Kiat Sukses Bos Toko Online Terbesar Dunia
13 Agustus 2012
0
comments
Jakarta - Amazon kini berstatus sebagai toko online terbesar di dunia. Pendirinya bernama Jeff Bezos yang saat ini adalah salah satu orang terkaya di jagat teknologi.
Tidak hanya berjualan, Amazon juga sukses menjadi produsen bisnis hardware. Produk mereka seperti pembaca buku digital Kindle dan tablet PC Kindle Fire sukses di pasaran.
Berikut beberapa kiat ala Jeff Bezos yang mungkin bisa dijadikan inspirasi sukses, terutama di bidang bisnis, seperti dikutip dari berbagai sumber.
1. Beraksi & Ambil Risiko
"Jika Anda memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang yang Anda tahu akan berhasil saja, Anda akan meninggalkan begitu banyak kesempatan," kata Jeff suatu ketika.
Pada tahun 1994, Jeff punya ide untuk mendirikan toko online. Dia sempat ragu apakah akan tetap mempertahankan pekerjaannya yang bagus atau total membangun Amazon. Ia memilih yang kedua dan akhirnya sukses.
Bezos pun mengaku mendorong karyawannya untuk terus beraksi. Terkadang mereka gagal menghasilkan produk yang sukses untuk Amazon, namun Bezos bisa menoleransinya.
"Kami mau untuk melakukan perjalanan di kegelapan dan terkadang kami menemukan sesuatu yang benar-benar bekerja," kata dia mengibaratkan.
2. Meminimalisir Penyesalan
"Aku tahu jika gagal, aku tidak akan menyesalinya. Namun aku mengetahui satu hal yang mungkin akan aku sesali yaitu jika tidak mau mencoba," kata pria berkepala pelontos itu.
3. Promosi dari Mulut ke Mulut
Ia menilai satu-satunya cara untuk sukses adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin. Sehingga konsumen dengan sendirinya melakukan promosi dari mulut ke mulut yang menguntungkan Amazon.
"Jika Anda membangun pengalaman yang mengesankan bagi konsumen, mereka akan berkata satu dengan yang lain soal itu. Hal itu sangatlah powerfull," tutur Bezos.
4. Utamakan Konsumen
"Satu hal yang paling penting adalah fokus secara obsesif terhadap konsumen. Tujuan kami adalah menjadi perusahaan di bumi yang paling terpusat pada konsumen," sebutnya.
Bezos meyakini faktor utama kesuksesan Amazon adalah karena mereka berusaha memberi pelayanan terbaik bagi konsumen. Itu alasan mereka lebih baik dari kompetitornya.
"Jika ada satu alasan kami melakukan dengan lebih baik dari rekan kami di internet dalam 6 tahun terakhir, itu karena kami berfokus pada konsumen seperti sebuah sinar laser," katanya mengibaratkan.
5. Terus Berinovasi
Amazon awalnya hanya menjual buku. Namun kini perusahaan tersebut menjual banyak hal. Bahkan sukses juga memproduksi gadget seperti Amazon Kindle Fire, tablet PC berharga murah yang laris manis.
6. Keras Kepala
"Jika Anda tidak keras kepala, Anda akan menyerah terlalu cepat. Dan jika Anda tidak fleksibel, Anda tidak akan melihat solusi berbeda suatu masalah yang sedang Anda coba selesaikan," jelasnya.
7. Meniru
"Kami melihat para kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat hal-hal yang mereka lakukan pada para pelanggan dan meniru hal-hal tersebut sebanyak kami bisa," kata dia.
8. Bekerja Keras
Sampai sekarang pun Bezos masih terus bekerja keras untuk mengembangkan bisnis Amazon yang sebenarnya sudah meggurita. Ia pernah mengatakan bahwa bisnis internet masih berada di tahap awal.
"Bekerja keraslah, have fun, dan buatlah sejarah," sarannya.