Setelah Twitter, Korea Utara Punya Akun Facebook

Posted by Unknown 30 Agustus 2010 0 comments

Kim Jong-il . REUTERS/KCNA
TEMPO Interaktif, Setelah akun twitternya diblokir, Korea Utara kini membuka akun jaringan social terbesar di dunia, Facebook. Menurut Komisi Komunikasi Korea Selatan,. akun itu dibuat pada Kamis malam lalu dengan nama “uriminzokkri,” yang artinya “on our own as a nation.” 
Akun itu, menurut pejabat komisi, muncul setelah beberapa jam Korea Selatan memblokir akun twitter Korea Utara yang hanya berumur satu minggu. Akun tersebut diblokir karena diakses melalui Korea Selatan dan isi dari akun itu mengandung informasi yang dilarang berdasarkan hukum Korea Selatan.
Pemerintah Korea Utara yang memiliki situs Uriminzokkri mengumumkan memiliki akun Twitter dan YouTube. Kedua akun itu dibuat pada Juli lalu.
Akun Twitter Korea Utara yang bernama uriminzok, yang berarti “bangsa kami” mendapat 8.500 follower dalam satu minggu. Akun itu berisi pujuan bagi pemimpin Korea Utara Kim Jong Il dan mencerca Korea Utara dan Amerika Serikat yang tengah melakukan latihan militer bersama.
Menurut Komisi Komunikasi Korea Selatan, berdasarkan hokum di Korea Selatan,. isi Uriminzok yang “memuji, mempromosikan dan memuliakan” Korea Utara itu adalah tindakan illegal. Meski telah memblokir akun Twitter Korea Utara, komisi belum berencana melakukan tindakan serupa bagi kanal YouTube Korea Utara.  
Pejabat Komisi Komunikasi Korea Selatan, Han Myung-ho mengatakan akun Facebook Korea Utara ini juga bisa bernasib sama dengan akun Twitternya. “Polisi dan Badan Intelijen Nasional sedang melakukan investigasi situs tersebut, apakah benar dioperasikan oleh pemerintah Korea Utara,” ujar Han pada Jumat lalu.
“Bila akun Facebook tersebut juga melanggar undang-undang keamanan nasional, kami akan menutup akun itu,” kata Han. Akun Facebook Korea Utara ini berkelamin pria dan tertarik dengan pria serta ingin memperluas jaringan pertemanan. Pada Jumat lalu akun ini memiliki 50 teman.
Foto profil akun ini adalalah Three Charters for National Reunification Memorial Tower, sebuah menara setinggi 30 meter di Pyongyang, Korea Utara yang menggambarkan keinginan 70 juta orang Korea untuk kembali bersatu. Akun itu juga menyebut dirinya sebuah laman yang mewakili keinginan Korea Utara dan Korea Selatan untuk perdamaian, kemakmuran dan penyatuan tanah air Korea.
Setidaknya ada 50 postingan di wall Uriminzokkiri, termasuk link atau sambungan ke laporan yang mengkritik Korea Selatan dan Amerika Serikat yang disebut sebagai ‘penghasut perang.’ Selain itu, ada juga foto-foto pemandangan alam Korea Utara yang indah dan tarian yang merayakan pemimpin Kim Jong Il sebagai penjaga tanah air sekaligus pembawa kebahagiaan.  
Sedangkan di kanal YouTube milik Korea Utara ada 130 video, termasuk cuplikan video yang mengutuk Korea Selatan dan Amerika Serikat yang menyalahkan Korea Utara atas tenggelamnya kapal perang Korea Selatan pada Maret lalu. Korea Utara menegaskan mereka tidak ada hubungan dengan peristiwa yang menewaskan 40 pelaut Korea Selatan itu.
Melalui juru bicaranya, PJ Crowley, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Amerika menyambut baik munculnya Korea Utara dalam forum media social. Namun mereka meminta pemimpin Korea Utara untuk memberi akses internet bagi warganya. 
Korea Utara merupakan salah satu Negara yang paling tertutup dan penuh misteri. Tidak ada akses internet di Negara tersebut, namun di antara para elit dari 24 juta wargawanya  diyakini sangat tertarik dengan teknologi informasi.
Jangan Lupa Berikan Komentarnya ya Teman-teman anak muda
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4497) AntiVirus (33) BerBloG RiA (213) BerDownload Ria (233) Berita (4584) Bola (213) Cerita (2007) Cybercrime (27) Entertainment (1630) Fashion (303) Fenomenal (1254) Film (470) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3461) Games (167) Hot Celebs (355) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (941) Kriminal (427) Lucu (1042) Misterius (1055) Musik (487) Ngegosip Nih (1232) Olahragara Yuk (911) Otomotif Nih (409) Sains (853) Sejarah (921) Seksologi (145) Serba-Serbi (4392) Teknologi (1165) Tentang Admin (7) Tips (1481) TV Online (2) Unik (632) Video (1457) Wisata (348) Zodiak (31)