Agar Terhindar dari Perusahaan "Outsourcing" Nakal

Posted by Anak Muda 7 Februari 2013 0 comments
businessman-shaking-hands
(Foto:Dok.Ist)
ISTILAH outsourcing sudah akrab di dunia kerja.
Berdasarkan Keppres 18/2000, Pasal 6 & 28, outsourcing didefinisikan: suatu pola pengadaan yang mengalihkan sebagian kegiatan pengadaan barang atau jasa kepada penyedia barang atau jasa yang mempunyai keahlian di bidangnya yang mencakup layanan kegiatan operasi, rencana kebutuhan barang, proses pembelian, proses kepabeanan, pengelola inventori, sistem suplai dan distribusi.
Saat ini, dengan berbagai alasan, banyak perusahaan yang mengambil tenaga kerja dari pihak kedua, yakni perusahaan outsourcing. Kondisi ini membuat banyak orang mau tak mau bekerja di sebuah perusahaan melalui perantara perusahaan outsourcing.
Keberadaan perusahaan outsourcing sendiri memiliki posisi yang dilematis. Dibutuhkan perusahaan, tetapi tidak disukai karyawan.
Perusahaan cenderung memilih menggunakan tenaga kerja dari pihak outsourcing dengan berbagai pertimbangan yang menguntungkan perusahaan. Tetapi, di pihak karyawan, bekerja melalui perantara perusahaan outsourcing dirasa kurang menguntungkan. Anggapan ini diperparah banyaknya perusahaan outsourcing “nakal” yang lari dari tanggung jawab atau menyelewengkan hak-hak para pekerja. Sebelum memutuskan bekerja melalui perusahaan outsourcing, pastikan Anda mengetahui benar seperti apa perusahaan outsourcing itu.
Bagaimana memilih perusahaan outsourcing yang baik?
1. Perhatikan reputasinya
Kumpulkan semua informasi mengenai perusahaan outsourcing yang akan Anda tuju untuk mengetahui bagaimana reputasinya. Menelusuri reputasi sebuah perusahaan tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan cara-cara berikut:
 Bertanyalah kepada orang yang sedang atau bekerja di perusahaan itu, bagaimana pengalamannya selama bekerja di sana. Bila ada pengalaman dan kejadian aneh dari penuturan orang dalam yang pernah bekerja di sana, Anda harus waspada.
 Jika tidak ada orang yang bisa dimintai informasi, minta petunjuk Mbah Google. Akan lebih baik bila perusahaan itu memiliki laman yang bisa memberi semua informasi yang Anda butuhkan. Keberadaan laman juga salah satu indikasi, perusahaan itu eksis, terbuka, dan bertanggung jawab.
 Bila tidak ada informasi yang bisa Anda dapatkan dari internet, cara terakhir adalah mendatangi langsung kantornya. Anda pasti bisa menyimpulkan sesuatu dari bentuk bangunan kantor, tindak-tanduk karyawan, dan informasi orang-orang di sekitarnya. Jika alamat kantor sulit ditemukan, berarti saatnya Anda menaruh curiga.
2. Kenali sistem pembayarannya
Perusahaan outsourcing tak ubahnya agen penyalur, yang menjadi perantara seorang pekerja dengan perusahaan yang akan mempekerjakannya. Umumnya perusahaan pengguna jasa outsourcing tidak membayarkan gaji langsung kepada karyawan outsourcing, melainkan melalui perusahaan outsourcing. Salah satu ciri perusahaan outsourcing nakal, mereka akan meminta uang muka atau uang jaminan dari calon pekerja yang akan disalurkan.
Padahal aturannya, pihak outsourcing akan memotong gaji bulanan para karyawan yang didapat dari perusahaan pengguna jasa outsourcing sebagai balas jasa. Perusahaan outsourcing yang baik juga membayarkan gaji tepat pada waktunya dan memberikan perincian pemotongan gaji secara terbuka.
3. Pastikan perusahaan outsourcing itu berbadan hukum
4. Baca kontrak dengan teliti
Kesalahan yang banyak dilakukan para pekerja, tidak teliti atau malas membaca kontrak kerja. Padahal, setiap detail kontrak yang tertera akan menentukan nasib Anda selama bekerja di perusahaan itu. Dengan menandatangani kontrak, berarti Anda telah terikat dengan semua aturan tertulis.
Dalam membaca surat kontrak, pastikan Anda tidak membacanya sekilas dan terburu-buru. Bila perlu, minta waktu untuk membaca surat kontrak di rumah agar Anda bisa memahami semua pasalnya dengan baik. Bila ada hal yang kurang dipahami atau kurang yakin, bertanyalah kepada pihak HRD daripada menyesal kemudian.
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)