Wow Bunker Kuno Di Tanjung Priok Ditemukan !

Posted by Unknown 14 Mei 2010 0 comments

(Foto: okezone)
Usai peresmian Stasiun tua Tanjung Priok, yang beroperasi kembali setelah dibekukan selama sekira 10 tahun, PT Kereta Api (Persero) bergerak cepat melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengungkap tabir kemisteriusan keberadaan bunker di bawah stasiun.
Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Serang yang menurunkan timnya untuk melakukan eskavasi, perlahan-lahan mengungkap rahasia yang tersembunyi di Stasiun Tanjung Priok. Dari hasil eksplorasi, terdapat dua bunker di dalam stasiun tua ini. Bunker pertama berada di sisi utara stasiun, atau tepatnya berada di bawah hall stasiun.
Bunker kedua berada di sisi timur. Letaknya berada di bawah loket penjualan karcis kereta. Jika dipetakan, bunker kedua ini berada di sisi depan gedung stasiun.
Tim pertama kali melakukan pembersihan lumpur bunker yang berada di sisi utara. Setidaknya ketika pertama kali dibersihkan, lumpur membenam ruangan itu hingga setinggi 1,5 meter.
Setelah dibersihkan, tim untuk sementara menyimpulkan, saat stasiun masih berjaya pada era abad 19 ruangan ini digunakan sebagai ruang penyimpanan makanan. Hal ini diperkuat dengan keberadaan lift barang di sisi barat dinding yang sudah tidak berfungsi atau keropos. Lift barang ini menembus ke lantai 3 stasiun, yang diperkirakan berfungsi sebagai dapur.
Dari pengamatan okezone, ruangan yang diperkirakan berukuran 10×5 meter ini memiliki tiga ceruk atau relung di sisi dinding timur, utara, dan selatan. Ceruk setinggi orang dewasa ini setidaknya sedalam 3 meter. Ceruk yang berada di sisi timur dan selatan, hingga kini belum diketahui fungsinya. Bisa jadi ceruk ini berfungsi sebagai lemari penyimpan bahan makanan atau rempah-rempah bakal bumbu dapur.
Dari sisi ceruk selatan, ada hal yang menarik. Berdasarkan penuturan Wakil Kepala Stasiun Tanjung Priok Mohammad Basyir saat ditemui okezone, terdapat sumber mata air tesis yang ditemukan tim saat melakukan eksplorasi di dalam ruang tersebut. Air tesis ini terpancar dari dinding ketika tim meraba keberadaan adanya ruang lain dibalik ceruk itu.
Menurut ahli dari PDAM yang didatangkan ke lokasi, air ini berasa sangat segar layaknya air yang berasal dari sumber mata air. Mineral ini ternyata sangat sehat untuk diminum langsung, walau tanpa dimasak sekalipun.
Sementara ceruk yang berada di sisi dinding sebelah utara, diperkirakan berfungsi sebagai ventilasi udara. Pasalnya terdapat dua lubang berukuran sekira 10×10 Cm. Jika sedikit berjinjit, dan mengintip dari kedua lubang itu, terlihat Jalan Stasiun Tanjung Priok yang berada di sisi utara Stasiun Tanjung Priok. Dari sini kesibukan Jalan Stasiun Tanjung Priok terlihat dengan jelas.
Jika dilihat dari sisi luar gedung stasiun, lubang ini berada tak jauh di sebuah sudut dinding yang bersiku, sekira 50 centimeter menjorok ke dalam gedung. Masih berada di sisi depan stasiun, dan berketinggian beberapa centimeter dari dasar tanah.
Banyak orang yang berlalu-lalang di Jalan Stasiun Tanjung Priok tak menyadari keberadaan kedua lubang ini. Namun jika orang-orang menyadarinya, mungkin kedua lubang ini bisa mengungkap keberadaan bunker sejak lama.
Di palang ceruk ventilasi, terdapat sebuah pipa air berukuran besar menempel pada dinding. Dari pipa ini tim akhirnya mencurigai adanya ruang yang berada di sebelah barat dinding, atau berada di belakang lift. Pasalnya dari kedua ujungnya yang tenggelam ke dalam dinding, salah satunya mengarah ke dinding yang berada di sebelah lift. Sementara ujung satunya mengarah ke lantai atas.
Dari sinilah, tim eskavasi kemudian mencoba membuat lubang kecil untuk mengintip keberadaan ruang tersebut. Setelah dipastikan, tim kemudian menjebol dinding dengan membuat lubang berukuran setinggi anak usia tujuh tahun.
Luar biasa. Ruangan ini bak sumber mata air. Karena ruangan yang cukup luas itu digenangi air dengan kedalaman sekira 1,5 meter. Di ruangan tersebut terdapat suatu pintu lorong yang gelap di seberang lubang buatan tim eskavasi.
Terdapat dua pipa besar terpisah dari lantai atas yang kemudian saling terhubung di sisi depan pintu lorong tersebut. Di simpul pipa itu terdapat pengukur tekanan air. Kedua pipa itu terhubung ke satu pipa yang kemudian membentang ke dalam pintu lorong tersebut. Sementara ini tim menduga ruangan ini berfungsi sebagai pengontrol air.
Namun tim eskavasi memutuskan untuk menghentikan sementara proses penelusuran ke dalam pintu lorong tersebut. Pasalnya udara yang pengap dan tanpa cahaya, menyulitkan tim untuk meneruskan misteri ini.
Di bunker timur, tim sama sekali tidak bisa melakukan eksplorasi. Pasalnya akses untuk menuju ruang di bawah sangatlah unik. Akses berada di dalam sebuah tiang pondasi gedung yang terletak di sudut kanan depan, atau berada di dalam ruang loket.
Untuk menjangkau pintu akses ini saja, tim harus menaiki atap loket. Sehingga jika tim turun ke dalam lorong vertikal itu, layaknya menuruni cerobong asap. Lorong vertikal yang berukuran satu tubuh normal manusia ini dilengkapi tangga dari besi yang tertanam di dinding.
Sayangnya tim tak bisa melakukan eksplorasi ke bungker kedua ini. Pasalnya para pekerja yang disewa tim, tak berani melakukan penelusuran. “Banyak yang bilang meriding lah, apa lah. Mereka takut,” kata Kepala Pusat Pelestarian Benda Bersejarah PT KA (Persero) Tri Prasetyo saat ditemui okezone di waktu yang berbeda.
Tim memutuskan menunggu peralatan pendukung untuk melakukan penelusuran selanjutnya. Penasaran? (Okezone.com)
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)