Apple akan Ganti iPod Bermasalah di Jepang
Jakarta (ANTARA News) - Unit Apple di Jepang akan mengganti semua iPod nano, pemutar musik portable yang mengalami panas berlebih saat digunakan (overheating), menaikkan tawaran sebelumnya yang hanya akan mengganti baterai yang rusak.

Konsesi pada Selasa keluar setelah Kementerian Perdagangan Jepang menempatkan perusahaan teknologi terbesar di dunia itu berada dalam pengawasan, memerintahkan untuk mempublikasikan pernyataan yang "mudah dipahami" di website-nya yang menjelaskan bagaimana pengguna perangkat itu mendapatkan baterai pengganti dan penjelasan.

Model generasi pertama, yang dijual antara September 2005 dan Desember 2006, bertanggung jawab atas 60 insiden overheating di Jepang, termasuk empat kasus luka bakar ringan, menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI).

Apple menggambarkan kejadian itu "sangat langka" dan menyalahkan masalah tersebut pada pemasok baterai tunggal, tanpa mengidentifikasi pembuatnya.

Seorang juru bicara perusahaan AS tersebut di Tokyo pada Rabu menolak mengomentari jumlah perangkat yang dijual di Jepang karena masih berselisih dengan pemerintah Jepang.

"Kami telah bekerja sama dengan METI untuk memastikan pelanggan nano generasi pertama iPod yang peduli dengan baterai mereka mendapatkan informasi terbaru," kata juru bicara perusahaan yang bermarkas di AS itu, Tom Neumayr pada 6 Agustus.

METI mengatakan "sungguh disesalkan" METI mengimbau Apple hingga Minggu untuk melaporkan sekitar 30 insiden overheating, demikian Reuters melaporkan.