Indonesia Creative Power,Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012
21 November 2012
0
comments
Indonesia Kreatif adalah program
Kementerian Perdagangan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di
Indonesia. Program ini diluncurkan sebagai implementasi dari cetak biru pengembangan ekonomi kreatif Indonesia yang diluncurkan Presiden pada tahun 2008.
Pengelola program ini terdiri dari para volunteer yang telah terlibat dalam inisiasi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia sejak tahun 2006 seperti pemetaan kontribusi industri kreatif, cetak biru pengembangan ekonomi kreatif, inpres 6 th.2009 tentang pengembangan ekonomi kreatif, tahun indonesia kreatif, dan lain-lain.
Pengelola program ini terdiri dari para volunteer yang telah terlibat dalam inisiasi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia sejak tahun 2006 seperti pemetaan kontribusi industri kreatif, cetak biru pengembangan ekonomi kreatif, inpres 6 th.2009 tentang pengembangan ekonomi kreatif, tahun indonesia kreatif, dan lain-lain.
Secara formal Indonesia Kreatif diresmikan pada 23 Juni 2010 oleh Ibu Mari Elka Pangestu bersamaan dengan peluncuran Portal Ekonomi Kreatif
www.indonesiakreatif.net. Sejalan dengan peran yang telah dipilih
Kementerian Perdagangan, Indonesia Kreatif mengambil posisi sebagai hub
agency, fasilitator, penjangkau publik (public outreach) dalam
pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.
Indonesia Kreatif memiliki 3 program utama yakni Creativepreneur, Creative City dan Creative Network (3C). Creativepreneur merupakan program penciptaan dan peningkatan kapasitas entrepreneur industri kreatif, Creative City adalah program penciptaan dan pengembangan kota kreatif, sedangkan Creative Network adalah program penciptaan dan pengembangan jejaring antara tokoh kreatif, pelaku bisnis kreatif, komunitas, pemerintah, akademisi, investor sebagai motor penggerak ekonomi kreatif baik dalam maupun di luar negeri.
Indonesia Kreatif memiliki 3 program utama yakni Creativepreneur, Creative City dan Creative Network (3C). Creativepreneur merupakan program penciptaan dan peningkatan kapasitas entrepreneur industri kreatif, Creative City adalah program penciptaan dan pengembangan kota kreatif, sedangkan Creative Network adalah program penciptaan dan pengembangan jejaring antara tokoh kreatif, pelaku bisnis kreatif, komunitas, pemerintah, akademisi, investor sebagai motor penggerak ekonomi kreatif baik dalam maupun di luar negeri.
Selain tiga program utama tersebut,
Indonesia Kreatif memiliki beberapa program pendukung antara lain:
penelitian ekonomi kreatif, dukungan terhadap PPKI, sosialisasi
pengembangan ekonomi kreatif, portal ekonomi kreatif dan penyusunan
direktori kreatif.
PRESS RELEASE
Indonesia dikenal dengan kekayaan alam
yang berlimpah dan kekayaan budaya yang beragam. Namun lebih dari itu,
kita juga memiliki talenta-talenta kreatif yang unggul dan hal ini
sesungguhnya merupakan aset utama bagi bangsa dan negara Indonesia. Oleh
karena itu, ini adalah saatnya kita mengangkat talenta-talenta ini,
sebagai penggerak terdepan pembangunan di Indonesia. Pemerintah akan
merangkul sebanyak-banyaknya talenta kreatif di Indonesia dan
bersama-sama merayakan kreativitas anak bangsa tersebut sehingga akan
muncul kebanggaan dan rasa cinta terhadap Indonesia dan terdorong untuk
selalu berkarya dan memberikan karya kreatif yang terbaik.
Pekan Produk Kreatif Indonesia merupakan
momentum yang tepat untuk menarik talenta kreatif dan kreativitas
Indonesia. Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) adalah kegiatan tahunan
yang telah dimulai sejak tahun 2007 dan melibatkan 17 instansi secara
lintas sektor yaitu Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat,
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan,
Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan
Informasi Teknologi, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kementerian
Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Hukum
dan Hak Azasi Manusia, Kementerian Keuangan, Kementerian dalam
Negeri, kementerian Luar Negeri, Kementerian Negara BUMN, Kementerian
Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Pemerintah Provinsi DKI
Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia, dan Kamar Dagang dan
Industri Indonesia.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi
kreatif (Kemenparekraf) secara resmi telah terbentuk pada tanggal 21
Desember 2011 berdasarkan perpres No. 92 Tahun 2011. Tugas utama dari
Kementerian ini adalah mengkoordinasikan pengembangan ekonomi kreatif di
Indonesia, sehingga Kemenparekraf pun memiliki tanggungjawab untuk
mengkoordinasikan pelaksanaan PPKI ke-6 ini. Pemerintah telah sepakat
bahwa PPKI tahun ke-6 ini harus lebih menarik dan menyenangkan, serta
sesuai dengan target khalayak utama PPKI 2012 yaitu generasi muda.
Target khalayak PPKI dibagi menjadi 2 kategori yaitu: Anak muda urban
Indonesia usia 15-25 tahun; & orang kreatif dengan prestasi yang
hebat. Oleh karena itu, Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) ke-6 ini
mengangkat tema Indonesia Creative Power: “YANG MUDA YANG BERKREASI”.
Acara yang tepatnya akan digelar di Epiwalk-Epicentrum, Jakarta ini
akan dilangsungkan selama lima hari, yaitu pada tanggal 21 – 25 November
2012.
Visi dari PPKI adalah menjadi “daya magnetik” yang dapat menarik talenta kreatif dari seluruh dunia untuk merayakan dan memicu lahirnya ide – ide kreatif (creative minds)
tanpa mengenal batas negara. Dan visi ini akan mulai diwujudkan sejak
tahun 2012 ini, di PPKI ke-6. Tujuan yang ingin dicapai dalam PPKI 2012
ini adalah:
- Menguatnya Gelombang Kreatif (Creative Wave) di Indonesia, yang dapat ditunjukkan dari meningkatnya pemahaman serta keterlibatan aktif dari masyarakat dan pelaku kreatif Indonesia untuk mengembangkan diri serta kreativitas mereka dalam meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia.
- Meluasnya Jejaring Kreatif (Creative Network) Pelaku kreatif Indonesia di dalam maupun di luar negeri, yang ditunjukkan dari meningkatnya: kolaborasi, intensitas pertukaran ilmu dan pengetahuan, dan terbentuknya kerjasama bisnis secara global.
- Meningkatnya kuantitas dan kualitas talenta dan wirausaha kreatif, yang dapat ditunjukkan melalui semakin banyaknya karya kreatif yang berkualitas dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan dunia.
Sedangkan target yang ingin dicapai
dalam kegiatan akbar PPKI ini adalah 75.000 pengunjung, 73 aktivitas
utama, 900 peserta dan komunitas, 292 booth, dan 10 juta pemirsa media
elektronik dan digital. Aktivitas utama yang akan digelar pada acara
PPKI 2012 dibagi menjadi: 34 aktivitas konvensi; 10 aktivitas
pertunjukan; 23 aktivitas pameran dan permainan, serta 5 aktivitas
kuliner.
Dalam acara konvensi,ditargetkan akan
mendatangkan pengisi acara dan pembicara dari 8 negara, yaitu: Jepang,
Korea, Inggris, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Konvensi kali ini
akan didiskusikan pengembangan ekonomi kreatif mulai dari aspek
kebijakan strategis, aspek bisnis dan teknis yang lebih mendalam
mengenai subsektor industri kreatif, serta upaya untuk melakukan business matching . Dalam business matching,
dilakukan upaya yang tidak terbatas pada business matching antar
pengusaha lokal, tetapi juga antara pengusaha lokal dengan pengusaha
internasional. khususnya terkait dengan pengembangan konten lokal maupun
kerjasama dalam mengembangkan konten global. Pada kunker Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 19-26 September waktu lalu ke Jepang dan
Korea, telah diupayakan untuk mengundang pengusaha-pengusaha besar
Jepang seperti: Sony Music Entertainment Jepang, TMS, Namco Bandai,
Capcom, Sega, Nikkatsu, dan Konami serta pengusaha-pengusaha dari Korea,
seperti: CJ Media & Entertainment, KBS, Wonder World Korea, dan
Leading Investment untuk dapat berpartisipasi dalam PPKI 2012 yang akan
difasilitasi dalam temu bisnis dengan pengusaha lokal. Selain itu, dalam
acara konvensi ini, akan diberikan kesempatan melakukan sesi diskusi
khusus dengan para pembicara utama seminar internasional kepada
orang-orang terpilih yang memiliki gairah, pengetahuan, pengalaman, dan
keinginan untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia. Hingga saat
ini ada tiga partisipan internasional yang memberikan konfirmasi untuk
hadir dalam acara seminar internasional, yaitu: John Howkins (World
Renowned Advisor for Creative Economy), Ministry of Economy, Trade,
& Industry Jepang, dan Kobun Shizuno (Film Director of Detective
Conan The Movie).
Pada kegiatan pertunjukan, akan
ditampilkan seni pertunjukan lokal tradisional yang telah dikemas secara
kontemporer hingga seni pertunjukan pop dan juga pertunjukan khusus
untuk anak. Kegiatan pertunjukan juga akan menampilkan indie band
Indonesia yang juga telah memperkuat industri musik di Indonesia. Pada
PPKI ini, juga akan diluncurkan program pengembangan fesyen, yang akan
diawali dengan upaya untuk mempopulerkan penggunaan sarung sebagai mode
fesyen mendatang. Demo penggunaan sarung sebagai dasar desain mode
fesyen Indonesia akan diperagakan.
Selanjutnya, untuk PPKI 2012 kali ini
kegiatan pameran akan menampilkan karya-karya ikonik dari 15 subsektor
industri kreatif. Kegiatan pameran juga secara khusus mengangkat
permainan lokal maupun digital yang marak sedang berkembang pesat di
Indonesia. Kehadiran publisher games international yang didatangkan
khusus dari Jepang seperti DeNa diharapkan mampu memfasilitasi para
publisher games lokal untuk bertukar ilmu maupun menjajaki kemungkinan
peluang kerjasama antara para developer lokal dengan pihak asing. Untuk
studio games local Indonesia, kegiatan akan dimeriahkan oleh Agate,
Altermyth, Touchten, dan Night Spade. Dan tidak kalah ketinggalan,
komunitas Hong juga turut meramaikan Epiwalk sebagai salah satu
komunitas permainan tradisional Indonesia. Secara keseluruhan, ada 23
aktivitas pameran dalam PPKI 2012.
Untuk kuliner, kandidat Iron Chef Jepang
dihadirkan untuk meramaikan acara PPKI 2012 dalam segmen Aksi Koki
Jawara yang turut melibatkan beberapa Koki-Koki ternama Indonesia.
Selain itu, kehadiran insan kreatif kuliner Indonesia; Pandjalu juga
turut beraksi meramaikan event kali ini disamping dengan Podjok Goyang
Lidah serta pameran kuliner ikonik.
Pemerintah mengundang seluruh masyarakat
dan pemangku kepentingan ekonomi kreatif Indonesia untuk hadir di PPKI
ke-6 di Epiwalk, Jakarta dari tanggal 21 hingga 25 November 2012. Untuk
bersama-sama merayakan kreativitas Indonesia, saling berbagi ide serta
kreativitas baru hingga membentuk suatu jaringan kolaborasi yang aktif
dan progresif.
Ayo datang ramai-ramai, ajak semua
teman-teman sahabat kreatif pada tanggal 21-25 November 2012 di Epiwalk,
Kuningan Jakarta Selatan.