untuk bertukaran data. Gateway biasanya juga digunakan untuk mem-filter (menentukan) data dan siapa saja yang boleh bertukaran data melalui pintu gerbang tersebut.

GGSN (Gateway GPRS Support Node)
merupakan antarmuka dari GPRS backbone ke external packet data network yang lain. GGSN akan mengkonversikan paket data GPRS yang berasal dari SGSN ke format packet data protocol (PDP) yang sesuai seperti IP dan X.25 dan meneruskannya ke jaringan paket data yang dituju.

GPS (Global Positioning System)
suatu sistem navigasi satelit yang memungkinkan penggunanya untuk menunjukkan suatu lokasi secara tepat. Cocok bagi mereka yang suka beraktivitas di alam bebas, yang suka bepergian, serta mereka yang banyak menghabiskan waktu di jalanan. Untuk Kecepatan GPRS Indosat max.115 kbps

GSM (Global System for Mobile communications)
Suatu sistim komunikasi wireless 2G. Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah 850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz.

GPRS (General Packet Radio Service)
Protokol untuk transfer data dalam GSM, kecepatan transfer data dalam GPRS dapat mencapai 115 Kbps.

GPS (Global Positioning System)
Sistim pendeteksi/pencarian suatu lokasi yang akurat, sistim ini menggunakan satelit.

HLR (Home Location Register)
HLR adalah data base yang digunakan dalam pengelolaan para pelanggan nirkabel. HLR ini mencatat informasi lokasi sehingga membuatnya maupun mencari jejak panggilan yang diteruskan ke pelanggan tuan rumah MSC. Ketika lokasi pelanggan telah ditemukan untuk membangun hubungan telpon, HLR mencari informasi yang relevan.

Home Page/Homepage
Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser.

Hotspot
Adalah layanan internet tanpa kabel yang menggunakan teknologi Wi-Fi (802.11b). Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah istilah populer untuk jaringan wireless (tanpa kabel) dengan frekuensi tinggi. Teknologi Wi-Fi 802.11b menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang mempunyai kecepatan hingga 11 MBps.

HSCSD (High Speed Circuit Switched Data)
Penyempurnaan dan penambahan kecepatan dari protokol CSD. HSCSD dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 14.4 Kbps.

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
Protokol transmisi data secara downllink (menerima) dalam jaringan UMTS/HSPA.Adalah evolusi selanjutnya setelah WCDMA, yang memungkinkan mengakses (download) data dengan kecepatan hingga 14.4 Mbps (2.6Mega Bit/second 3Guntuk indosat), sehingga memberikan operator kapasitas pada sistimnya lebih dari 2 kali lipat dan membuat waktu respon untuk layanan interaktif menjadi lebih cepat.

HSUPA (High Speed Uplink Packet Access)
Teknologi ini menawarkan kecepatan downlink yang setara dengan kecepatan teknologi HSDPA. Yang membuatnya berbeda adalah secara teori kecepatan uplink HSUPA ini mampu mencapai 5,67 Mb per detik alias 15 kali lebih cepat dibanding HSDPA.
Teknologi HSUPA yang tengah dikembangkan ini dapat menghasilkan kecepatan hingga 2 Mb per detik. Kecepatan akses pasti berbanding lurus dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh data. Makin cepat akses makin sedikit waktu download-nya. HSUPA ini misalnya. Lima file MP3 sebesar 3 MB dapat diunduh dalam waktu lima menit menggunakan jaringan 3G. Dengan HSUPA, lima file tadi bisa diunduh hanya dalam waktu satu menit saja.

HSPA (High Speed Packet Access)
Protokol transfer data dalam jaringan UMTS.

HSPSD (High Speed Packet Switched Data)
Suatu protokol transfer data yang digunakan pada sistim komunikasi wireless UMTS. HSPSD lebih cepat dibandingkan WCDMA.

HTML (Hyper Text Markup Language)
Suatu format data yang digunakan untuk membuat website dalam Internet. Sekarang selular dapat surfing Internet dengan menggunakan aplikasi yang kompatible dengan HTML.

ICCID (Integrated Circuit Card Identification)
adalah 16 digit angka yang terdapat di balik kartu SIM. No ICCID adalah nomor identitas karti yang menunjukkan nomor SIM. Nomor ICCID akan berubah meskipun ada pergantian kartu SIM baru dengan nomor yang sama.

IMEI (International Mobile Equipment Identity)
IMEI adalah kode unik utk masing2 HP yg biasanya terdiri dari 15-digit angka yg mewakili HP yg bersangkutan. IMEI dibagi atas 4 bagian:
TAC FAC SN SP
XXXXXX XX XXXXXX X
TAC (Type Approval Code): 2 angka pertama TAC merupakan kode dimana HP tersebut di approved/diedarkan.
FAC (Final Assembly Code): Angka ini merupakan kode dimana HP di produksi (manufacturer). Dibawah ini beberapa FAC code dari beberapa manufacturers:
FAC Manufacturer
01, 02, 65 : AEG
07, 40 : Motorola
10, 20 : Nakio
30 : Ericsson
00, 37, 40, 41, 44 : Siemens
50 : Bosch
51 : Siemens, Sony, Ericsson
60 : Alcatel
61 : Ericsson
70 : Sagem
80 : Philips
85 : Panasonic
Utk mengetahui no IMEI anda, tekan : *#06#

IMSI (International Mobile Subscriber Identity)
Identitas unik yang tak biasa di-dial atau dipanggil, yang dialokasikan di dalam masing-masing pelanggan seluler. Nomor ini memberikan identitas tentang pelanggan beserta.

IMAP (Internet Message Access Protocol)
Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.

IN (Intelligent Network)
IN terdiri atas beberapa peralatan intelligent. Peralatan ini secara khusus meliputi Home Location Register (HLR), Equipment Identity Register (EIR), Authentication Center (AuC), dan Visitors Location Register (VLR). IN diakses dengan MSC melalui protokol komunikasi yang disebut Signaling System 7 (SS7).

ISDN (Integrated Service Digital Network)
secara umum berarti suatu jaringan digital yang dapat memberikan pelayanan telekomunikasi yang terpadu, merupakan hasil evolusi dari jaringan digital yang terintegrasi (IDN) yang sudah ada. Jaringan sentral digital yang ada saat ini telah dapat digolongkan sebagai IDN. ISDN harus dapat melayani telekomunikasi suara dan non-suara (data) melalui sepasang kabel tembaga yang sekarang ini digunakan.
Mengenai tahap perkembangan ISDN adalah sebagai berikut :
1. Tahun 1975, Jaringan telekomunikasi analog dan peralatan transmisi digital PCM.
2. Tahun 1985, Digitalisasi sentral. Tahun 1987, ISDN mulai diperkenalkan.
3. Tahun 1989/90, ISDN mulai dipasarkan untuk daerah yang terbatas.
4. Tahun 1990, Mulai diperkenalkan signaling No.7 ( CCS-7).
5. Tahun 1993, ISDN mulai diaplikasikan untuk Internasional.

ISP (Internet Service Provider)
Sebutan untuk penyedia layanan internet, misalnya Indosat.

ITU (International Telecommunication Union)
adalah organisasi antar-pemerintahan yang mana melalui badan ini organisasi publik dan swasta mengembangkan telekomunikasi. ITU didirikan tahun 1865 dan menjadi badan PBB di tahun 1947. Lembaga ini bertanggung jawab untuk menerapkan kesepakatan peraturan dan standar internasional yang mengatur telekomunikasi.

IVR (Interactive Voice Response)
Merupakan teknologi telephony dimana pelanggan menggunakan telefon untuk terhubung dengan database yang berisi informasi tanpa harus berbicara dengan officernya.

IP Address (Internet Protocol Address)
Sebuah alamat (nomor) yang menjelaskan identitas situs (website) tersebut, IP tidak menggunakan huruf atau kata-kata melainkan hanya sebuah urutan nomor, contohnya adalah "69.93.158.58".

IR (InfraRed)
Suatu sistim komunikasi wireless jarak pendek yang hemat energi. Untuk berkomunikasi menggunakan IR, setiap sensor hardware harus saling berhadap-hadapan, jarak nya hanya bisa mencapai satu meter.

J2ME (Java 2 Platform, Micro Edition)
Suatu platform untuk menjalankan aplikasi/game Java, platform ini digunakan/ditargetkan untuk elektronik kecil seperti selular dan PDA.

Java
Suatu programming language yang digunakan pada teknologi selular (juga pada komputer PC), aplikasi/game yang dibuat dengan Java untuk selular disebut dengan MIDP.

LAN (Local Area Network)
Suatu jaringan network lokal yang terisolasi digunakan untuk keperluan pribadi, contohnya adalah komputer komputer dalam satu kantor yang saling berhubungan dan bisa untuk bertukar informasi/data.

Location Based Service (LBS)
Adalah layanan yang memungkinkan Indosat untuk dapat mengetahui keberadaan pelanggan secara pasti dan real time yang baru dapat digunakan di Pulau Jawa. Dengan mengetahui keberadaan pelanggan dan kemampuan untuk memberikan informasi tentang layanan yang dibutuhkan pelanggan dalam kaitannya dengan lokasi keberadaan mereka merupakan aset tersendiri bagi Indosat. Solusi LBS mampu memberikan informasi berdasarkan lokasi secara lengkap dan real time.

LCD (Liquid Crystal Display)
Suatu jenis layar yang menggunakan tenaga yang sedikit (hemat energi).

M2P (Machine to Person)
Adalah komunikasi data dari sistem ke ponsel pelanggan seperti download ringtone polyphonic dan lain-lain

MIDP (Mobile Information Device Profile)
Java runtime yang digunakan dalam J2ME, suatu spesifikasi untuk pembuatan aplikasi/game selular yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

MAA (Mobile availability Alert)
adalah layanan yang memungkinkan A number atau penelepon akan menerima notikasi melalui SMS ketika B number (yang ditelepon) dalam kondisi On kembali atau sudah berada di area jangkauan setelah sebelumnya ketika A number telepon terhubung ke layanan Mail box.

Mbps (megabyte per second)
Ukuran bandwidth, atau transfer data melalui suatu jaringan atau media komunikasi lain.

Megapixel
Ukuran resolusi grafis digital. satu mega pixel Sama dengan satu juta pixel. Pixel sendiri adalah titik-titik digital yang membentuk warna pada sebuah gambar digital.

Memory Card
Memory digunakan untuk menyimpan data eperti nomor telepon, gambar, dan audio pada HP Anda. Pada beberapa jenis HP tertentu, memori ini bisa di-upgrade agar bisa menyimpan lebih banyak data.

MMS (Multimedia Messaging System)
Suatu bentuk format data yang biasa digunakan dalam selular, data MMS bisa berbentuk gambar, suara, video dan text yang lebih panjang dari SMS dan EMS.

Mobile Banking (M-Banking)
Adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan/nasabah dengan tujuan memberikan transaksi perbankan melalui handphone

Mobile TV
adalah layanan akses siaran televisi melalui ponsel 3G sebagaimana menyaksikan acara televisi biasa.

MP3 Player
Aplikasi software pada jenis HP tertentu untuk mendengarkan audio berformat MP3.

MSC (Mobile services Switching Center)
MSC adalah switch yang dirancang secara khusus untuk komunikasi mobile (bergerak). Switch dalam komunikasi pada dasarnya merupakan komputer-komputer yang mengelola dan mengontrol sirkuit. MSC menentukan dan mengkordinasikan panggilan dari Public Switched Telephone Network (PSTN) ke BSC dan akhirnya ke handset pengguna. MSC dapat melayani populasi dalam jumlah besar, lebih dari 1 juta orang atau lebih. MSC ini secara khusus sangat mahal, biayanya mencapai $1 juta sampai $5 juta untuk setiap unit. Pabrik pembuat MSC meliputi Nothern Telecom, AT&T, Ericsson, Siemens, Summa Four, dan Alcatel.
MSC ini, seperti BSC dimonitor dan dikontrol melalui sistem OMC. Sistem ini membantu administrasi guna menjamin terpeliharanya integritas pelayanan. Juga untuk membantu dalam pengelolaan jaringan. Sebagai catatan, MSC digunakan untuk menghasilkan data tagihan pulsa. Jadi, alat ini sangat penting karena merupakan masalah yang sangat krusial dalam rangka memperoleh pendapatan dari para pelanggan.

Network
Bahasa Inggris untuk jaringan. Suatu jaringan berarti adanya lebih dari satu titik/tempat yang berhubungan (bisa menggunakan kabel atau tidak) untuk bisa saling bertukaran data/informasi.

OLED (Organic Light Emitting Diode)
Jenis layar baru yang berbeda dari monitor CRT, LCD TFT dan layar plasma. Layar OLED bisa mengeluarkan cahaya sendiri tanpa memerlukan tambahan lampu (biasanya pada layar TFT notebook dan handphone ada sebuah inverter yang memberikan cahaya). Maka layar OLED terkenal dengan ketipisannya yang hanya 1 mm bahkan bisa setipis selembar kertas biasa.

OS (Operating System)

OS adalah suatu platform yang digunakan pada selular yang berkelas smartphone, contohnya adalah Symbian (www.symbian.com), Palm (www.palmone.com), Pocket PC (www.microsoft.com), Linux (www.linuxdevices.com) dan Java (www.veloxsoft.com).

Over The Air (OTA)
Adalah setting Hanset yang dikirim dari system berupa paket setting ke hanset yang sudah mendukung OTA.

P2P (Person to Person)
Adalah pengiriman data dari ponsel ke ponsel baik interoperator maupun antar operator.

P2M (Person to Machine)
Adalah komunikasi data dari ponsel pelanggan ke sistem, seperti pengiriman MMS ke website dan ditampilkan di website tersebut

PCS (Personal Communications Systems)
Suatu sistim komunikasi wireless mirip seperti GSM. PCS hanya berjalan pada frekuensi 1900Mhz.PCS adalah teknologi komunikasi bergerak generasi kedua yang merupakan istilah untuk U.S. Federal Communications Commission (FCC) yang digunakan untuk menjelaskan seperangkat teknologi selular digital yang disebarkan di AS. PCS bekerja pada CDMA (juga disebut IS-95), GSM dan antarmuka udara TDMA Amerika Utara (juga disebut IS-136).
Tiga fitur menonjol paling penting dari sistem PCS adalah:
- Fitur ini seluruhnya digital.
- Fitur ini bekerja pada kisaran frekuensi 1900 MHz.
- Semua fitur dapat digunakan secara internasional.

PDC (Personal Digital Cellular)
(PDC) adalah salah satu dari tiga standar nirkabel digital yang terutama di dunia, seperingkat GSM dan TDMA. Walaupun PDC saat ini hanya digunakan di Jepang, ini merupakan standar digital kedua terbesar di dunia dengan pelanggan lebih dari 48 juta pada Juli 2000; para operator di kawasan lain di dunia secara giat mempertimbangkan PDC. Seperti GSM, PDC berlandaskan teknologi TDMA.

PDA (Personal Digital Assistant)
Suatu perangkat keras yang berkerja mirip seperti komputer/notebook kecil yang hemat energi. Fungsi pada PDA sangat terbatas tidak seperti komputer/notebook.

PIN (Personal Identifier Number)
Nomor rahasia yang digunakan sebagai password pada SIM card selular.

POP (Post Office Protocol)
Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

PictBridge
Standar komunikasi yang memungkinkan ponsel dan kamera digital untuk dikoneksikan secara langsung ke printer foto.

PPP (Point to Point Protocol)
Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

Protokol (Protocol)
Seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien.

PSTN (Public Switched Telephone Network)
Suatu sistim komunikasi berkabel, contohnya adalah telpon rumah.

PTT (Push To Talk)
Fungsi komunikasi suara dengan menggunakan data yang bisa dilakukan pada jaringan selular. PTT adalah half-duplex yang berartikita tidak bisa mendengar dan berbicara pada waktu yang bersamaan, hal ini mirip dengan walkie-talkie. PTT digunakan untuk menekan biaya komunikasi karena penggunaan jalur data lebih murah dibanding jalur suara.

PUK
PUK adalah singkatan dari personal unblocking code (kode pribadi untuk membuka blokir). Jika Anda berulangkali memasukkan kode PIN yang salah pada HP yang diproteksi, maka HP tersebut akan diblokir oleh provider jaringan. Untuk membuka blokir tersebut diperlukan PUK yang biasanya terdiri dari delapan digit.

Quad Band
HP dengan quad bisa dioperasikan pada 4 frekuensi, sehingga HP tersebut bisa dipakai di lebih banyak negara.

Roaming
Fungsi untuk berkomunikasi dengan selular pada daerah diluar layanan tempat mobile operator milik pengguna, contoh roaming internasional adalah pengguna selular di Indonesia menggunakan selular-nya diluar negeri dengan bantuan operator luar negeri yang telah mengadakan perjanjian dengan operator selular pengguna, biasanya Roaming dikenakan biaya extra.

RUIM (Removable User Identity Module)
Kartu identitas selular seperti SIM. Kartu RUIM dan istilahnya hanya digunakan pada handset selular CDMA.

SAR (Specific Absorption Rate)
yakni unit pengukuran yang dirancang untuk mengetahui jumlah frekuensi radio yang terserap oleh tubuh manusia pada saat menggunakan handphone.

SIM (Subscriber Identity Module)
Kartu identitas kecil yang dimasukkan pada handset selular, setiap pengguna selular memiliki SIM yang berlainan (unik) datanya. Data yang terekam pada SIM antara lain yaitu nomor telpon selular pengguna, nomor kode jaringan operator yang digunakan, nomor PIN, data kontak (buku telpon) pengguna dan lain lain. Kartu SIM hanya digunakan pada handset selular GSM.

SGSN (Serving GPRS Support Node)
SGSN berfungsi untuk meneruskan packet dari dan ke mobile station (MS/UE) yang berada di bawah servis area dari SGSN tersebut. Tugas dari SGSN meliputi perutingan paket dan pengiriman, mobility management (attach/detach dan location management), pengaturan link secara logik, autentikasi dan fungsi pentarifan (charging). SGSN menyimpan informasi lokasi seperti posisi cell dan VLR yang menghandel mobile station yang bersangkutan serta profile dari user seperti IMSI, dan lainlain.

Smartphone
Suatu kata yang digunakan untuk menjelaskan (berarti) produk selular yang memiliki OS.

SMS (Short Message Service)S
Suatu format text yang dikirim dan diterima melalui selular, text dalam SMS mempunyai panjang maximum 160 huruf.

STK (SIM Tool Kit)
Spesifikasi pada kartu SIM selular GSM, hal ini bertujuan agar mobile operator GSM dapat menambahkan data atau fungsi kedalam kartu SIM, contohnya seperti menu operator, mobile banking, email dan lain lain.

Streaming
Kemampuan untuk menikmati sajian audio atau video di HP Anda secara ‘live’ (langsung) tanpa harus men-downloadnya terlebih dahulu.

Signaling System 7 (SS7)
adalah metoda pensinyalan out-of-band atau protokol komunikasi yang mempunyai beberapa perbedaan keperluan dalam percakapan telpon. Ini disebut out-of-band karena transaksi atau peristiwanya terjadi di luar kanal yang digunakan untuk data atau suara sesungguhnya yang diangkut.
Ada 4 tugas pokok dari SS7 yaitu:
1. fungsi pengawasan, meliputi pengecekan untuk melihat apakah peralatan telpon atau handset dalam posisi on-hook atau off-hook
1. pemanggilan yang meliputi mengetahui bagaimana untuk mencari jejak panggil nomor telpon yang dipanggil.
2. informasi panggilan, seperti menjamin dial-tone dan menyediakan busy-tone.
3. operasi remote seperti yang dibutuhkan untuk verifikasi kartu panggilan dan konversi 800 nomor telpon .

TDMA (Time Division Multiple Access)
adalah teknologi yang menghantarkan layanan digital nirkabel dengan menggunakan time-division multiplexing (TDM). Frekuensi radio dibagi ke dalam slot waktu, kemudian slot tersebut dialokasikan untuk beberapa panggilan. Dengan cara ini, satu frekuensi dapat menunjang beberapa saluran data secara serempak. TDMA digunakan oleh sistem selular digital GSM.
Salah satu teknologi selular digital paling terdahulu, TDMA juga dianggap sebagai teknologi digital yang kurang maju, karena teknologi ini tidak memiliki fleksibilitas yang komparatif.
TDMA adalah standar digital yang digunakan khususnya di AS, tapi juga di Amerika Latin, Selandia Baru dan sejumlah wilayah di Rusia dan kawasan Asia-Pasifik.

Tri-Band
Handphone Tri-band bisa dioperasikan pada tiga frekuensi GSM yang berbeda – GSM900, GSM1800, dan GSM1900. HP jenis ini bisa digunakan di lebih banyak negara.

UMB (USSD Menu Browser)
adalah layanan alternatif terbaru bagi pelanggan Indosat untuk mengakses menu layanan Value Added Service (VAS) seperti News, Download, Entertainment (Astrologi, Gosip), dll via USSD.

UMTS (Universal Mobile Telecommunications System)
Suatu sistim komunikasi wireless generasi ketiga (3G). UMTS pada dasarnya ditujukan untuk menggantikan GSM yang masih berada dalam kategori generasi selular kedua. Pada mulanya UMTS akan berkerja pada frekuensi sekitar 2100 Mhz.

URI (Uniform Resource Identifier)
Sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.resource atau skema:alamat.resource. Misalnya, URI http://yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP Walaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.

URL (Uniform Resource Locator)
Istilah ini pada dasarnya sama dengan URI, tetapi istilah URI lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.

VOD (Video On Demand)
Suatu fasilitas video streaming melalui jalur data, pengguna harus memilih video (channel) yang ingin ditonton sebelum video streaming terjadi, kurang lebih sama seperti memilih TV program sebelum menonton.

VGA (Video Graphics Array)
Suatu resolusi image atau video yang berukuran 640 x 480 pixel.

Video on Demand
adalah layanan yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati video clip dari ponsel 3G melalui layanan video streaming

video streaming
fitur yang berbasis data multimedia (audio dan video) yang ditransmisikan melalui kabel atau nirkabel dengan perangkat yang dapat bergerak (mobile). Layanan ini dapat ditransmisikan dengan menggunakan GPRS sebagai bearer, pembawa paket data dari sumbernya (server).

VLR (Visitor Location Register)
VLR menyediakan penyimpanan database secara temporer untuk MSC agar dapat mengakses sehingga dapat diketahui pelayanan yang telah diterima oleh pelanggan. Setiap saat masuk pengguna handset ke wilayah operator jaringan PCS yang berbeda, VLR memulai penelusuran kembali ke HLR pengguna. Penelusuran ini membantu HLR mengetahui pada HLR mana pelanggan melakukan call routing.
Beberapa VLR biasanya terintegrasi ke MSC karena biasanya saling berkaitan. Meskipun begitu, VLR tunggal dapat mengelola multiple MSC, jadi dapat memisahkan mesin penghitungnya.

VoIP (Voice Over Internet Protocol)
ialah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax menggunakan jaringan berbasis IP (Internet Protocol) untuk dijalankan diatas infrastruktur jaringan packet network. Jaringan yang digunakan bisa berupa internet atau intranet. Teknologi ini bekerja dengan jalan merubah suara atau fax menjadi format data digital tertentu yang dapat dikirimkan melalui jaringan IP.

WAP (Wireless Application Protokol)
Sebuah standard yang digunakan pada selular agar pengguna dapat mengakses halaman Internet yang berformat WML (format data yang telah disederhanakan/dikecilkan agar dapat diterima oleh selular).

WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access)
Suatu protokol transfer data pada sistim jaringan UMTS

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)
Suatu spesifikasi untuk komunikasi data wireless. Spesifikasi WiMAX terdapat dalam IEEE 802.16. WiMAX adalah suatu penyempurnaan WiFi, WiMAX dapat berkomunikasi pada jauh hingga 5 Miles (kurang lebih 8 Kilometer) pada kecepatan transfer data 10 Mbps.

WiFi (Wireless Fidelity)
Suatu spesifikasi transfer data WLAN. WiFi terdapat dalam IEEE 802.11 yang memiliki jarak komunikasi wireless yang pendek, spesifikasi 802.11g dapat mencapai kejauhan hingga 100 meter dengan kecepatan 54 Mbps.

Wireless
Suatu teknik komunikasi atau pertukaran data jarak dekat/jauh tanpa menggunakan kabel.

WML (Wireless Markup Language)
Salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk dipakai pada protokol WAP, sehingga bisa di akses dari handphone.

WLAN (Wireless Local Area Network)
Suatu spesifikasi transfer data wireless untuk LAN.

WWW (World Wide Web)
Suatu spesifikasi atau protokol yang digunakan untuk membuat website dalam Internet.

XML (Extensible Markup Language)
Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web. XML memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan HTML, diantaranya dokumen lebih terstruktur, memungkinkan manipulasi tampilan data tanpa harus berhubungan dengan webserver, serta pertukaran data antar dokumen.

 
http://pirantiku.blogspot.com/2010/06/istilah-istilah-umum-dalam-dunia-ti.html

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4503) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4579) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1626) Fashion (304) Fenomenal (1252) Film (473) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3453) Games (167) Hot Celebs (353) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (943) Kriminal (423) Lucu (1043) Misterius (1059) Musik (486) Ngegosip Nih (1229) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (143) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1486) TV Online (2) Unik (630) Video (1455) Wisata (349) Zodiak (31)