VIDEO: Teknologi Otomotif Tercanggih "Hiriko Fold" Mobil yang Bisa Dilipat

Posted by Anak Muda 27 Agustus 2012 0 comments
Headline
dailymail.co.uk

Barcelona - Ternyata tak hanya sepeda saja yang bisa dilipat, kini sudah ada juga mobil yang dapat dilipat. Hah, mobil lipat? Seperti apa ya?
Mencari tempat untuk parkir mobil di kota-kota besar nan sibuk merupakan satu persoalan tersendiri bagi pengemudi. Selain sulit mendapatkan ruang, perlu usaha ekstra keras supaya kendaraan terparkir dengan pas tanpa perlu 'bersenggolan' dengan kendaraan lainnya.
Atas dasar itulah para peneliti dari MIT ‘s Changing Places bekerja sama dengan Lembaga Denokinn yang berlokasi di wilayah Basque, Spanyol, mengembangkan proyek Hiriko Fold, sebuah mobil yang nyaman dan ramah lingkungan untuk lalu lintas di perkotaan yang dapat dilipat.
Dilansir oleh Dailymail, Hiriko Fold merupakan mobil listrik ultra kompak yang cukup kecil dan mampu menyesuaikan diri pada ruang yang paling kecil sekalipun. Mobil ini bahkan bisa memaksa masuk pada ruang yang sangat sempit.
Hiriko Fold didesain untuk dua penumpang. Mobil ini juga dirancang dengan dilengkapi dengan teknologi zero-turn radius wheels, yang memungkinkan kendaraan ini bergerak ke samping sehingga parkir pararel menjadi lebih mudah.
Pencipta Hiriko menjelaskan, kendaraan ini akan menjadi solusi baru mobilitas perkotaan yang dirancang dibawah konsep City Car. Mereka menyatakan, proyek ini akan mentransformasi konsep kendaraan perkotaan. Mereka juga mengklaim mobil ini dapat berjalan sejauh 75 mil atau sekitar 120 kilometer dengan sekali mengisi baterainya
“Proyek Hiriko lahir dari visi yang jelas untuk mengubah dan meregenerasi industri kendaraan di Alava dan Basque,” kata mereka.
On sale from next year: This computer generated image shows how the Hiriku Fold is able to shrink its footprint to fit into tiny spaces
On sale from next year: This computer generated image shows how the Hiriku Fold is able to shrink its footprint to fit into tiny spaces

Untuk tujuan ini, mereka menghitung pasrtisipasi dari perusahaan otomotif yang bertanggung jawab terhadap pembuatan dan pengembangan salah satu modul tentang konsep City Car.
Sementara itu, Presiden European Commision Jose Manuel Barosso menyatakan Hiriko menjadi solusi atas krisis ekonomi Eropa. Menurutnya, proyek mobil listrik Hiriko memainkan peranan penting untuk merespons krisis. Ini bisa menjadi kemungkinan kombinasi bisnis yang bisa membuat lapangan pekerjaan dan inovasi sosial.
'The solution to the crisis'? The revolutionary new design, a joint effort between MIT researchers and the Basque region's development agency, has been hailed by European Commission president Jose Manuel Barroso
'The solution to the crisis'? The revolutionary new design, a joint effort between MIT researchers and the Basque region's development agency, has been hailed by EC president Jose Manuel Barroso


“Hiriko adalah contoh bagaimana menyadarkan industri tradisional dan memimpin mereka untuk tantangan baru seperti mobilitas perkotaan,” kata Barosso.
Purwarupa mobil mungil ini sudah mulai diujicoba di Kota Barcelona. Diperkirakan Hiriko Fold ini akan dipasarkan mulai tahun 2013 dengan harga sebesar 10 ribu atau sekitar Rp150 juta.
Penasaran seperti apa Hiriko Fold diujicobakan di tengah Kota Barcelona? Saksikan saja videonya.
~Source~
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Jangan Lupa Bermurah Hati Memberikan Sepatah Dua Kata di Komentar Ya !!!

Blog Archive

Label

Adsense (4) ANeH Euy (4505) AntiVirus (33) BerBloG RiA (214) BerDownload Ria (234) Berita (4581) Bola (213) Cerita (2016) Cybercrime (27) Entertainment (1627) Fashion (304) Fenomenal (1255) Film (475) Forum (11) Gadget (363) Gambar (3456) Games (167) Hot Celebs (354) Internet (504) Justin Bieber (61) Kesehatan (944) Kriminal (424) Lucu (1043) Misterius (1061) Musik (486) Ngegosip Nih (1230) Olahragara Yuk (909) Otomotif Nih (409) Sains (857) Sejarah (923) Seksologi (146) Serba-Serbi (4413) Teknologi (1167) Tentang Admin (7) Tips (1487) TV Online (2) Unik (634) Video (1458) Wisata (349) Zodiak (31)