Mau Tahu Kenapa Twitter Lebih Eksis daripada Facebook,… Mengapa???
17 Desember 2011
3
comments
Yah memang sebenarnya facebook saat ini lebih popular daripada twitter,
jumlah user facebook lebih banyak daripada user twitter, dan saat
postingan ini ditulis, dari 100 urutan web terbanyak diakses di
Indonesia, facebook menempati no 1 sedangkan twitter menempati urutan
17.
Namun jika kita lihat dari sisi lain “twitter ternyata lebih menarik daripada facebook”. Saya yakin suatu saat semua orang bosan dengan facebook, dan itu mulai terlihat sekarang, banyak teman tidak aktif lagi bermain facebook, tidak seperti masa awal booming.
Apa saja yang menarik dari twitter? dan apa saja yang membedakannya dengan facebook?
Namun jika kita lihat dari sisi lain “twitter ternyata lebih menarik daripada facebook”. Saya yakin suatu saat semua orang bosan dengan facebook, dan itu mulai terlihat sekarang, banyak teman tidak aktif lagi bermain facebook, tidak seperti masa awal booming.
Apa saja yang menarik dari twitter? dan apa saja yang membedakannya dengan facebook?
Hanya 140 karakter
Update status twitter hanya dibatasi 140
karakter (huruf, angka, simbol, atau spasi) sedangkan update status di
facebook awalnya dibatasi 160 karakter kini dinaikkan menjadi 420
karakter. Karena di twitter hanya 140 karakter, maka kita harus menulis
yang singkat dan perlu saja, apalagi kalau menyertakan tautan (link)
kita benar-benar harus berpikir untuk memilih dan menyingkat kata.
Sedangkan di facebook update status bisa panjang, bisa jadi satu
paragraf, mungkin bisa menulis satu lirik lagu penuh
. Akhirnya kalau update status di facebook tidak usah bingung memilih
dan menyingkat kata, tidak heran update status di facebook kadang ada
yang terkesan bombastis.
No threaded comment
Di facebook cara membalas update status
adalah dengan menuliskan komentar yang muncul di bawah update status
tersebut, begitu seterusnya secara berurutan (threaded). Di twitter
beda, cara membalas update status adalah dengan menulis update status
baru dengan menyertakan @namaorang yang dibalas. Ini yang membuat
twitter menjadi istimewa. Bayangkan jika ada seseorang menulis update
status hanya ditujukan untuk kita, tulisan itu diposting di halamanya,
tentu tweet tersebut jadi lebih berkesan, kita jadi sungkan jika tidak
me-reply. Karena itu di twitter user harus lebih aktif “menyapa” supaya
dapat banyak tweet balasan (Cara reply menggunakan simbol “@” baru-baru ini juga ditiru oleh facebook)
Followings dan followers
Di twitter, kalau kita ingin mengikuti
update status seseorang, harus menjadi “follower” tanpa “meminta”
pertemanan (kecuali untuk yang mengaktifkan privacy). Jika di-follow,
kita tidak harus membalas menjadi follower dia. Jadi timeline hanya
berisi update status orang-orang yang kita pilih saja. Jika suatu saat
tidak suka, kita bisa unfollow orang tersebut, otomatis update statusnya
tidak ada dalam timeline kita. Di facebook, semua teman bisa membaca
update status kita. Sebaliknya, kita juga bisa membaca update status
semua teman kita itu. Tidak dibedakan apakah teman akrab / dekat, atau
teman yang belum kenal sekalipun. Update status semua teman muncul di
beranda kita, sulit mengatur supaya di beranda hanya muncul update
status orang-orang yang kita pilih, mungkin caranya hanya dengan
“memutuskan pertemanan”.
Tanpa konfirmasi Di Twitter,
Jika tidak mengaktifkan privacy,
maka semua orang bisa membaca update status kita, termasuk orang yang
belum punya akun twitter. Semua orang juga bisa follow tanpa harus
meminta konfirmasi dari kita. Mungkin alasan ini yang membuat beberapa
artis, selebritis, politikus, mentri, sampai presiden punya twitter.
Akun mereka biasanya di follow oleh ribuan orang. Kalau di facebook
tentu repot mengkonfirmasi satu-persatu permintaan teman yang jumlahnya
puluhan ribu .
No game No quiz
Sebenarnya layanan resmi dari twitter hanya
update status tanpa aplikasi lain seperti foto, video, dan lain-lain.
Jika di twitter bisa melakukan itu adalah karena bantuan aplikasi di
luar twitter. Karena hanya update status, maka pembicaraan di twitter
akan lebih fokus dan menarik, misalnya ketika ada musibah gempa, berita
di twitter akan terasa lebih aktual. Sementara di facebook pada saat
yang sama (saat terjadi gempa) masih terlihat orang-orang yang sibuk
main game (contoh: mafia wars, pet society dan lain-lain), atau muncul
juga laporan quiz-quiz yang kurang penting. Baru-baru ini facebook telah
mengeluarkan versi lite dimana tidak memunculkan game dan quiz di
beranda kita. (merasa tersaingi twitter?)
Hashtags (#) dan Trending Topic
Hashtags dipakai untuk menandai
topik tertentu dalam pembicaraan di twitter, simbol yang digunakan
adalah “#”. Dengan menggunakan hashtags, update status bisa
dikelompokkan berdasarkan topik dalam hasil pencarian. Beberapa contoh
hashtags yang pernah menjadi Trending Topic: #indonesiaunite, #jamansd,
#mbahsurip, #pengakuan
Trending topic
adalah topik-topik yang sedang ramai dibicarakan
oleh tweeps, biasanya ditampilkan 10 list di sidebar kanan timeline.
Trending topic bisa bermanfaat bagi corporate branding dalam target
pemasaran mereka, bisa pula bermanfaat bagi politikus untuk melihat
isu-isu aktual, dan bermanfaat untuk siapa saja dalam mengikuti trend
global, contoh: rilis film terbaru. Dan masih banyak manfaat lainnya.
Hashtags dan Trending topic ini belum ada di facebook
Banyak tools dan aplikasi pendukung
Coba lihat timeline twitter
kita, postingan tweet berasal dari macam-macam tools atau aplikasi,
misalnya: tweetdect, ubertwitter, tweete, hahlo, twitpic, twhirl, twitterfox, dan lain-lain kalau disebutkan bisa ratusan
salah satu contoh list aplikasi / tools pendukung twitter silahkan cek
disini. Dan aplikasi tersebut bisa dipakai dari bermacam-macam platform:
mulai web, mobile, Blackberry, iPhone, dan lain-lain. Kadang di
beberapa aplikasi malah memiliki fitur yang lebih lengkap, lebih
kompleks, lebih canggih daripada akses lewat web twitter itu sendiri.
Misalnya di web twitter tidak ada fasilitas RT (retweet) tapi di
aplikasi lainnya ada, di twitter tidak bisa upload foto, tapi kita bisa
upload foto di twitpic. dan lain-lain. Sangat fleksibel. Lalu apakah
facebook memiliki tools/aplikasi pendukung sebanyak twitter? jawabannya
adalah: “tidak”
Posting bersama berdasarkan group / minat
Satu hal lagi yang
belum ada di facebook adalah group posting, atau postingan orang banyak
yang muncul dalam satu akun twitter. Contohnya: @infoll info lalu lintas
jabotabek dan seluruh Indonesia, Grup-grup tersebut memiliki fungsi dan
karakteristik masing-masing, ada yang informatif, kuliner, gokil,
pasar, sampai religius, semuanya ada (dan masih banyak grup lainnya)
postingan gokil yang pernah menjadi trending topic
Mudah ditampilkan di Web / Blog
Postingan twitter bisa kita
tampilkan di web / blog, baik berupa widget juga bisa diintegrasikan
bersama postingan konten. Postingan twitter juga memiliki RSS feed,
sehingga data mentah dari twitter bisa flexibel di tampilkan dimana
saja. Sebaliknya, update status di facebook belum bisa ditampilkan di
web/blog dalam bentuk text. bisa ditampilkan tapi dalam bentuk image
bersama widget facebook badge, tentunya sangat terbatas pengaturannya.
Ada sangat banyak plugin pendukung twitter untuk CMS WordPress *mungkin
jumlahnya mencapai puluhan atau ratusan, silahkan cek sendiri *. Sedangkan plugin twitter untuk CMS Joomla sudah mencapai 69 plugin (berdasarkan hasil pencarian).
Banyak free icon Burung berwarna biru adalah salah satu contoh icon paling popular untuk twitter, ada juga icon huruf “t” kecil yang diambil dari logo twitter. Icon-icon tersebut sangat banyak kita temui. Kita bisa download secara gratis, dan kita bisa memakainys sebagai banner atau button atau icon di website kita.
Banyak free icon Burung berwarna biru adalah salah satu contoh icon paling popular untuk twitter, ada juga icon huruf “t” kecil yang diambil dari logo twitter. Icon-icon tersebut sangat banyak kita temui. Kita bisa download secara gratis, dan kita bisa memakainys sebagai banner atau button atau icon di website kita.
http://www.gallerydunia.com/2011/12/twitter-lebih-eksis-daripada-facebook.html