Teknologi Menghidupkan Mayat

Posted by Anak Muda 9 Februari 2015 0 comments
Teknologi Menghidupkan Mayat
Seseorang yang sudah meninggal dapat hidup kembali
Menghidupkan yang meninggal? Mungkin pertanyaan itu akan dijawab 'tidak' dengan cepat, apabila seseorang bertanya kepada kita. Tetapi ternyata menghidupkan kembali seseorang yang sudah meninggal merupakan hal yang mungkin dan bisa untuk dilakukan, mengingat kecanggihan alat kesehatan sekarang ini.


Penelitian membuktikan bahwa ketika seseorang dinyatakan meninggal oleh para dokter (karena jantungnya sudah berhenti berdetak), belum tentu manusia tersebut benar-benar sudah meninggal. Hal ini dikarenakan sel otak tidak langsung mati ketika jantung pasien tersebut berhenti berdetak. Penelitian mengatakan kembali bahwa di dalam kasus yang ekstrim sel tubuh manusia dapat bertahan hingga 17 hari walau tanpa adanya asupan oksigen ke dalam tubuh tersebut.


Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang wanita di Jepang yang berusaha untuk bunuh diri dengan menegak banyak pil dan berlari ke hutan. Keesokan harinya ia ditemukan tewas oleh seorang pejalan kaki dengan keadaan jantung tidak lagi berdetak dan suhu tubuh 20 derajat celcius. Ketika dibawa ke rumah sakit terdekat, para dokter tidak langsung memulangkan perempuan tersebut untuk dikuburkan, tetapi memasangkan perempuan tersebut dengan mesin yang bernama extra-corporeal membrane oxygenation (ECMO). Mesin ini bertindak seperti paru-paru dan jantung tambahan untuk perempuan ini. Dengan keajaiban yang ada, jantung perempuan tersebut kembali berdetak beberapa jam kemudian. Ternyata suhu hutan tempat ia ditemukan juga membantu tubuhnya agar tidak membusuk seperti ketika berada di suhu panas. Hingga sekarang perempuan tersebut hidup bahagia bersama anak dan suaminya.


Kasus tersebut membuktikan bahwa menghidupkan orang yang telah meninggal merupakan hal yang mungkin di dunia kesehatan saat ini. Menurut Parnia dalam bukunya yang berjudul Erasing Death mengatakan bahwa ada beberapa tahap untuk menghidupkan menusia kembali. Tahap-tahap tersebut adalah:

1.) Menghidupkan kembali jantung

Defibrillators khusus dapat meningkatkan kesuksesan dengan memonitori CPR di tempat. Alat ini dapat membantu secara audio dan visual untuk meningkatkan kinerja dokter, sepertu memerintahkannya untuk menekan lebih keras atau memberikan beberapa waktu dalam setiap tekanan. Banyak dokter yang tidak menggunakan alat ini padahal alat ini sangat penting dalam melakukan CPR.


cpr


2.) Menggunakan mesin ECMO

Selama dokter melakukan CPR untuk mengembalikan detak jantung sang pasien, mesin ECMO seharusnya terpasang. Mesin ini akan mengganti darah sang pasien dengan darah yang terkandung oksigen didalamnya. Menurut BBC Future, tingkat keberhasilan menghidupkan manusia kembali dengan menggunakan alat ini di Jepang dan Korea adalah 90%.


ecmo


Menghidupkan manusia kembali merupakan hal yang mungkin terjadi di dunia kesehatan saat ini, tetapi hal ini merupakan hal yang baru di dunia kesehatan. Seorang dokter belum tahu secara pasti harus berapa lama menunggu dan berusaha untuk membuat jantung pasien tersebut berdetak sendiri. Cara ini sendiri masih diteliti lagi oleh para ilmuan kesehatan.
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)