Sejarah game

Posted by AMportal 8 Februari 2011 0 comments
 
AnakMuda 3007 - Meskipun sejarah perkembangan game berlangsung selama lima dekade, game sendiri tidak populer hingga akhir tahun 1970an. Berikut ini ringkasan sejarah game dan perkembangannya.

* 1958: Ahli Fisika membuat video game pertama yang menyerupai permainan tenis meja.


* 1961: Steve Russel, siswa MIT membuat game komputer interaktif pertama berjudul Spacewar.


* 1966: Ralp Baer menciptakan game interaktif menggunakan televisi.


* 1971: Nolan Bushnell dan Ted Dabney membuat versi arcade Spacewar, yaitu Computer Space.


* 1972: Bushnell dan Dabney mendirikan Atari. Game pertama Atari adalah Pong.


* 1975: Game komputer pertama dirilis, yaitu Gunfight.


* 1976: Coleco merilis konsol video game pertama yang disebut Telstar.


* 1977: Atari mengenalkan video game berbasis kartrid yang dikenal dengan nama Atari 2600.


* 1978: Atari memperkenalkan trackball dalam game Football.


* 1978: Midway merilis Space Invaders yang merupakan game arcade pertama yang menampilkan skor tertinggi.


* 1979: Atari mencoba mengembangkan konsol berhologram bernama Cosmos. Namun konsol tersebut tidak pernah dirilis.


* 1979 Asteroid merupakan game pertama yang dapat memasukkan 3 karakter huruf pemilik skor tertinggi untuk disimpan di dalam mesin.


* 1980: Activision menjadi vendor video game.


* 1980: 300.000 unit Pac-Man dirilis oleh Namco.


* 1981: Arnie Katz dan Bil Kunkel menerbitkan majalah game pertama bernama Electronic Games.


* 1982: Atari mengeluarkan Atari 5200 untuk bersaing dengan Coleco.


* 1983: Nintendo masuk ke pasar Jepang.


* 1985: Game Tetris dikembangkan oleh programer Rusia, Alex Pajitnov.


* 1986: Nintendo NES dirilis di Amerika Serikat.


* 1986: Sega memperkenalkan Sega Master System (SMS) untuk bersaing dengan NES.


* 1986: Atari memroduksi Atari 7800.


* 1989: Nintendo memasarkan produk handheld Game Boy.


* 1991: Nintendo mengeluarkan Super NES di Amerika Serikat.


* 1993: Atari merilis Jaguar, konsol 64 bit pertama di pasaran.


* 1994: Sega Saturn dan Sony Playstation memulai debutnya di Jepang.


* 1995: Sony memasarkan PlayStation di Amerika Serikat.


* 1995: Nintendo merilis Nintendo 64 di Jepang.


* 1996: Demam Virtual Pet Tamagotchi melanda Jepang dan Amerika Serikat.


* 1997: PlayStation menjadi game konsol terpopuler.


* 1998: Sega memperkenalkan Dreamcast di Jepang. Konsol ini bekerja pada Microsoft Windows CE.


* 2000: Sony PlayStation 2 dirilis di Amerika Serikat dan menjadi fenomena baru.


* 2000: Game The Sims dirilis dan menjadi game terpopuler.


* 2001: Microsoft memperkenalkan Xbox dengan built-in hardrive dan port ethernet. Nintendo memperkenalkan GameCube dan GameBoy Advance.


* 2004: Sony memroduksi PSP, konsol portabel beresolusi tinggi.


* 2004: Microsoft menciptakan Xbox 360 untuk bersaing dengan Sony.


* 2006: Nintendo memasarkan Wii, konsol game revolusioner.


* 2006: Sony mengeluarkan PlayStation 3, konsol yang canggih namun mahal.


* 2007: Nintendo merilis Super Mario Galaxy untuk Wii.


* 2008: Grand Theft Auto 4 memecahkan rekor penjualan tertinggi dalam minggu pertama setelah rilis.


* 2008: Wii Fit dipasarkan agar para pengguna merasakan manfaat olahraga dalam konsol.


* 2009: Nintendo Wii Sports menjadi best seller video game.


Demikian, ringkasan sejarah dan perkembangan game dari tahun ke tahun. Game mana saja yang pernah Agan mainkan?

_______________________________________________________________
Part 2
Sejarah Game
Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.

Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.

Game generasi pertama

Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).


Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.


Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.

Game generasi kedua

Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.


Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.


Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.


Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.


Dan kini komputer bersaing dengan mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.

_______________________________________________________________
Game sapa sih yang ga kenal sama game dari anak anak sampe tua pun swudah mengenal game, Game dalam artian bahasa indonesia adalah permainan, inget ga sewaktu kita kecil dulu kita bermain main game game tradisional, seperti misalnya patok lele, petak umpet trus masih banyak game game lainnya tapi kenapa permainan seperti itu sudah sangat jarang sekali kita temukan di kota kota malah sekarang yang menjamur game game seperti game Online Game Game yang merusak masa depan apabila tidak dikondisikan dengan benar oleh usernya.

dari mana sih awal dari semua game game itu?

generasi game pertama muncul dari ATARI 2600
merupakan konsole game pertama yhang sukses di mansanya atari 2600 ini dirilis pada oktober 1977, waduh kalian sudah lahir blom ya Tongue nah setelah itu dikenal dengan nama VCS (Video Computer System)

setelah sukses pada generasi pertama atari tidak menyerah sampai disitu saja untuk memajukan dunia game elektronik pada generasi kedua muncullah atari 7800 konsol ini dirilis pada juni 1986 pada atari 7800 ini ada sedikit kemajuan dengan menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan konsole game ini namun pada masanya harga dari konsole game ini selangit yaitu $140 wuiih pada jamannya mungkin ini menjadi salah satu permainan termahal..

lalu setelah Atari 7800 ada NES Nintendo entertaintment System nah inilah konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit nah nintendo ini menghasilkan produk produk game yang lain daripada yang lain salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros.. (nah akhirnya kalian tau juga kan knapa saya pasang gambar mario bross di depan karena itu menurut saya sebuah logo untuk perkembangan game dari zaman ke zaman)

setelah NES laris manis dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, kalau tadi nintendo dikenal dengan super mario brossnya sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog,


pada generasi ke empat dari sejarah game produksi game semakin menjamur dan berkembang pesat salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah playstation merupakan salah satu game konsole terlaris dan menurut saya terbaik di indonesia bahkan di dunia merupakan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit


generasi kelima playstation atau yang lebih akrab kita sebut PS semakin gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2 namun pada generasi ke lima ini sangat banyak sekali saingan saingan PS2 ,XBox, sega Saturn, Dreamcast, dari generasi kelima ini sudah mulai banyak perusahaan perusahaan yang memproduksi konsole game.


Generasi sekarang, pada tahun ini sudah banyak sekali konsole game menjamur di dunia PS juga masih terus mengembangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga mengeluarkan WII,


kita tilik dari generasi pertama sampai generasi sekarang perkembangan game sangat cepat sekali berkembang, bahkan sekarang lagi de\ikembangkan game yang menggunakan kacamata khusus sehingga user dapat terhisap masuk kedalamnya,

coba kalian bayangkan 10 tahun lagi gimana yah perkembangan game di dunia??
_______________________________________________________________
Kemudian Game Online
Tak terasa bahwa perjalanan game online di Indonesia telah memasuki tahun ketujuh, dimulai dengan masuknya Nexia Online di Indonesia untuk pertama kali 7 tahun yang lalu. Kiranya artikel ini bisa membuat gamer bernostalgia dengan game lama (yang sudah menutup layanan). Kami akan membahasnya satu persatu secara singkat.

Karena panjangnya atikel ini, maka kami akan membaginya menjadi 2 bagian. Bagian yang kedua akan diposting di hari berikutnya. Bagian pertama akan membahas game online dari tahun 2001 hingga 2004, yang kami kategorikan masa nostalgia, karena banyaknya game online yang sudah menutup layanannya.


Nexia


Nexia, game online RPG keluaran BolehGame pertama di Indonesia muncul pada bulan Maret tahun 2001 dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, dan bahkan bisa dimainkan di Pentium 2, dengan grafik card 3D minimal. Game keluaran Nexus (Korea) ini juga mudah di-install pada komputer-komputer warnet yang kebanyakan memiliki spesifikasi ‘yang penting bisa internet’. Memperkenalkan bermain game dan chat bersama pertama di Indonesia, game dengan karakter imut kecil ini sukses tanpa mendapat saingan. Walau 2D dan simple, game ini memberi kesan cukup mendalam pada gamer-gamernya, terbukti setelah beberapa tahun berlalu masih banyak yang menunggu sequelnya bahkan banyak jugamemainkan Nexia server internasional.



Game yang terdiri dari 4 karakter utama (mage, roque, warrior dan poet) ini mempunyai dunia jelajah yang luas, dan disertai dengan banyak quest sesuai levelnya. Selain itu Nexia mempunyai banyak ’side job’ seperti menambang, menjahit, menempa, yang bisa menghabiskan waktu-waktu hingga ratusan jam permainan untuk mencapai tingkat mahaguru. Game ini ditutup sekitar tahun 2004 karena lisensinya tidak diperpanjang lagi.



Redmoon


Game dengan grafik 2.5D ‘full color’ ini sempat sangat digandrungi oleh gamer di Indonesia. Muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 2002, Redmoon bisa diterima oleh gamer Indonesia. Dengan gameplay yang ber-setting masa depan, game ini mempunyai tingkat kesulitan permainan yang cukup tinggi, dimana level karakternya bisa mencapai level 1000. Ketika game ini di-patching dengan versi terbaru, karakter permainan bahkan ditingkatkan menjadi maksimal level 5000. Cerita Redmoon sendiri didasarkan kisah dari sebuah komik dengan judul yang sama.



Kesulitan lainnya di dalam Redmoon adalah ketika karakter mati, barang yang dipakai, dibawa, bahkan uang (gold) juga bisa jatuh secara random. Keasyikan bermain Redmoon terletak di leveling, upgrade barang dan mencari barang-barang langka yang cukup sulit untuk didapatkan. Pemain yang levelnya tinggi, bisa menempuh perjalanan ke ruang angkasa dengan sebuah pesawat yang berangkat tiap 1 jam. Keunikan lainnya game ini adalah game ini memiliki 9 karakter (Philar, Sadad, Lavita, Destino, Canon, Jarexx, Azlar, Lunarena, dan Kitara). Masing-masing karakter memiliki skill yang unik dan berlainan.


Ketika game ini pertama kali launching, pihak pemegang lisensi game menyediakan sebuah mobil sport bagi pemain yang pertama mencapai level 1000. Sayangnya pada akhirnya hadiah tersebut tidak jelas dan siapa yang mendapatkannya juga tidak jelas. Redmoon sendiri akhirnya menutup layanannya pada tahun 2005.



Laghaim


Layaknya game console, kecanggihan grafik sebuah game adalah faktor utama yang membuat gamer tertarik melihat game tersebut dan mencobanya. Sayangnya, game 3D membutuhkan spesifikasi komputer user dan server yang tidak kecil… Karena itu Laghaim yang adalah game online RPG bergrafik 3D pertama yang masuk Indonesia, tapi sering lag pada kota utamanya hingga mendapat julukan LAG-haim.



Game keluaran BolehGame ini hadir pada awal tahun 2003, beberapa bulan sebelum Ragnarok Online beredar di Indonesia. Pada saat itu koneksi internet Indonesia bisa dikatakan belum begitu bagus dan beberapa warnet spesifikasi komputernya ada yang masih pas-pasan, sehingga laghaim sendiri kurang begitu sukses bila dibanding dengan Nexia. Selain itu gambarnya sendiri tidak begitu sreg dilihat oleh mata. Laghaim sendiri cukup bisa bertahan hingga tahun 2006, karena mempunyai peminat fanatik tersendiri.



Ragnarok Online (RO)


Game yang kisahnya diambil dari sebuh komik karya komikus terkenal Korea ini, sudah terkenal sebelum masuk ke Indonesia. Banyak gamer Indonesia telah antusias menunggu game ini hingga rela memainkannya dengan lag-lag di server internasional. Ketika game yang booming di mancanegara ini masuk ke Indonesia pada bulan Mei tahun 2003, game ini langsung diserbu para gamer melebihi game-game sebelumnya. Game buatan Gravity (Korea) mempunyai gameplay dan gambar anime yang sangat cocok dengan kegemaran gamer Asia, bahkan game ini cukup sukses juga di berbagai negara Eropa.



Game keluaran PT. Lyto ini dengan mudah menarik banyak penggemar baru bahkan dari kalangan yang non-gamer. Game yang sangat sukses ini bahkan tidak hanya menguntungkan publishernya, tapi juga beberapa gamer bahkan membeli mobil atau apartemen dengan jual beli barang di dalam game ini. Ragnarok Online memakai grafik rendered 3D dengan karakter yang lucu-lucu, hingga menarik banyak pemain gamer cewek untuk memainkannya. Bukan rahasia lagi kalau beberapa gamer juga mendapatkan pasangannya bahkan pasangan hidup dari game ini.


Kelebihan game ini antara lain memiliki dunia luas yang bisa dijelajahi oleh para pemainnya. Selain itu pembagian karakter dan job-nya sendiri sangat baik bila dibanding dengan game-game lainnya. Monster, item dan peta juga dibuat dengan sangat baik. Fitur-fitur lainnya pada game seperti karakter bisa membuka chat room (pub), karakter yang bisa berjualan, menempa barang, mengambil quest dan masih banyak lagi, merupakan salah satu yang membuat game ini tidak menbosankan. Ragnarok sampai saat ini masih bertahan di Indonesia walau banyak bermunculan game-game online baru, dan dapat dikatakan bahwa Ragnarok merupakan game online tersukses di Indonesia.



GunBound


Gundbound merupakan game online ber-genre action pertama yang masuk ke Indonesia. Dirilis sekitar tahun 2004, Gunbound sangat asyik dimainkan untuk mengisi waktu senggang. Tidak seperti game online RPG, game keluaran BolehGame ini tidak ‘menuntut’ gamer harus berdiam di depan komputer untuk berjam-jam. Sistem permainannya sendiri bisa berkelompok atau sendiri-sendiri, dimana karakter yang dimainkan akan mengendarai sebuah ‘kendaraan’ yang bisa menembaknya amunisi kepada lawan mainnya.



Gunbound merupakan game pertama yang memanfaatkan sistem ‘item mall’ , yaitu pemain dapat membeli item-item atau avatar (item yang bisa dipakai oleh karakter) untuk mendandani karakternya. Pembelian item bisa menggunakan voucher yang diterbitkan oleh BolehGame.


Gunbound juga merupakan game gratis selamanya pertama di Indonesia, dimana pemain tidak perlu harus membeli voucher untuk bisa memainkannya. GunBound juga merupakan game action pertana yang masuk di WCG (World Cyber Game). Game ini sempat sangat digandrungi ketika pertama kali dirilis di Indonesia, dan hingga kini GunBound masih bertahan dengan para penggemarnya yang terlihat masih cukup setia untuk memainkan game ini.



Xian


Game 2.5D ini cukup kreatif memakai sistem strategi-RPG dengan latar belakang oriental Asia. Xian memiliki gameplay yang berasaskan berdagang dan mencari keuntungan sebesar besarnya. Uang di dalam game ini adalah segalanya, dan semua item bisa di uangkan, dan mungkin tujuan akhir dari game ini adalah mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.



Game yang sangat unik keluaran BolehGame ini, mengambil setting Asia timur pada tahun 1500. Ketegangan politik melanda di seluruh negeri Asia Timur. Setelah perang saudara yang panjang di Jepang, akhirnya Jepang bersatu dan merencanakan perluasan daerah jajahan. Dinasti Ming di Cina yang sedang berperang melawan musuhnya, sudah mulai kehilangan kekuatan dan semangat. Keadaan damai yang panjang di Korea membuat penduduk negeri itu menjadi tidak peduli dengan perubahan yang terjadi di sekitar negeri mereka. Saat itu keadaan ekonomi dan sosial sedang mengalami saat yang sangat sulit. Tapi keadaan seperti ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mewujudkan impian mereka. Pedagang-pedagang dari Korea, Jepang dan Cina berkelana ribuan kilometer jauhnya melewati gunung-gunung yang tinggi, sungai-sungai yang panjang dan melintasi lautan luas nan ganas untuk memperoleh kemasyuran dan kekayaan. Petualangan seperti ini yang harus dijalani oleh pemain game yang ingin menjadi seorang pedagang termasyur.


Xian masih bertahan hingga kini karena memakai sistem ‘item mall’ yang gratis selamanya. Pemain game fanatik terhadap sistem pola permainan yang unik ini, tampaknya susah berpaling terhadap game online lainnya.



Risk Your Life (RYL)


Game online RPG 3D bergaya gothic, dengan tema dua bangsa yang bermusuhan, yaitu Human (manusia) dan Akhan. Game keluaran PT. Dream Web Technology masuk sekitar pertengahan tahun 2004. Game ini membutuhkan spek komputer yang sangat tinggi untuk bisa memainkan game ini dengan lancar, yaitu processor setidaknya harus setara dengan Pentium 4 dan dengan kartu grafik yang mempunyai kemampuan rendering tinggi.



Dalam RYL kamu dapat menyerang dan menguasai para monster, pemain, group, guild, kebangsaan lainnya; dan karakter kamu akan berkembang dengan latihanmu. Karakter pemain akan berkembang tidak hanya dari level, tapi juga dari mengumpulkan sumber alam, dan pemain harus melindungi para teman, guild, bahkan kebangsaanmu sendiri. Jika tidak, pemain lain akan menguasai sumber alam tersebut. Terdapat 3 jenis peperangan di dalam game RYL yaitu Guild War, Siege War dan Race War.


RYL hingga kini juga masih bertahan dengan tiga buah servernya, dan sejak tahun 2005 RYL telah meng-upgrade versinya menjadi RYL versi 2.



Tantra Online


Tidak lama setelah RYL muncul, Tantra muncul sebagai saingan yang cukup serius untuk gameplay yang hampir sama. Game online RPG 3D ini menampilkan tema berbeda dari ‘middle earth’ ataupun ‘futuristik’, Tantra Online mengambil setting dari legenda-legenda di India. Grafiknya sendiri terlihat indah dan cukup mendetail, dimana pemain dapat melihat ukiran-ukiran pada armor yang kamu pakai, peta dan bangunan di dalam game juga terkesan khas India kuno.



Tantra juga menawarkan sejumlah dungeon/area bawah tanah, bahkan area istimewa yang dipersiapkan khusus untuk para pemain melakukan pertempuran dan pertandingan antar dewa 8 Karakter berbeda. Dalam Tantra terdapat 4 kelas dan 8 suku. Setiap suku dilengkapi dengan pakaian dan item yang unik ditambah dengan fasilitas menambah level karakter guna meningkatkan kemampuan tempurnya. Sistem war yang dapat dilakukan kapan saja dan sistem ‘guild castle siege’ juga merupakan keunggulan game ini.


Game keluaran Playon ini tampaknya sudah banyak ditinggalkan oleh para pemainnya, tapi masih sempat bertahan saat ini. Tampaknya Playon ingin tetap bertahan dan lebih konsentrasi terhadap game-game baru mereka di masa mendatang. Sejak tanggal 5 Maret 2008, Tantra bisa dimainkan gratis selamanya. Selain itu sejak tanggal 1 Maret, telah ada event ‘Double XP’ selamanya.



Survival Project


Game ber-genre action-RPG ini tidak begitu sukses di Indonesia dan hanya bertahan kurang dari 2 tahun sejak diluncurkan. Game yang dikeluarkan oleh Playon dengan jarak waktu yang hampir bersamaan dengan diluncurkannya Tantra, mempunyai gameplay yang cukup unik, dimana pemain bisa bermain bola, saling bertarung untuk mengumpulkan ‘legendary orb’.



Survival Project memakai grafik 2D (tampilan karakter hanya terlihat dari atas) yang imut dan penuh warna, rencananya akan gratis selamanya dengan menggunakan sistem item mall. Sayangnya game ini tidak bisa diterima oleh gamer Indonesia, walau cukup sukses di negara asalnya Korea.


Tak terasa bahwa perjalanan game online di Indonesia telah memasuki tahun ketujuh, dimulai dengan masuknya Nexia Online di Indonesia untuk pertama kali 7 tahun yang lalu. Kiranya artikel ini bisa membuat gamer bernostalgia dengan game lama (yang sudah menutup layanan) dan sedikit informasi tentang game baru yang telah (akan) beredar tahun ini.

Artikel ini adalah bagian kedua, dimana bagian pertama akan membahas game online dari tahun 2001 hingga 2004, yang kami kategorikan masa nostalgia, karena banyaknya game online yang sudah menutup layanannya. Pada bagian kedua ini kami kategorikan masa revolusi game online, karena banyaknya game-game online baru yang beredar dengan tipe permainan yang unik dengan ‘gameplay’ yang berbeda.


GetAmped


Game action-fighting 2.5D keluaran PT. Lyto yang dapat dimainkan beberapa gamer sekaligus. Dengan fasilitas utama membuat atau mendownload skin untuk karakter-karakternya, gamer bisa membuat karakter sendiri di dalam game ini. Muncul pada awal tahun 2005, GetAmped merupakan game kedua keluaran PT. Lyto setelah sukses dengan Ragnarok. Dengan sistem ‘free to play’ dan ‘item mall’, game ini mayoritas dimainkan mereka yang berada pada usia 17 tahun ke bawah dan laki-laki. Game ini juga dapat dimainkan menggunakan gamepad khusus untuk komputer.PT. Lyto sering mengadakan event untuk mempromosikan game ini, sehingga walau game ini terlihat tidak begitu bagus, tapi memiliki banyak peminat tersendiri, terutama sejak di upgrade menjadi GetAmped-R. Sampai saat ini game buatan Korea ini masih bertahan di Indonesia dan banyak diminati oleh gamer di luar Jakarta.



StarGate Online (SGO)


Game Online RPG 2D dengan gambar-gambar imut yang memiliki mayoritas pemain berumur 17 tahun kebawah, muncul pada tahun 2005. Game keluaran PT. Borneo X ini memiliki keunikan dimana masing-masing karakter bisa mengendarai semacam robot, dan salah satu karakternya juga adalah sebuah robot. Game online buatan Jepang ini sempat menjadi gratis kembali dengan sistem ‘item mall’ setelah ditinggalkan pemainnya karena memakai sistem ‘Pay to Play’.Game ini sebenarnya cukup menyenangkan, sayangnya memiliki kekurangan di pola manajemen dari pihak publisher, hingga akhirnyamenjadi salah satu game publisher di Indonesia yang menutup usahanya pada tahun 2006.



TS Online


Game Online RPG 2D keluaran tahun bulan Juli 2005 ini, memiliki gaya oriental dengan mengambil setting jaman ‘Sam Kok’ atau yang dikenal dengan tiga kerajaan (Three Kingdom). Gaya permainan di dalam gamenya cukup unik, dimana pemain dapat menangkap monster untuk dijadikan sebagai peliharaan (pet). Di dalam game-nya sendiri terdapat beberapa mini game seperti permainan dadu, sehingga pemain tidak akan cepat bosan.



TS Online juga merupakan game online yang pertama kali memperbolehkan membuka dua client atau karakter bersamaan dalam satu komputer. Sayangnya game ini hanya bertahan hingga 18 Februari 2008, dan sudah ditutup aksesnya oleh pemegang lisensinya, PT. Global World Technology.



Pangya


Satu lagi game action dari BolehGame, yang memperkenalkan pola bermain golf 3D, dengan karakter imut dan menggemaskan. Akurasi dan perhitungan jitu dibutuhkan untuk menjadi ahli di dalam game ini. Banyak gamer tergila-gila dengan permainan yang satu ini, hingga menjadikannya sebagai game wajib yang harus di mainkan setiap hari. Bisa dikatakan bahwa Pangya merupakan game tersukses BolehGame setelah Nexia.



Sistem permainan Pangya sendiri mirip pada umumnya dengan olahraga golf. Bedanya adalah Pangya memiliki banyak pola pukuran yang aneh-aneh dan lapangan golf yang sangat unik, bahkan pemain bisa bermain golf di padang salju. Dengan sistem ‘item mall’, Pangya tampaknya akan bisa bertahan lama dengan pola bermain gratis selamanya.Pangya telah menutup layanannya di Indonesia pada bulan April 2008, dan masih dengan update season 2. Di negara aslinya, Korea, Pangya sudah memasuki update season 3, dimana belum jelas kapan akan di-update juga di Indonesia. Game ini masih banyak diminati oleh para gamer yang memang menyukai pola permainan yang berbeda dibanding game online lainnya.



O2Jam


O2Jam adalah permainan game online berdasarkan musik yang dapat dimainkan 8 player didalam 1 room secara bersamaan. Didalam game ini, gamer dapat menggunakan alat-alat musik yang lucu-lucu. Bukan hanya alat musik saja, gamer juga dapat memakai baju-baju atau avatar yang lucu-lucu juga.Mengikuti kesuksesan game arcade seperti Dance Dance Revolution dan Para para, game ini memperkenalkan user PC pada game musikal berbasis ketukan. Untuk memahami O2Jam, kamu cukup mengikuti melodi lagu dan menekan tombol dengan cekatan. O2Jam dirilis pertama kali oleh PT. Infomedia Nusantara pada tahun 2005, dan langsung banyak diminati oleh para gamer, terutama gamer cewek. Lagu dan alunan musik di O2Jam sering sekali terdengar di warnet dan game center pada saat itu.Ketika game ini sempat dibuat ‘pay to play’, penggemar game ini sebagian besar langsung kabur, hingga akhirnya diubah menjadi sistem ‘item mall’ atau ‘free to play’. O2Jam masih bertahan hingga saat ini, dan sejak tahun 2006 sudah berubah menjadi O2Jam NX (New Experience).



Knight Online


Walau dengan grafik 3D yang masih terlihat kaku dan kurang dipoles, game ini sebenarnya cukup menarik. Muncul pertama kali sekitar pertengahan tahun 2005, game ini hanya diketahui sedikit gamer. Game ini terlihat sepi peminat dan terlihat kurang ramai ketika game ini dimainkan pada saat close beta dan open beta.



Sebenarnya pola permainan game ini hampir sama dengan RYL episode 1, dimana ditekankan adalah pertempuran (PVP) antar gamer yang bisa memilih bangsa El Morad atau Karus. Masing-masing bangsa terdiri dari 4 ras yaitu Mage, Priest Warrior dan Rogue. Terdapat sistem battle juga di game ini yang dilaksanakan setiap dua minggu dan untuk memperebutkan kastil (castle siege).Promosi yang kurang oleh publishernya PT. Infomedia Nusantara, membuat game ini tidak begitu populer walaupun memakai sistem ‘item mall’ dan gratis selamanya. Game ini hanya bertahan kurang dari 2 tahun, yang akhirnya ditutup pada tahun 2007.



Vital Sign


Vital Sign merupakan game online 3D First Person Shooting (FPS) pertama di Indonesia. Mirip dengan pola permainan game Quake, Doom dan Counter-Strike, diharapkan game ini bisa mengulang sukses game Counter-Strike di Indonesia. Hadir pada bulan September 2005, game ini mulanya cukup gencar dipromosikan oleh publishernya.



Vital Sign membutuhkan komputer dengan spek yang sangat tinggi dan koneksi internet yang stabil plus kencang, Sayangnya kondisi internet Indonesia saat itu kurang memadai untuk bisa memainkan game ini secara lancar, sehingga banyak gamer yang mengalami ngelag sehingga akhirnya game ini tidak begitu diminati. Game ini sempat bertahan lebih dari 1 tahun, walau akhirnya harus menutup layanannya.



SEAL Online


SEAL Online dirilis di Indonesia pada bulan Februari 2006 oleh PT. Lyto, yang merupakan game fantasy RPG 3D dengan grafik imut dan jalan cerita yang menarik. Setiap pemain dalam game akan ditampilkan dalam bentuk karakter 3D imut dan lucu, yang dapat memberikan perasaan nyaman untuk semua kalangan, sehingga memudahkan para gamer untuk saling berkenalan. SEAL memiliki fitur-fitur menarik seperti karakter gamer bisa memancing, berpacaran, memelihara pet, chatting lewat messenger (chat) dan berburu (hunting) bersama.



Game ini sempat booming di Indonesia, apalagi PT. Lyto menghadirkan Marshanda sebagai ikon game, dan ikut bermain game ini juga. Game ini sempat ditinggalkan pemainnya ketika diterapkan sistem ‘pay to play’ yang waktu itu sudah tidak tren lagi di Indonesia karena banyaknya game gratis yang beredar. Akhirnya PT. Lyto menerapkan sistem ‘free to play’ dengan ‘item mall’, yang kemudian kembali menarik minat gamer untuk kembali memainkan game ini.Hingga saat ini SEAL cukup sering mengadakan event di dalam game maupun di luar game, dan tetap bertahan seiring dengan mulai banyaknya game-game online baru yang bermunculan.



RAN Online


Game MMORPG 3D Korea yang satu ini cukup unik, dengan latar belakang cerita ‘tawuran’ dan perseteruan antar sekolah model Jepang. Namun dunianya juga diserang oleh monster, zombie dan sejenisnya. Masing-masing sekolah terbagi menjadi 4 sektor dan juga terdapat 4 tipe karakter yang bisa dimainkan, antara lain Combat (tangan kosong atau fighter), Sword (memakai senjata), Archery (pemanah) dan Qigong (tenaga dalam atau magic).



Dirilis pada bulan April 2006 di Indonesia, RAN sangat diminati dan cocok dengan selera gamer Indonesia. Hal ini terlihat dengan ramainya gamer yang ikut bermain game ini hanya dalam waktu singkat. Salah satu kelebihan game ini adalah pemakaian spek komputer untuk memainkan game ini tidak terlalu tinggi. RAN bisa dimainkan cukup dengan komputer pentium 3 kecepatan 500 Mhz plus kartu grafis 32 MB, dan cukup memori 256 MB.Game keluaran PT. Jaspace ini memakai sistem ‘item mall’ dan gratis bermain selamanya. Hingga kini game ini masih sangat diminati oleh gamer setianya, dan patch update-nya telah memasuki episode 2.3.



Deco Online


Deco muncul di Indonesia pada bulan Juli 2006 lewat publisher PT. Playon. Game 3D memiliki grafik kartun namun tidak berkesan imut seperti Ragnarok atau SEAL. Deco Online memiliki banyak fitur yang unik dan bervariasi, seperti Multiple Combo, Side Job, Instant Dungeon, PvP Battle, Messenger, dan masih banyak lagi. Uniknya game ini, gamer dapat menyelesaikan quest berulang-ulang, sehingga dapat melakukan leveling dengan mudah.



Terbagi menjadi dua dunia yaitu Millena dan Rain, masing-masing dunia memiliki beberapa karakter. Millena memiliki karakter yang menggunakan pedang (1 tangan dan 2 tangan) dan busur, sedangkan Rain memiliki karakter yang mengandalkan sihir (magic).Dengan sistem ‘item mall’ dan ‘free to play’, tadinya game ini diharapkan bisa menarik banyak gamer untuk ikut memainkannya. Sayangnya permainannya agak monoton, terutama karena mudahnya mendapatkan item dan tidak adanya item rare, jadi perdagangan dalam game ini mati. Pada akhirnya Deco memang memiliki rare-rare item dan menurunkan drop rate namun tetap tidak terasa signifikan. Deco masih bertahan hingga saat ini dan PT. Playon masih terus mengadakan patch dan update terbaru.



AyoDance


AyoDance (Audition) adalah game musikal yang sangat sukses di Indonesia. Game Korea yang dirilis oleh PT. Megaxus Infotech pada bulan Desember 2006, dan memasuki masa komersial pada awal tahun 2007. AyoDance sangat simple untuk dimainkan dan dengan lagu-lagu yang enak didengar. Karena sifat permainannya, banyak cewek yang bergabung memainkan game ini. Dari info yang beredar mungkin jumlah gamer cewek AyoDance melebihi gamer cowoknya. Bukan rahasia kalau game ini populer dan ramai sebagai ajang untuk kenalan dan menemukan pacar.



Game ini juga mengusung sistem ‘free to play’ dengan ‘item mall’. Di dalam game, gamer akan berperan sebagai seorang dancer. Ada beberapa mode permainan dapat dipilih sesuai yang diinginkan dan lagu dapat juga diganti sesuai dengan keinginan gamer. Mode permainan antara lain Freestyle Mode, Chance Mode, B-Boy Mode (Battle), Couple Mode, Big Game Mode dan Dance Competition.Di China game Audition ini memiliki lebih dari 100 juta pemain. Di negara lain terutama Asia, game ini juga cukup sukses dan digermari terutama oleh gamer kawula muda. AyoDance bisa dikatakan game tersukses kedua setelah Ragnarok di Indonesia dengan melihat hampir setiap warnet pasti ada yang memainkan game ini.



DOMO Online


Game yang diedarkan oleh PT. Datakom Wijaya Pratama merupakan game RPG 3D dengan gambar kartun anime. Gamenya sendiri cukup fleksibel dengan banyak quest dan kemampuan untuk mengambil semua job yang ada hanya dengan satu karakter. Hadir pada bulan Juni 2007, DOMO sempat menarik perhatian para gamer untuk mencoba memainkan game ini. Fasilitas chatting di game ini tidak kalah dengan program messenger, bahkan dilengkapi dengan mini game. Dalam quest-quest penting kamu juga diharapkan bekerja sama dengan gamer lainnya.



Di dunia DOMO kita diperkenalkan dengan tiga sistem hubungan yaitu Master dan Apprentice (antara guru dan murid), True Lover (antara laki-laki dan perempuan) dan Friendship (antara sesama pemain yang menjalin hubungan persaudaraan). Mitos kebudayaan Kuno mengatakan bahwa dengan persatuan kita bisa memiliki kekuatan besar. Demikian pula yang berlaku di DOMO, jika gamer mampu menjaga hubungan kekeluargaan ataupun percintaan pada level dan kondisi tertentu, gamer dapat mengeluarkan bermacam-macam jurus gabungan. Sistem ini disebut Joint Attack System.Keistimewaan game DOMO yang unik adalah Flying System. Fitur ini pertama kali yang ada di Indonesia, karakter memiliki kemampuan terbang kesana kemari dengan menaiki senjata utama. Fitur lainnya, karakter kamu bisa memancing, menebang, menambang, bertani, berternak, bisa memelihara pet, men-summon pet, dan masih banyak lagi. Game ini tampaknya cukup bisa bertahan walau semakin banyak game-game baru bermunculan.



Angel Love Online


Angel Love Online (ALO) adalah game 2.5D yang hampir mirip dengan game Ragnarok Online. Game yang dirilis pada bulan Juli 2007 ini tampaknya lebih ditujukan untuk memikat banyak penggemar RPG khususnya dari kalangan wanita mengingat gambarnya yang imut dan karakter yang lucu-lucu. Para penggemar RPG ringan dengan komunitas chatting yang segar juga menjadi target dari game ini.



Salah satu fitur menarik dalam sistem chatting game ini adalah di mana kamu bisa memasang foto pribadi kamu seperti layaknya dalam sebuah chat messenger. Sistem battle yang ditawarkan juga tidak terlalu rumit, dan cukup bisa dinikmati berbagai macam kalangan. Karakter game ini juga bisa memilih skill dari job lain, namun akan membuat karakter menjadi lemah. Game quest-nya terlihat sangat monoton, tapi ide-ide event dari game master-nya cukup kreatif..Spek komputer untuk bermain game ini cukup rendah, yaitu gamer Cuma butuh komputer dengan prosessor Pentium 3 dengan kecepatan 800 Mhz dan VGA dengan memori 32 MB, serta memori komputer 256 MB. WaveGame selaku publisher game ini tampaknya terus meng-update game ALO dengan patch-patch terbaru hingga saat ini. Sistem gratis selamanya dengan menggunakan ‘item mall’ juga digunakan pada game ini, dan tampaknya telah menjadi keharusan untuk game online di masa sekarang ini.



Rising Force (RF) Online


Game 3D MMORPG keluaran PT. Lyto ini, merupakan game yang paling populer saat ini. Dengan tema ‘pertempuran tanpa akhir’, keunggulan RF adalah karena keunikan-keunikannya seperti sistem job, skill, dan war. Khusus di Indonesia, RF langsung beredar dengan patch versi 2, sama seperti negara Korea. Negara lain pada umumnya masih memakai patch versi 1. Grafik game ini terlihat paling bagus bila dibandingkan dengan semua game online yang pernah beredar di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan komputer dengan spek yang lumayan untuk bisa memainkan komputer ini dengan lancar. Dirilis pada bulan Juli 2007, RF langsung menjadi primadona bagi para gamer di Indonesia. Hal ini terlihat dengan penuhnya server-server RF walau dimainkan pada tengah malam dan pagi subuh.



RF Online memiliki sistem Chip war yang merupakan pertempuran antar 3 bangsa (Accretia Empire, Bellato Union, Holy Alliance Cora) yang dapat dilakukan 3 kali sehari setiap 8 jam. Pertempuran antara 3 bangsa merupakan suasana baru, yang tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan kekuatan saja namun dibutuhkan kekompakan seluruh anggota bangsa dibawah seorang pimpinan bangsa. Game ini juga menyediakan fitur Macro yang dapat menjalankan beberapa perintah otomatis pada karakter. Ada 2 Jenis macro yang dapat digunakan yaitu Macro Potion dan Macro Skill.Game buatan Korea ini diyakini telah menjadi game online yang paling banyak dimainkan gamer saat ini. Hal ini mungkin akan terus bertahan karena RF memakai sistem ‘free to play’ dengan penjualan ‘item mall’. Promosi gencar dan terus menerus dari PT. Lyto juga yang telah membuat game ini dikenal luas oleh kalangan gamer.



Ghost Online (GO)


Ghost Online (GO) atau dikenal di luar negeri sebagai Ghost Soul merupakan Game MMORPG 2D Side-Scrolling yang sangat mirip dengan Maple Story (Game MMORPG 2D Side-Scrolling pertama di dunia yang dibuat oleh Nexon, yang juga membuat game Nexia). Game ini sendiri telah dirilis di Korea, Jepang, China, Taiwan, Malaysia dan sekarang di Indonesia. Mulai bisa dimainkan sejak bulan Oktober 2007, game dengan nuansa oriental ini ternyata cukup diminati oleh gamer dengan terlihat ramainya pemain di dalam gamenya.



Game yang dirilis oleh PT. Kreon mempunyai karakter tidak hanya bisa memukul dan meng-cast magic tapi juga meloncat, menghindar, dan berlari. Bagi yang menyukai game simple yang lebih cenderung menggunakan keyboard, game ini sangat cocok dan ‘fun’ untuk dimainkan. Terdapat 3 buah karakter utama yaitu Warrior, Assassin dan Mage. Masing-masing karakter mempunyai keunggulan dan keunikan pada skill mereka.GO seharusnya bisa bertahan menghadapi game online yang telah banyak masuk ke Indonesia, karena mengusung tema dan pola permainan yang berbeda dengan game lainnya.



Game-game Yang Akan Beredar Tahun 2008


Pada akhir tahun 2007 dan memasuki awal tahun 2008, ada beberapa publisher yang telah mengumumkan dah bahkan me-launching game online terbaru di Indonesia. PT. Serenity mengusung game Rose Online Evolution, PT. Playon men-launching Master of Fantasy, dan PT. Lyto telah mendapatkan lisensi Perfect World dan Idol Street. Perusahaan baru AppleTree telah merilis Eudemons Online juga.Peperangan babak baru game online di Indonesia terlihat semakin sengit dari tahun ke tahun. Yang tidak kuat bertahan dan tidak inovatif, otomatis akan tersingkir dari persaingan bisnis industri game yang semakin ketat saat ini. Game-game yang masuk ke Indonesia harusnya lebih diseleksi dan disesuaikan dengan keinginan gamer dan kondisi yang ada. Oleh karena itu pihak publisher game seharusnya mengadakan survei yang lebih detil tentang segala aspek gaming, sebelum benar-benar memasukkan game baru. Hal ini dimaksudkan supaya jangan sampai ada publisher game yang tutup lagi karena kendala atau kondisi yang tidak diinginkan.


—————————-


Tahun 2001: Nexia Tahun 2002: Pam-Pam (webgame) – Redmoon


Tahun 2003: Laghaim – RO


Tahun 2004: Gunbound – Xian – Risk Your Life – Tantra Online – Survival Project


Tahun 2005: GetAmped – StarGate Online – TS Online – Pangya – O2Jam – Knight Online – Vital Sign Tahun 2006: Seal Online – RAN Online – Deco Online


Tahun 2007: Ayo Dance – Domo Online – Angel Love Online – RF Online – Ghost Online


Tahun 2008: Master of Fantasy – Rose Online Evolution – Idol Street – Eudemons Online – Perfect World


Game yang tidak jadi beredar atau belum ada kabar: Blackmoon – Pang Pang Terrible – Cabal 3D – Inspirit Arena
MAU INFO LAINNYA KLIK DISINI
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4503) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4579) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1252) Film (474) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3453) Games (167) Hot Celebs (353) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (943) Kriminal (423) Lucu (1043) Misterius (1059) Musik (486) Ngegosip Nih (1229) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1486) TV Online (2) Unik (630) Video (1455) Wisata (349) Zodiak (31)