Inilah Tips Terhindar dari Serangan Hacker

Posted by Anak Muda 21 November 2013 0 comments
Ilustrasi.

Sistem keamanan di dunia maya tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Pasalnya jika dalam situs tersebut terdapat berbagai data dan informasi penting, sewaktu-waktu bisa saja mendapat berbagai serangan dari pihak yang tak bertanggung jawab.

Mengingat belakangan ini kasus peretasan situs kian marak, mulai dari serangan deface, ddos, hingga database leaking, perlu adanya peningkatan sistem keamanan situs.

Pihak-pihak yang tak bertanggung jawab tak akan peduli apakah itu situs pribadi atau perusahaan, bila ia bisa membobolnya dan mempunyai motif tersendiri pasti akan dilakukan. Untuk itu masyarakat, entah itu individu, organisasi, atau perusahaan, diminta untuk waspada.

Dalam keterangannya , selain memberikan tips agar tak mudah disadap, pakar IT Indonesia, Onno W. Purbo juga memberikan langkah-langkah agar tidak mudah terkena serangan dari luar. Berikut beberapa tips tersebut:

Evaluasi Sistem Keamanan Secara Berkala
Onno menyarankan pemilik situs menggunakan fasilitas untuk mengetes sistem keamanan. Bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di sistem operasi, seperti backtrack & kali Linux, atau meminta tim nasional atau tim sektoral untuk menjebol situs dengan tujuan mencari kelemahan sistem.

Buat Tim Pengamanan Pertama
Tim yang mengawasi dan memantau berbagai aktivitas network incident sangat dibutuhkan untuk memantau aktivitas penyerangan. Dengan adanya tim ini, jejak-jejak hacker yang tak bertanggung jawab bisa dilacak. Onno menyarankan untuk membuat Computer Emergency Responds Team secara nasional maupun sektoral untuk koordinasi. Saat ini tim tersebut sudah terbentuk dan bernama Indonesia Computer Emergency Responds Team, atau ID-CERT.

Tutup Semua Celah
Onno W. Purbo juga memberikan saran untuk pertahanan jangka sedang. Disarankan pemilik situs untuk menutup semua lubang security yang ada di situs, jika perlu tulis ulang source code PHP yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk antisipasi agar tidak ada kesalahan dalam menulis kode yang bisa menghasilkan celah bagi para hacker untuk menjebol sebuah sistem.

Tingkatkan SDM
Untuk pencegahan jangka panjang, Onno menyarankan agar pemilik situs untuk memberikan edukasi-edukasi khusus kepada tenaga IT. Bisa dengan membuat buku panduan prosedur standar keamanan situs dan jaringan, teknik keamanan jaringan, atau training secara aktif. Untuk SDM yang bersifat nasional, diperlukan adanya perbuahan kurikulum di di perguruan tinggi agar keamanan jaringan menjadi bagian penting di dalam kurikulum. ~Source~
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)